Mengenal social distance

Mengenal Social Distance Dan Antisipasi Corona

Senin, 16 Maret 2020 15:00 WIB | dibaca : 154 | dibagikan :

Seperti yang yang sudah diberitakan oleh berbagai macam media. Bahwa yang terjangkit virus Corona di indonesia kini bertambah menjadi 117 kasus perhari minggu (15/03). Dengan semakin bertambahnya jumlah kasus yang terkena virus Corona yang kini juga melanda indonesia. Untuk itu kita perlu mengenal social distance untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Presiden Joko Widodo menghimbau kepada masyarakatnya untuk tidak panik dan mengikuti arahan yang telah disampaikannya. Seperti dalam pidato terbarunya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) “Saat ini yang penting social distance, jaga jarak. Dengan kondisi itu maka kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah,” katanya saat temu media di Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020. Namun, apa sih yang dimaksud dengan social distance dan mengapa kita harus mengenal social distance sebagai antisipasi untuk mencegah virus corona menyebar?

Mengenal Social Distance dan apa itu Social Distance?

Sosial Distance dalam artian yang sederhana yaitu  jarak sosial atau menjaga jarak . Menurut wikipedia dalam kutipannya menyebutkan social distance yaitu jarak sosial yang mendeskripsikan jarak antara berbagai kelompok dalam masyarakat dan bukan merupakan jarak ( sosial ).

Lalu, apa fungsi social distance bagi kesehatan ?

Social Distance sebagai praktik dalam kesehataan masyarakat yang  bertujuan untuk mencegah orang yang sakit melakukan kontak dekat dengan orang yang sehat, guna mengurangi adanya peluang penularan suatu penyakit dan juga virus.

Dengan demikian, untuk saat ini social distance sangat sekali dibutuhkan untuk suatu wilayah yang terkena dampak wabah covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar dapat terhindar dari covid-19 ini ? Berikut adalah beberapa cara agar dapat melindungi diri sendiri maupun orang terdekat agar terhindar dari covid-19 atau virus corona.

Cara Terhindar Dari Covid-19 atau Virus Corona

 1. Jaga Jarak

Menurut John Hopkins University mendefinisikan menjaga jarak sebagaimana menjaga jarak yang berlaku untuk covid-19 yaitu “tetap berada di luar pengaturan kongregasi, menghindari pertemuan masal, dan menjaga jarak (sekitar 6 kaki atau 2 meter) dari orang lain jika memungkinkan. Nah, sebisa mungkin untuk tidak berpergian jarak jauh terlebih dahulu. Terutama ke tempat yang sudah dipastikan ada yang terjangkit covid-19, hindari tempat ramai jika memungkinkan.

 2. Cuci Tangan Secara Rutin

Telapak tangan adalah tempat favorit bagi virus maupun bakteri bersarang yang menyebabkan menimbulkan berbagai macam penyakit. Begitu juga dengan covid-19. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk seseorang sesering mungkin untuk cuci tangan dengan benar dan gunakan sabun anti bakteri untuk lebih menjaga kebersihan tangan.

Baca Juga:   Manfaat Membaca Bagi Anak Secara Rutin
Mengenal social distance
Photo by Macau Photo Agency on Unsplash

 3. Hindari Kontak Fisik

Dengan menghindari kontak fisik untuk saat ini merupakan langkah yang tepat agar seseorang terhindar dari terkena covid-19. Jika tidak memungkinkan, semisal setelah berjabat tangan dengan seseorang alangkah baiknya untuk mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

4. Jangan Menyentuh Hidung, Mata, dan Mulut Secara Langsung

Mengapa harus demikian ? Usahakan untuk tidak menyentuh area hidung, mata dan mulut sebelum mencuci tangan. Karena kita tidak akan mengetahui objek apa saja yang sudah kita pegang. Kemungkinan juga apa yang kita pegang bisa saja terdapat virus corona. Dengan demikian jika kita menyentuh hidung, mata dan juga mulut sebelum mencuci tangan kemungkinan virus corona akan masuk kedalam tubuh sehingga mengakibatkan sakit akibat virus corona tersebut.

 5. Jaga Imunitas Tubuh

Hal yang harus dipastikan untuk terhindar dari covid-19 atau virus corona yaitu menjaga imunitas tubuh agar selalu sehat. Dengan tubuh yang sehat, kemungkinan besar akan terhindar dari corona. Jadi biasakan untuk mengatur pola hidup yang sehat dengan menjaga makanan, olah raga secara teratur dan juga penuhi asupan cairan dalam tubuh.

 6. Lakukan Etika Batuk atau Bersih Dan Gunakan Masker Jika Sakit

Banyak yang beranggapan menggunakan masker saat berada diluar padahal tidak sedang sakit adalah cara ampuh untuk menghindari virus corona. Padahal penggunaan masker dianjurkan bagi yang sedang merasa sakit maupun flu. Saat sedang batuk juga ada etikanya, loh. Berikut adalah etika saat batuk maupun bersin :

  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju yang digunakan
  • Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah
  • Cuci tangan yang bersih menggunakan sabun
  • Saat sedang flu / batuk gunakan masker
Yang harus diperhatikan saat sedang menggunakan masker :
  • Cuci tangan sebelum menggunakan masker
  • Menutupi mulut dan hidung agar tidak ada celah antara wajah dengan masker
  • Menghindari menyentuh masker saat sedang digunakan
  • Mengganti masker jika sudah terasa lembap
  • Melepas masker dari belakang tanpa menyentuh bagian depan
  • Buang masker yang sudah dipakai ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelahnya
  • Tidak mengusap mata, hidung, dan mulut

Sumber referensi :


Marbel Krankenhaus - Mein Arzt
Marbel Krankenhaus - Mein Arzt

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.