Membuat Tas Karya Anak Dari Kertas Pembungkus HVS, Kado, Manila Atau Karton

Jumat, 15 September 2017 10:27 WIB | dibaca : 10480 | dibagikan :

Setiap akhir tahun, karya anak biasanya sudah menumpuk banyak sekali. Biasanya karya anak adalah hasil dari pembelajaran membuat kerajinan tangan dan kreatifitas seni lainnya. Ada yang berupa lukisan, gambar yang telah diwarnai, hasta karya, dan lainnya. Sayang sekali bila produk-produk dari anak-anak tersebut dibuang atau hanya disimpan di dalam gudang. Biasanya para pendidik PAUD berinisiatif untuk memberikan kembali kepada anak-anak agar bisa dibawa pulang.

Agar bisa dibawa pulang, tentu saja anak-anak membutuhkan sebuah tas yang ukurannya cukup besar namun juga tidak berat bila ditenteng anak-anak. Biasanya para guru memanfaatkan kertas pembungkus kertas HVS untuk membuat tas terbuat dari kertas ini. Kreasi ini pernah dibagikan oleh seorang pendidik di PAUD Mekarsari. Nama pendidiknya adalah Kak Dini. Seperti gambar di atas, Kak Dini telah berhasil membuat banyak tas berbahan kertas dengan kertas manila beraneka warna. Bagaimana cara membuatnya?

1.    Anda perlu mempersiapkan alat-alat di bawah ini (pada kesempatan ini, kita akan membuat tas dengan bahan utama kertas manila):
– Double tape
–    Kertas manila
– Pincher (alat untuk melubangi kertas)
–    Gunting
–    Kertas karton atau kertas kardus
–    Tali (bisa juga memanfaatkan tali pita, kenur, atau jenis tali lainnya)

2.    Pertama, potonglah kertas manila sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Misalnya berukuran 16 x 32 cm. Rumus yang bisa kita gunakan adalah, ukuran tinggi adalah 2 kali dari lebar tas. Setelah itu, Anda tempel double tape pada bagian samping dari bagian atas sampai bagian bawah kertas.

3.    Setelah melekatkan double tape pada kertas, langkah selanjutnya adalah menempelkan ujung yang berlawanan dengan double tape pada bagian yang ada double tape. Berhati-hatilah saat melakukan ini, agar bisa rapi saat Anda menempelkan dengan double tape.

4.    Akan terlihat sambungan kertas, supaya sambungannya terlihat lebih bagus, pindahkan bagian sambungan itu ke bagian samping. Lalu Anda lipat bagian bawah kertas (1,5x ukuran tebal barang yang ingin ditaruh di dalamnya).

Baca Juga:   Faktor penunjang Kenyamanan Anak Didik Dalam Belajar – Bagian 1

5.    Selanjutnya, lipat kedua bagian ujung yang sudah dilipat, membentuk segitiga. Lalu lipat bagian atas dan bawah, lebih dari setengah yang sebelumnya telah dilipat.

6. Next…. Tempel bagian atas dan bagian bawah yang sudah dilipat. (Jangan sampai tertempel dengan bagian dalam kertas, hanya hubungkan bagian yang terlipat)

7.    Nah… sekarang Anda perlu berpindah ke bagian atas. Lipat bagian atas (seperti langkah no.6) Siapkan gunting Anda, karena Anda perlu menggunting kedua ujung bagian yang sudah dilipat, sesuai dengan panjang yang sudah dilipat

8.    Gunting kertas karton yang sudah disediakan sesuai dengan tinggi dan lebar bagian atas yang terlipat. Siapkan 2 potongan karton dengan ukuran yang sama.

9.    Tempel kertas karton atau kertas kardus pada bagian dalam lipatan, kemudian tempel kembali ke dalam lipatan. Menjadikan kertas karton atau kardus sebagai penguat bagian atas yang dilipat. Berikan lubang menggunakan pincher dengan jarak yang sejajar dan sama. Menjadikannya 4 lubang.

10.    Setelah proses pemberian lubang selesai dikerjakan, masukkan tali atau pita ke dalam kertas melalui lubang yang sudah dibuat. Ikat tali dan kerjakan kembali untuk bagian yang lain.

11. Aga bagian bawah tas bisa lebih kuat, kita bisa menempelkan kertas karton atau kertas kardus.

11. Yeiy, tas sudah jadi dan siap digunakan oleh anak-anak. Anak-anak pasti suka.

Kreasi ini bisa menjadi bahan pembelajaran bertema “Diriku” dengan sub-tema “Kebutuhanku”.  Masih banyak kreasi bertema “Diriku” lainnya, Anda bisa menemukan kreasi bertema “Diriku” di portal ini.

Agar anak-anak semakin banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan dengan tema “Diriku”, Anda bisa mengajarkannya dengan media permainan dan lagu. Silakan klik gambar di bawah ini untuk men-download-nya secara GRATIS:ads-bse-team1a-banner-web

sumber: FORUM TK DAN PAUD

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...