Mengenal game

Genre Game Online yang Populer Saat Ini

Selasa, 31 Maret 2020 14:00 WIB | dibaca : 33 | dibagikan :

Untuk kalian para gamers, pasti sudah tak asing dengan kata-kata Game. dari anak-anak hingga orang dewasa, sudah pasti memainkannya. Sebagai penyegar di kala pikiran buntu, atau untuk bersenang-senang bersama keluarga, teman, atau pacar kalian, bisa juga sebagai pengisi waktu luang. Kita dapat memainkannya dimana saja, dari handphone, konsol, laptop, Nintendo, Playstation, dan lain sebagainya. Terutama game online, tahukah kalian genre game online apa saja yang sedang banyak dimainkan saat ini?

Dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh perancang, maka kita bisa memainkan dimana saja. Terkadang kita dapat main bareng atau biasa disebut ‘mabar’. Seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire, dan masih ada lainnya. Terkadang ketika main bersama, akan menambah keseruan. Memainkan game untuk sekarang pun cukup gampang, karena ada beberapa game yang cara memainkannya simpel tapi tetap mengasikkan.

Para gamer yang bermodalkan smarphone atau pun laptop, akan merasa senang. Kini banyak game yang dapat kalian instal melalui gadget. Apalagi jika kita memainkan lewat smartphone, kita akan mendapatkan grafik yang cukup memuaskan ketika di mainkan. Tapi apakah kalian paham apa itu game dan jenis-jenisnya?

Mengenal game lebih dekat, definisi Game

Mengenal game lebih dekat, berarti kita harus tahu terlebih dahulu apa itu game. Mengutip Kamus Bahasa Indonesia “Game” diartikan sebagai permainan. Permainan dalam hal ini mengacu pada pengertian kelincahan Intelektual (Intellectual Playabillity Game). Serta dalam game, ada target atau yang akan dicapai pemainnya.

Menurut Kamus Cambridge During, game memiliki arti “Someone who likes playing computer games”atau jika diterjemahkan menjadi seseorang yang sedang bermain game komputer (elektronik). Seseorang dapat dikatakan gamer, jika dia memang sangat menyukai game, tidak peduli game yang dia sukai, seberapa banyak game yang dia punya, ataupun wawasannya tentang game.

Mengenal game
Photo by SCREEN POST on Unsplash

Tentunya setiap orang punya arti tersendiri mengenai apa itu game. Berbeda lagi jika kita membicarakan tentang gamer profesional. Pasti mereka akan berdedikasi tinggi pada game, dengan mempersiapkan PC khusus gaming dengan spesifikasi tinggi, console terbaru, serta perangkat-perangkat pendukung lainnya. Wawasan mereka pun akan sangat diuji, ketika membicarakan game dengan sesama gamer. Lalu genre game online apa sih, yang kalian suka? Yuk intip!

Beberapa Genre Game Online yang dapat dimainkan

  • Aksi-Shotting. Pada game ini, para pemain harus menguasai beberapa ketrampilan menyerang dan bergerak cepat untuk melawan musuh dan menghindari halangan yang ada pada game. Para pemain memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata, tangan serta memikirkan strategi, dan ketepatan waktu. Game ini lebih banyak aksi tembak-menembak. Action game ini sangat membutuhkan desain grafis yang mumpuni, sehingga para pemain dapat bermain dengan maksimal. contoh game : Call Of Duty, Shoot’em Up, dan lainnya.
  • Fighting (Pertarungan). Jenis permainan ini hampir sama dengan action, kita diharuskan menguasai kecepatan refleks dan koordinasi mata serta tangan. Inti dari game ini, kita wajib menguasai beberapa jurus. Dan ketika bertarung, kita harus menggunakan timming yang pas supaya dapat mengalahkan lawan. Beberapa contoh game : Mortal Kombat, Tekken, Street Fighter, dan lain-lain.
  • Action-Petualangan. Untuk mendapatkan misi tersebut, para pemain harus melakukan petualangan di suatu tempat yang telah ditentukan. Karakter yang kita pilih, akan menjelajahi hutan, memasuki goa,bergulat dengan monster. Contoh game : King Quest, Tomb Rider, Sam & Max, serta masih banyak lagi.
  • Sport Game. Permainan jenis ini, biasanya disukai oleh penggemar olahraga. Permainan ini biasanya dirancang serealistik mungkin, supaya dapat memuaskan pemain. contoh game : Seri FIFA, NBA, Tony Hawk Pro Skater, dan lain-lain.
  • Racing Game. Di permainan ini, para pemain akan melakukan balapan, dan kemampuan mengemudinya akan diuji dalam game ini. Pemain akan dipicu adrenalinnya untuk menjadi yang tercepat di sirkuit. Contoh game: Gran Turismo 1997, Dirt Rally 2015, Asphalt 8: Airbone.
  • Puzzle. Game ini, mengharuskan para pemainnya menebak dan memecahkan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, melewati labirin, dan lain sebagainya. Contoh game : Bomber Man, Sokoban, Tetris, Minesweeper.
  • Perang. Game perang merupakan game favorit para gamers. Di game ini, kalian akan melawan musuh kalian, menembak, dan mengatur strategi supaya dapat menjatuhkan lawan. Beberapa referensi game : Modern Combat 4 : Zero Hour, Star Warface 2, Payback, Assassin’s Creed Pirates.
  • Role playing Game (RPG). Dalam Game ini, para pemain akan bermain peran sesuai dengan nama. Dalam game ini, pemain dibebaskan menjelajah dunia game. Setiap karakter akan mempunyai kekuatan dan kemampuan yang berbeda. Contoh game: Final Fantasy, Dragon Quest, Ninja Saga.
Baca Juga:   Hal-hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Anak Menggunakan Internet

 

Sumber referensi :


Marbel Airport Adventure
Marbel Airport Adventure
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.