Mengajarkan anak menjaga lingkungan

Mengajarkan Anak Menjaga Lingkungan Disekitarnya

Kamis, 5 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 423 | dibagikan :

Hi moms, banyak sekali yang bisa di ajarkan kepada anak sejak usia dini. Salah satunya, mengajarkan anak menjaga lingkungan dan juga pentingnya menjaga lingkungan bagi anak. Agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik sampai ke generasi-generasi penerus.

Nah, sebelum moms mengajarkan kepada anak tentang alam. Moms harus mengetahui terlebih dahulu arti dari lingkungan.

Arti Lingkungan

Seperti yang di lansir oleh wikipedia. Lingkungan adalah kombinasi dan kondisi fisik yang mencangkup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Menjaga Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri lagi, ya moms. Bahwa kondisi alam kita saat ini sudah semakin memburuk, seperti terjadinya pemanasan global, krisis air bersih, kualitas udara yang kian memburuk, terjadinya bencana alam dan bahaya-bahaya lainnya. Masalah yang ada pada lingkungan adalah tentang masalah perilaku. Sekecil apapun perilaku buruk terhadap lingkungan dapat menyebabkan kerusakan pada alam dan mengganggu kelangsungan mahluk hidup yang ada didalamnya.

Jadi, jika anak sejak dini sudah diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan, mulai dari lingkungan yang ada di sekitarnya akan sangat berguna bagi kehidupan anak kedepan. Tidak hanya itu saja moms, dengan belajar tentang lingkungan sejak dini, dapat membentuk nilai moral, budaya serta kearifan pada anak. Selain itu mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan sejak dini. Anak juga akan mempelajari bagaimana caranya mencintai diri sendiri, mencintai orang lain dengan berkontribusi, dan mencintai flora dan fauna, sehingga secara tidak langsung telah menanamkan rasa peduli untuk menjaga lingkungan.

Manfaat Dari Mempelajari Lingkungan Untuk Anak

Mengajarkan anak tentang lingkungan juga memiliki banyak manfaat, loh moms. Diantaranya :

  • Meningkatkan rasa percaya diri pada anak
  • Membangkitkan kreativitas dan imajinasi anak
  • Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab
  • Anak akan lebih banyak bergerak
  • Pola pikir anak akan menjadi lebih luas
  • Dapat mengurangi rasa stres dan depresi pada anak

 

Dari beragam manfaat mengajarkan anak akan pentingnya lingkungan hidup. Masih banyak di luaran sana para orang tua yang dilema, bagaimana caranya mengajari anak agar lebih peduli dengan lingkungan.

Baca Juga:   Dampak Negatif Jika Suka Membentak Anak
Mengajarkan anak menjaga lingkungan
Kids photo created by prostooleh – www.freepik.com

Tips Mengajarkan Anak Menjaga Lingkungan

 1. Ajarkan Buang Sampah Pada Tempatnya

Mengajarkan buang sampah pada tempatnya sangatlah penting. Moms bisa menjelaskan dampak dari buang sampah sembarangan akan merusak lingkungan di sekitar seperti menimbulkan banjir, mendatangkan jentik-jentik nyamuk yang menyebabkan banyak penyakit.

 2. Ajarkan Untuk Menghemat Air Dan Listrik

Moms, mengajarkan anak untuk mematikan listrik dan air yang sudah di gunakan lagi sangatlah penting. Biasanya anak lebih suka untuk menonton tv, menggunakan gadget, atau aneka peralatan elektronik lainnya yang memakan daya listrik yang lebih besar. Dan saat anak sedang mandi kerap kali menggunakan air dengan berlebihan.

Nah, moms bisa membatasi anak-anak bermain menggunakan gadget maupun elektronik lainnya, dengan moms mengajak membaca, memainkan board game, maupun bermain di luar ruangan dengan kegiatan seru lainnya.

3. Ajak Anak Untuk Berkebun

Dengan berkebun anak akan lebih menghargai adanya flora dan fauna. Anak juga secara tidak langsung akan belajar tanggung jawab untuk merawat apa yang di tanamnya. Dan saat berkebun anak akan lebih sehat.

4. Ajarkan Anak Daur Ulang

Cara lain selain menumpuk sampah kering maupun barang bekas. Moms bisa ajak anak untuk mendaur ulang barang – barang bekas yang ada untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat. Nah, dengan ini anak juga akan mengembangkan kreativitasnya dan juga imajinasinya.

5. Ajak Anak Rekreasi Ke Alam Bebas

Tak hanya orang dewasa saja loh moms yang butuh berekreasi. Dengan mengajak anak ke alam, maka anak akan mempelajari berbagai macam hal yang dilihatnya. Seperti mengenal nama-nama tumbuhan, bunga, buah dan juga belajar mengenal hewan yang dilihatnya. Dengan begitu anak akan lebih menyukainya dan dapat menjaga lingkungan dengan baik. Selain itu, mengajak anak berekreasi dapat mengurangi stres dan rasa bosan dari aktifitasnya sehari – hari.

Selepas dari itu semua, jangan lupa ya moms untuk tetap mengajarkan anak menjaga lingkungan dan memberikan anak pengertian dengan baik dan mudah agar anak paham dan mau melakukannya dengan baik tanpa adanya paksaan pada anak. Sehingga anak akan lebih mencintai lingkungan dengan cara yang baik pula.

 

Sumber referensi :


Marbel Kebiasaan Baik
Marbel Kebiasaan Baik
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.