Menstimulasi Intelektual Anak Dengan Musik

Selasa, 20 September 2016 15:38 WIB | dibaca : 574 | dibagikan :

Banyak ahli berpendapat bahwa mesntimulasi kecerdasan anak bisa dilakukan sejak ia berada di dalam kandungan. Banyak ibu-ibu hamil bernyanyi, agar bayinya ikut mendengarkan, atau sekedar mendengarkan musik. Mereka percaya bahwa dengan bernyanyi atau mendengarkan musik, bayi di dalam kandungan pun akan ikut mendengarkan, sehingga otak bayi akan terstimulasi perkembangannya.

Manfaat Musik Klasik

Musik yang paling cocok didengarkan oleh bayi adalah musik klasik, karena musik klasik membawa efek ketenangan, meski pun berat yang dimainkan dalam musik klasik bisa berubah-ubah. Hal inilah yang menjadi keunikan musik klasik.

Manfaat Musik Bagi Janin

Tidak butuh waktu lama bagi ibu hamil untuk memperdengarkan musik bagi janin nya. Ia hanya butuh waktu kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit. Bayi yang mendengarkan musik di dalam kandungan akan bereaksi. Janin akan bergerak secara spontan, sehingga kecerdasan motoriknya pun terstimulasi. Gerakan-gerakan yang lemah pun akan sangat membantu kekuatan otot anak.

Tempo musik biasanya sangat teratur. Walaupun ada perubahan tempo, namun biasanya perubahan tempo ini akan tidak akan menghilangkan keindahan alunan musik. Hal ini akan membantu anak dalam mengatur artikulasi suara. Sehingga kelak janin di dalam kandungan ini akan memiliki kemampuan berbicara yang baik dan jelas. Dengan kata lain, musik akan membantu menstimulasi kecerdasan verbal bayi.

Variasi melodi, irama, dan frekuensi musik juga akan memberikan efek menentramkan. Kreatifitas anak akan cepat berkembang saat hati mereka berada di dalam suasana yang tenang dan damai. Dengan ketenteraman dan kedamaian ini, maka kreatifitas anak akan terstimulasi, terutama kreatifitas anak dalam bermusik.

Bila sejak bayi sudah diperdengarkan musik, maka tentu saja seni musik bukanlah sesuatu yang asing lagi di dalam hidup sang bayi. Sehingga bayi akan lebih mudah menguasai alat-alat musik dan menguasai ketepatan nada dalam bernyanyi. (Mau tau cara mengajarkan berhitung dan mengenal angka dengan lagu? Klik di SINI. )

Baca Juga:   Menasihati atau Menegur Anak Perlu Berhati-hati, Ini Caranya!

Mama Bernyanyi Buat Sang Bayi

Walaupun anda memiliki suara yang fals, tetaplah semangat dalam menyanyikan lagu dalam keadaan hamil. Bagaimana pun suara ibu adalah suara yang peling indah bagi janin. Bernyanyilah kapan saja dan di mana saja demi meningkatkan kecerdasan buah dan tentu saja dengan bernyanyi maka ibu hamil pun akan terlihat lebih rileks dan merasakan kedamaian.


Baca juga: Semangati Anak Saat Belajar Di Sekolah Dengan Lagu Anak


Orang tua tentu saja membutuhkan perbendaharaan lagu anak yang tidak sedikit. Educa Studio telah merilis sebuah aplikais yang memuat lagu-lagu anak edukatif dan disusun secara tematik (sesuai dengan tema pembelajaran di sekoah). Aplikasi ini berjudul “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAP” )banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paudSumber gambar: howilearntguitar.coma

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...