membuat-bentuk-aneka-hewan-dari-kertas-bekas-1

Membuat Bentuk Aneka Hewan Dari Kertas Bekas Karya Kak Resmi Umayah

Rabu, 28 Juni 2017, 11:24 WIB | dibaca 2677 kali | dibagikan kali

Selain bermain game, kita bisa mengajak anak membuat aneka kreasi berbentuk hewan dengan bahan kertas bekas. Kertas koran bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Misalnya sebagai bahan dasar pembuatan dekorasi rumah, sebagai aksesori tubuh, sebagai mainan, melindungi telur agar tidak pecah, sebagai penyerap air, membersihkan kaca, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, Kak Zepe akan mengajarkan kepada sahabat Marbel sekalian tentang cara membuat bentuk aneka hewan dengan bahan dasar kertas koran bekas. (baca juga: “Aneka Kreasi PAUD Bertema Pengenalan Hewan”)

Kak Resmi Umayah, seorang pendidik PAUD, pernah mengajarkan cara membuat kreasi ini kepada anak-anak didiknya. Bahan yang digunakan untuk membuat kreasi ini tidaklah banyak, yaitu:
1.    Ember atau loyang
2.     Air
3.    Kertas koran bekas
4.    Alat pencetak “playdough” berbentuk aneka hewan
5.     Saringan santan


saringan-santan


cetakan-mainan-kak-zepe-paud-lagu-anak


cetakan-mainan-kak-zepe-paud-lagu-2


Cara membuat kreasi ini adalah:

1.    Merendam sobekan kertas sehari sebelum membuat kreasi
Anda harus membuat bubur kertas koran sehari sebelum Anda membuat kreasi ini. Hal ini bertujuan agar kertas koran menjadi benar-benar lembut dan cair. Yang pertama kali Anda lakukan tentu saja adalah memasukkan air ke dalam loyang. Sobek-sobek kertas menjadi bagian-bagian kecil ke dalam loyang yang sudah terisi air. Biarkan sobekan kertas terendam selama seharian di dalam loyang agar sobekan kertas menjadi lunak. Kita bisa melakukan hal ini bersama anak-anak didik.

membuat-bentuk-aneka-hewan-dari-kertas-bekas-4


2.    Mengaduk kertas yang sudah lunak
Pagi harinya, kita aduk kertas yang sudah terendam air dengan tangan Anda. Bila masih ada bagian kertas yang belum berbentuk bubur, kita bisa meremasnya sehingga menjadi lunak. Setelah itu, kita buang airnya menggunakan saringan, agar bubur kertas koran tidak ikut terbuang. Setelah itu, kita bisa meremas-remasnya agar sisa air yang masih ada di dalam bubur kertas koran bisa terbuang.

membuat-bentuk-aneka-hewan-dari-kertas-bekas-3


3.    Berkreasi bersama Anak-anak didik
Setelah itu kita bisa membuat apa pun dengan bubur kertas itu bersama anak-anak didik. Gunakan aneka cetakan mainan yang biasa dipakai untuk cetakan playdough dan cetakan lainnya, bisa berbentuk hewan, sayuran, dan lainnya. Setelah selesai membuat kreasi tersebut, kita bisa mejemurnya dengan kondisi aneka bentuk tersebut sudah dilepas dari cetakan.

membuat-bentuk-aneka-hewan-dari-kertas-bekas-2


Setelah selesai membuat kreasi tersebut, kita bisa memajangnya di kelas atau meminta anak membawa pulang kreasi tersebut. Orang tua pasti senang melihat buah hatinya membawa pulang kreasi yang lucu dan menarik. Dengan mengajak anak-anak didik membuat kreasi dari barang bekas, kita telah mengajarkan kepada anak-anak didik untuk bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat. Anak-anak juga menjadi paham cara merawat lingkungan dan menghemat sumber daya alam. Semangat belajar bersama Marbel dan Kak Zepe.

Hewan merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang perlu dipelihara dan disayangi. Dengan memelihara dan menyayangi hewan anak-anak juga telah belajar bersyukur atas segala anugerah dan ciptaan Tuhan. Secara tidak langsung, anak-anak juga akan dibawa lebih dekat kepada Sang Pencipta. Untuk menumbuhkan rasa sayang anak pada hewan, kita bisa memberikan anak-anak suatu permainan tentang cara menyelamatkan hewan. Permainan ini berjudul “Marbel – Penyelamat Hewan” Permainan ini mengajak anak-anak menyelamatkan aneka hewan lucu. Berikut ini misi-misi yang perlu diselesaikan saat memainkan game ini:
> Selamatkan hewan yang tersangkut di pohon yang tinggi.
> Sungai mengalir deras setelah hujan, selamatkan hewan yang di sungai.
> Karena tidak hati-hati, kucing bisa terjebak di selokan.
> Kucing dan Gukguk yang kelaparan, boleh kita kasih makan lho… .
> Tangkap ular dengan alat dan cara yang tepat.
> Selamatkan hewan yang tertimpa pohon.
> Mencari peliharaan yang hilang.
> Mengadopsi kucing dan anjing yang malang.

Menarik sekali bukan? Ayo download game ini dengan klik gambar di bawah ini.

banner-marbel-penyelamat-hewan
Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...