Mencintai diri sendiri

Mencintai Diri Sendiri Tingkatkan Kebahagiaan

Senin, 9 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 50 | dibagikan :

Seperti yang sedang trending saat ini di berbagai liputan media. Tentang postingan Instagram seorang aktris cantik bertalenta asal Indonesia Tara Basro. Dimana ia mengunggah beberapa photo bertemakan monokrom  yang memperlihatkan bentuk tubuhnya yang semakin berisi dengan perut yang sedikit buncit. Mencintai diri sendiri itulah yang ingin disampaikan sang artis pada foto unggahannya tersebut. Dengan memberinya caption dalam unggahan di intagramnya sebagai berikut :

“Dari dulu yang selalu gue denger dari orang lain adalah hal jelek tentang tubuh mereka, akhirnya gue pun terbiasa ngelakuin hal yang sama. Mengkritik dan menjelek – jelekan. Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif. Bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it . Daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki. Setelah perjalanan yang panjang gue bisa bilang kalau gue cinta sama tubuh gue dan gue bangga akan hal itu. Let your self bloom.” 

Dengan unggahannya, Tara Basro ingin mengajak para netizen untuk lebih mencintai diri sendiri dan fokus dengan yang dimiliki serta melihat segala sesuatu mulai dari hal yang positif.

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois maupun narsistik, ya moms. Dengan mencintai diri sendiri sangat berkaitan dengan menjalani hubungan dengan orang di sekitar kita dan membuat diri kita juga lebih menghargai orang tersebut. Dengan mencintai diri sendiri berarti kita dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri tanpa merasa tinggi hati maupun rendah hati. Selain itu, dengan mencintai diri sendiri kita akan berlapang dada untuk merangkul diri sendiri tanpa sesuatu yang harus ditutup-tutupi.

Namun, masih banyak diluar sana para moms yang justru kurang percaya diri. Apalagi dengan adanya berbagai macam sosial media saat ini, semakin membuat para moms dan wanita lainnya untuk lebih memperbaiki penampilan diri agar lebih menarik di mata orang lain. Dengan pemikiran seperti itu tak banyak para moms yang stres sehingga berdampak negatif pada keluarga sendiri, seperti ketika saat mood moms sedang down maka anak yang akan kena imbas dan moms akan lebih sering memarahinya.

Cara Mencintai Diri Sendiri

Nah, lalu bagaimana caranya untuk mencintai diri sendiri? Untuk para moms yang masih bingung dengan apa yang harus dilakukan untuk mencintai diri sendiri, berikut caranya :

Baca Juga:   Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Minum Jus

 1. Penuhi Kebutuhan Diri Sendiri Dengan Baik

Dengan memperhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan mental kita. Termasuk dari kebutuhan sehari-hari untuk diri sendiri. Seperti terpenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam per harinya. Namun, semua kebutuhan itu harus dilakukan dengan cara yang sehat, ya moms.

Mencintai diri sendiri
Background photo created by freepik – www.freepik.com

2. Pahami Diri Sendiri

Untuk memahami diri sendiri dapat dilakukan dengan cara bercermin dan merenung. Saat bercermin cobalah untuk menulis pendapat tentang dirimu sendiri, bagaimana kamu, apa kelemahanmu, kelebihanmu, sifat baik dan buruk, bagaimana kamu saat menghadapi situasi tertentu dan hal-hal yang kamu tahu.

Dan merenungkan diri sendiri dapat membantu memahami diri sendiri. Saat sedang merenung cobalah untuk  berpikir dalam dan kritis, pikirkanlah bagaimana kamu menjalani hidupmu hari ini, esok, dan yang sudah berlalu, ada berapa banyak mereka yang sekiranya kamu buat kesal. Dan pikirkan ah ternyata saya seperti itu, apa penyebab saya bersikap seperti itu dan faktor-faktor lainnya.

Dengan melakukan dua hal tersebut maka akan lebih mudah untuk memahami diri sendiri dan mengetahui apa yang terbaik bagi diri sendiri.

3. Memaafkan Diri Sendiri

Apapun kesalahan yang pernah dilakukan oleh dirimu sendiri dimasa lalu atau pun saat ini, mari mulailah untuk memaafkannya. Karena diri kita berhak untuk bahagia dan melanjutkan hidup untuk lebih baik.

4. Lakukan Hal Yang Positif

Lakukan segala kegiatan  yang positif, bukan hanya positif untuk diri sendiri tapi juga bagi orang lain. Pilih teman yang selalu membawamu ke hal yang positif, sehingga kehidupanmu dipenuhi dengan orang-orang yang menyayangimu dan menerimamu apa adanya. Dan cobalah untuk menghindari berita-berita yang negatif karena disaat diri sedang merasa stress akan mudah terbawa oleh suasana.

 

Jadi mulai sekarang cobalah untuk menyayangi diri sendiri, ikuti apa kata hati, yang terbaik untuk diri sendiri dan orang yang ada disekitar kita. Dengan kita mencintai dan menghargai diri sendiri, orang yang ada disekitar kita juga akan melakukan hal yang baik kepada diri kita.

 

Sumber referensi :


Marbel Fashion Show
Marbel Fashion Show
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.