Metode Kreatif Pembelajaran Tema Alam di Sekolah

Kamis, 1 September 2016 19:13 WIB | dibaca : 8045 | dibagikan :

Alam yang indah ciptaan Tuhan nan megah sungguh menarik untuk dipelajari. Apalagi untuk anak-anak usia dini yang masih mempunyai keinginan yang tinggi untuk bereksplorasi. Namun agar pembelajaran bisa berjalan dengan suasana menyenangkan, kreativitas guru sangat diperlukan. Ada banyak metode kreatif yang bisa digunakan saat mengajarkan anak tentang pembelajaran bertema alam. Berikut ini beberapa metode yang pernah diajarkan Kak Zepe:

  1. Metode field-trip

Hampir setiap semester kegiatan ini selalu ada. Biasanya kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar anak-anak didik bisa belajar materi-materi yang telah dipelajari langsung ke lapangan atau alam. Biasanya tempat-tempat yang dipilih adalah tempat-tempat yang edukatif. Misalnya, bila tema yang dipelajari pada suatu semester lebih banyak membahas tentang benda langit, maka tempat yang dipilih sebagai tujuan adalah planeturium. Atau bila yang dipelajari adalah tentang macam-macam tanaman, maka tempat tujuan field-trip yang biasa dipilih adalah desa wisata atau tempat wisata alam. Di sana anak-anak akan belajar secara langsung dengan cara mengamati dan membuat laporan sederhana. Selain itu, kegiatan yang dilakukan pun bisa bervariasi, bisa dalam bentuk kompetisi / lomba, penelitian, maupun membuat mading.


Baca juga: Aneka Kreasi Tema Alam


  1. Metode Bermain Peran

Metode ini diawali dengan instruksi guru kepada siswa untuk membuat naskah drama. Namun untuk anak-anak usia dini, biasanya naskah sederhana sudah disiapkan guru, sehingga anak-anak didik tinggal mempraktekannya. Melalui aktivitas ini, anak-anak yang memperagakan drama akan menunjukkan penampilan mereka sesuai dengan tema pembelajaran. Misalnya tema yang dipelajari adalah tema buah-buahan. Maka salah satu contoh naskah drama adalah percakapan seorang ibu dengan penjual buah. Melalui aktivitas ini, pihak yang belajar tidak hanya pemeran drama. Siswa lain yang menonton drama pun akan belajar dengan cara melihat dan mendengarkan drama yang diperagakan.

  1. Metode Bernyanyi

Saya sudah menciptakan banyak lagu sesuai tema. Tujuan saya menciptakan lagu anak sesuai tema adalah supaya anak-anak Indonesia bisa belajar di sekolah dengan menggunakan lagu anak karya saya sebagai media pembelajaran. Selain itu, dengan lagu anak yang disusun secara tematik, para pendidik pun akan semakin mudah menemukan lagu yang sesuai dengan kurikulum terbaru, dan tema-tema yang diusung pun adalah tema-tema yang umum, misalnya tema alam, pekerjaan, teknologi, dan lainnya. Lagu-lagu anak sangat baik diajarkan sebagai media apresepsi. Sedangkan untuk lagu-lagu anak bertema alam, saya sudah menciptakan lagu berjudul “Warna Pelangi”, “Benda Langit”, “Matahari”, dan lagu lainnya.

  1. Metode Story Telling
Baca Juga:   Hal-hal Yang Harus Dihindari Oleh Pendidik PAUD (bagian 2)

Melalui kegiatan ini, anak-anak bisa menceritakan dongeng bertema alam di depan kelas. Naskah dongeng bisa mencari dari majalah anak (di rumah), atau bisa juga disediakan oleh guru. Dengan metode ini, kepercayaan diri anak untuk mampu tampil di depan umum pun akan semakin terasah. Selain itu, aktivitas ini juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan berbahasa anak. Dengan banyaknya kata-kata yang dipelajari dari pembelajaran bertema alam, maka metode ini bisa menjadi sarana untuk mengulas kata-kata baru tersebut dalam sebuah dongeng. Guru pun bisa mengajarkan pembelajaran bertema alam dengan menceritakan suatu dongeng yang banyak menggunakan kata-kata bertema alam di dalamnya, sehingga anak-anak akan semakin kaya akan perbendaharaan kata, khususnya kata-kata yang berhubungan dengan tema alam.

  1. Metode “Learning by Games”

Metode ini biasanya adalah yang paling ditunggu oleh anak-anak. Anak-anak bisa belajar materi bertema alam dengan cara melakukan permainan. Anak-anak adalah pribadi yang gemar bermain, maka tidak salah juga bila metode ini adalah metode favorit bagi anak-anak. Permainan biasanya dilakukan secara berkelompok atau bersama-sama, sehingga anak-anak juga akan belajar tentang sportifitas, ketaatan pada aturan, dan kompetisi yang sehat. Untuk melakukan suatu permainan bertema alam, akan lebih baik bila pendidik mengajak siswa untuk melakukannya di luar kelas atau di alam bebas, misalnya di taman. Sehingga permainan yang dipilih pun bisa menggunakan media yang terdapat di alam, misalnya daun, batu, batang pohon, dan lainnya.

Ada aneka permainan menarik yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan alam. Beberapa judulnya ada di bawah ini, dan bisa didownload GRATIS:
Marbel Mengenal Floramarbel-flora
Variasi aktivitas dalam proses pembelajaran memang sangat penting. Hal ini akan mengurangi rasa bosan anak untuk belajar di sekolah. Dengan variasi aktivitas, anak-anak juga akan diajak untuk berpikir secara kreatif. (KakZepe)
Sumber gambar: paudbintangjuara.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...