Meningkatkan jiwa sosial anak

Meningkatkan Jiwa Sosial Anak dengan Mengajak Bermain Di Luar

Senin, 2 Maret 2020 17:27 WIB | dibaca : 35 | dibagikan :

Meningkatkan jiwa sosial anak dengan mengajak anak untuk bermain di luar ruangan, sering kali memunculkan kekhawatiran bagi para orang tua.

Seperti, kecemasan jika anak kepanasan, kehujanan, kotor usai bermain dan takut akan terjangkit kuman-kuman yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Terlepas dari kekhawatiran tersebut, mengajak anak untuk bermain di luar ruangan sangat membantu bagi tumbuh kembang pada anak, baik secara fisik maupun mental. Diantaranya adalah :

1. Mendukung Pertumbuhan Fisik Pada Anak

Saat bermain di luar ruangan secara langsung anak akan menerima sinar matahari. Dimana, Vitamin D yang berasal dari sinar matahari mendukung kesehatan jantung dan pertumbuhan tulang pada anak .

Ajak anak bermain 10 – 15 menit pada pagi atau sore hari. Hindari bermain di luar rumah pada pukul 10.00 hingga 15.00 agar kulit anak tak terbakar karena pada saat itu sinar matahari sedang terik-teriknya.

2. Melatih Ketahanan Fisik Pada Anak

Banyak kegiatan yang dapat di lakukan saat bermain di luar ruangan. Seperti, berlarian saat bermain, melompat-lompat di atas trampolin, bersepeda, bermain ayunan dan lainnya.

Hal tersebut, secara tidak langsung menggerakkan otot-otot pada tubuh dan olahraga yang menyenangkan bagi anak. Dan ini akan meningkatkan kesehatan pada anak secara keseluruhan.

Meningkatkan jiwa sosial anak
Photo by Phil Goodwin on Unsplash

3. Memacu Kreativitas Dan Imajinasi Pada Anak

Saat berada di luar ruangan, anak akan lebih kreatif dan imajinasi mereka lebih luas lagi. Anak akan lebih berinteraksi pada sekitarnya sehingga anak lebih mengaktifkan panca indra mereka.

Seperti, melihat, menyentuh, mencium dan mendengarkan apa yang ada di sekitarnya. Sehingga anak dapat berpikir secara luas.

Dan juga saat anak bermain di luar ruangan, relatif bagi anak untuk meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

Baca Juga:   Serunya Bermain Bersama-sama Keluarga dengan Halma

Karena saat anak bertemu dengan orang lain, apalagi dengan teman sebayanya mereka akan berinteraksi dan berkomunikasi sehingga anak juga dapat melatih kemampuan bahasanya.

4. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Pada Anak

Saat bermain di luar ruangan, anak akan bertemu dengan orang lain dan secara tidak langsung mereka dapat mempelajari cara berteman, cara bekerja sama, dan menghargai orang yang ada di sekitarnya dengan lebih baik lagi.

Anak juga dapat belajar untuk mengambil keputusan dan menerima resiko dengan lebih baik.

Hal yang lebih penting anak dapat meningkatkan kepercayaan dirinya saat berada di luar rumah dan saat bertemu dengan orang lain serta dapat meningkatkan jiwa sosial anak.

Mengajak anak bermain di luar ruangan juga dapat membuat Moms lebih mengenal karakter dan potensi yang di miliki oleh anak. Sehingga orang tua dapat menentukan kegiatan bermain anak dengan benar dan tepat.

Nah, bagaimana Moms? Mengajak anak bermain di luar ruangan sangat bermanfaat bukan.

Mulai sekarang, jangan takut untuk mengajak anak untuk bermain di luar ruangan, ya Moms? Biarkan mereka bergerak dengan bebas asalkan tetap dalam pengawasan yang tepat.

 

Sumber referensi :


Marbel Holiday Adventure
Marbel Holiday Adventure
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.