Moms, Makanan Apa Sih Yang di Butuhkan Anak Sesuai Dengan Usianya?

Rabu, 23 Januari 2019 13:13 WIB | dibaca : 902 | dibagikan :

Moms, sudah kalian memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Kebutuhan gizi anak itu sangat penting lho sehingga memberikan makanan yang tepat bagi anak sangat disarankan. Pemberian makanan pada anak juga tidak boleh sembarangan ya Moms. Beda usia beda pula asupan gizi dan jenis makanannya Moms. Jadi jangan sembarangan memberikan makanan pada anak kita terlebih jika makanan itu belum cocok untuk usianya ya Moms. Selain bisa membahayakan anak kita, makanan yang kurang tepat untuk usianya juga berpengaruh pada penyerapan nutrisinya, sehingga bisa jadi anak kita kekurangan nutrisi karena nutrisinya tidak tepat ya Moms. Jadi makanan apa saja yang tepat untuk anak-anak sesuai dengan usianya? Berikut penjelasan singkatnya ya Moms.

Usia Bayi (0-1 tahun)

Susu untuk bayi
Susu untuk bayi

Pada saat anak berusia 0 bulan atau pada masa bayi, mereka membutuhkan nutrisi yang sangat banyak. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari ASI atau dari susu formula khusus untuk bayi. Tentunya pemberian susu formula juga harus diperhatikan, pilihlah susu formula yang kandungan gizi nya memang sudah diperuntukkan bayi. Biasanya bayi berumur 0-5 bulan hanya di beri ASI sebagai sumber nutrisi utamanya. Baru setelah usia 6 bulan ke atas, bayi bisa diberikan makanan yang agak padat. Namun perlu diperhatikan untuk tekstur makanan ini haruslah makanan dengan yang lunak karena pencernaan bayi masih belum sempurna jadi harus sedikit demi sedikit tingkat kepadatan makanannya. Bisa jadi Moms memberikan biskuit bayi kemudian di campur dengan susu, itu akan membantu anak untuk belajar dan membiasakan memakan makanan yang lebih padat. Tetapi makan tersebut hanyalah makan pendamping saja ya Moms, makan utamanya masih ASI atau pun susu formula.

Usia Batita (1-3 tahun)

Makanan kaya gizi untuk si kecil
Makanan kaya gizi untuk si kecil

Di usia ini Moms harus mulai menanamkan pola makan dan porsi makan yang sehat kepada anak-anak. Pada usia ini porsi makan anak semakin banyak dan asupan gizi serta nutrisinya juga semakin banyak. Sehingga makanan yang di berikan pun seharusnya juga lebih banyak. Pada tahap usia ini anak mulai mengerti rasa dan mempunyai keinginan akan suatu makanan, mempunyai makanan yang ia sukai dan tidak ia sukai. Untuk itu pengenalan berbagai jenis makanan perlu dikenalkan di usia ini, tentunya makan yang sehat ya Moms. Kalian bisa coba berikan makan yang bergizi seperti telur, daging, ikan salmon, bayam, brokoli, wortel, nasi merah dan masih banyak lagi. Untuk permulaan kalian bisa blender makanan-makanan tersebut sehingga tidak akan berbahaya bagi pencernaan anak. Jangan lupa untuk memberikan buah-buah kepada anak-anak ya Moms agar vitaminnya juga tercukupi.

Usia Balita (4-6 tahun)

Makanan lucu untuk si kecil
Makanan lucu untuk si kecil

Usia 4-6 tahun kemampuan bersosialisasi anak sudah semakin meningkat, pola berpikir mereka juga sudah semakin baik. pada tahap ini anak mulai mengenal makanan cepat saji atau junk food. Tentu saja banyak anak-anak yang lebih menyukai makanan ini dibandingkan dengan makanan-makanan yang lebih sehat, karena selain rasanya yang lebih enak dan juga banyaknya penambah rasa pada junk food tersebut tentunya berdampak buruk pada tubuh anak, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu, tugas kita sebagai orang tua, harus bisa membuat anak kita tidak kecanduan memakan junk food tersebut, mungkin sesekali boleh namun dalam jangka waktu yang lama tidak disarankan. Moms, kalian bisa coba buat makanan sehat yang menarik anak bagi anak. Moms bisa membuat kreasi makanan seperti membuatkan makan siang dengan makanan yang dibentuk menjadi hewan-hewan lucu, kombinasikan warna-warna sayur dan bahan makan yang lainnya sehingga terlihat lebih menarik.

Usia Anak (6-12 Tahun)

Bekal makanan si kecil
Bekal makanan si kecil

Pada usia ini anak sudah mulai memasuki sekolah. Hal itu membuat anak membutuhkan energi yang lebih banyak di bandingkan usia di bawahnya. Sehingga makan yang disarankan adalah makan yang mengandung banyak karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya nasi merah, roti gandum, oatmeal, kentang, dan quinoa. Buatkan bekal makan siang yang menarik untuk menghindari anak jajan sembarangan, karena makan yang di jual di pinggir jalan belum tentu terjaga kebersihannya. Selain membutuhkan banyak energi, anak pada usia ini juga membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhannya. Berikan susu dan makanan yang mengandung kalsium lainnya agar kelak  saat dewasa tulang anak kita tidak mudah keropos karena kekurangan kalsium. Sumber kalsium lainnya seperti, kacang almond, kacang kedelai, ikan sarden, ikan salmon, bayam, dan brokoli.

Tidak semua makanan baik diberikan kepada anak-anak kita ya Moms. Perhatikan usianya, perhatikan kebutuhan gizi dan nutrisinya. Biasakanlah anak kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta dengan porsi makan yang cukup ya Moms. Makanan yang tepat untuk anak kita akan membuat mereka tumbuh dengan sehat.

Baca juga artikel menarik lainnya Moms :

Sumber gambar :

  • https://www.imagenesmy.com/imagenes/vegetable-puree-78.html
  • http://www.safebee.com/health/shared-breast-milk-before-latch-on-idea-get-facts
  • https://www.demilked.com

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged: