Bingung Bagaimana Mengelola Penghasilan? Gunakan Saja Prinsip 10-20-30-40

Jumat, 18 Januari 2019 15:18 WIB | dibaca : 536 | dibagikan :

Hai Moms! Tak terasa tahun sudah berganti  dan sekarang sudah memasuki awal tahun ya Moms. Sebagai Ibu Rumah Tangga yang baik tentunya harus selalu bisa menjadi si Super Hero dalam rumah ya. Mulai dari harus, mengurus anak, mengurus suami, mengurus rumah, memasak, menyapu, mengepel. hingga harus  mengurus pengeluaran yang semakin besar. Ya, salah satu yang bisa bikin teriak adalah mengurus pengeluaran rumah tangga, bagaimana tidak jika tidak pandai mengatur pengeluaran bisa-bisa pengeluaran jadi semakin besar, bisa tombok terus kan Moms.

Mommy tidak perlu khawatir, itu semua bisa di atasi dengan Prinsip 10-20-30-40. Apa itu Prinsip 10-20-30-40? Prinsip ini merupakan sebuah referensi yang bisa digunakan untuk melakukan perencanaan dalam mengahbiskan pengahsilan. Bisa dilihat jika menjumlahkan angka 10+20=30+40 maka hasilnya adalah 100, angka sempurna dalam sebuah persentase Prinsip tersebut menunjukkan berapa persen dari penghasilan yang sebaiknya dialokasikan. Mommy bisa mengatur penghasilan agar cukup untuk sebulan, begini caranya :

10 Persen Untuk Kebaikan

Tidak ada salahnya Moms menghabiskan 10 persen dari total penghasilan kita untuk kebaikan, karena  memang seharusnya kita berikan 10 persen dari penghasilan kita untuk kebaikan. Kita bisa habiskan 10 persen tersebut untuk kebaikan, misalnya donasi ke panti asuhan, atau kita berikan kepada orang tua kita. Dengan memberikan sebagian penghasilan kita untuk kebaikan selain kita membantu orang lain kita juga akan mendapatkan pahala.

20 Persen Untuk masa Depan

Keperluan masa depan juga perlu kita pikirkan sekarang lho Moms. Tidak hanya senang menerima penghasilan bulanan kemudian kita habiskan untuk sesuatu yang berlebihan seperti belanja berlebihan dan membeli barang-barang yang kurang berguna. Untuk itu kita butuh menghabiskan 20 persen penghasilan kita untuk masa depan. Keperluan masa depan bisa meliputi asuransi, tabungan berjangka, ataupun tabungan untuk keperluan darurat. Kalian juga bisa ikut investasi lho Moms atau membeli emas untuk tabungan di masa depan.

30 Persen Untuk Cicilan

Menghabiskan untuk membayar cicilan juga bisa diperhitungkan lho Moms. Biaya cicilan ini biasanya untuk biaya cicilan rumah dan kendaraan. Namun jangan terlalu banyak menggunakan cicilan untuk benda-benda mewah yang terlalu konsumtif, karena hal inilah yang menyebabkan membengkaknya pengeluaran Moms. Berbelanjalah sewajarnya ya Moms agar pengeluaran kita tidak melebihi penghasilan.

 40 Persen Untuk Kebutuhan

Bagian inilah yang sewajarnya kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari itu meliputi makan, listrik, air, internet, biaya pendidikan, transportasi, dan masih banyak lagi biaya untuk sehari-hari. Kebutuhan untuk hobi, olahraga, dan rekreasi bisa dimasukkan ke kebutuhan ini. Pakailah sewajarnya dan jangan sampai melebihi 40 persen dari total yang seharusnya kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Jadi begitu Moms, untuk bisa mengelola penghasilan kalian tidaklah sulit hanya butuh kedisiplinan dan tanggung jawab, serta dapat menahan diri dari kehidupan yang konsumtif. Jangan berbelanja berlebihan ya Moms, simpanlah untuk masa depan.

Penghasilan per bulan
Penghasilan per bulan

Sumber :

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/02/073000226/mengelola-penghasilan-dengan-prinsip-10-20-30-40

http://content.hunghapay.com/pictures/images/viec-lam-tai-vinh-phuc-6.png

 

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged: