ngabuburit ramadhan

Ngabuburit Ramadhan Menyenangkan Bersama Anak

Minggu, 3 Mei 2020 15:00 WIB | dibaca : 82 | dibagikan :

Kegiatan ngabuburit di indonesia sendiri biasanya terasa ramai dan menyenangkan untuk setiap orang yang menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan. Misalnya ada yang merencanakan untuk berbuka puasa bersama teman-teman dan sahabat terdekat, ada yang merencanakan untuk mengunjungi perpustakaan daerah, berjalan-jalan di tempat yang banyak menyediakan dan menjual takjil. Namun, untuk Ramadhan kali ini sebaiknya tetap berada di rumah saja, ya moms. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak saat ngabuburit dan menunggu bedug Maghrib penanda berakhirnya puasa di hari itu. Agar anak tidak merasa bosan saat menanti bedug Maghrib, sebaiknya moms dan keluarga rencanakan kegiatan menyenangkan untuk ngabuburit bersama. Apa sajakah itu ? Berikut adalah beberapa kegiatan ngabuburit Ramadhan menyenangkan bersama anak dan keluarga yang bisa moms lakukan di rumah.

Kegiatan Ngabuburit Ramadhan Menyenangkan Bersama Anak

 1. Crafting Bersama

Kegiatan ngabuburit menyenangkan bersama anak di rumah salah satunya adalah dengan crafting atau membuat kerajinan tangan. Misalnya saja melukis, membuat kotak untuk wadah mainan, membuat mainan seperti layang-layang, merangkai bunga, atau juga membuat hiasan-hiasan untuk  pajangan di kamar anak. Dengan kegiatan ini tentu anak menjadi lebih produktif dan menjadi lupa kalau sedang menahan haus dan lapar selama menjalankan ibadah puasa.

Kerajinan yang dibuat bisa disesuaikan dengan yang disenangi anak ya moms. Karena kalau anak tidak suka dengan kerajinan yang ia buat, justru akan membuatnya cepat bosan. Moms bisa untuk coba sesekali tanya kemauan anak dan pahami apa yang mereka senangi.

2. Olahraga Bersama

Puasa bukan berarti tidak berolahraga ya moms. Olahraga tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Moms hanya perlu memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan bersama anak sebagai cara ngabuburit yang menyenangkan. Contohnya, ajak anak untuk jalan-jalan atau bersepeda sore di sekitar rumah. Atau hanya kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, misalnya yoga, jumping, bahkan senam ringan. Karena, saat berpuasa tidak perlu olahraga yang terlalu menguras tenaga, dan lebih baik dilakukan 30 hingga 60 menit menjelang berbuka.

Baca Juga:   Anak Bisa Belajar Disiplin Melalui Kegiatan ini - Bagian 2

3. Beribadah Bersama

Agar pahala ibadah puasa lebih di lipat gandakan lagi, melakukan ibadah bersama anak dan keluarga di rumah juga bisa jadi salah satu alternatif sebagai kegiatan ngabuburit Ramadhan di rumah. Moms bisa ajari anak mengaji kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Misalnya belajar mengaji melalui aplikasi yang menarik. Belajar mengaji juga dapat mempercepat anak agar segera bisa membaca Al Quran, loh moms.

ngabuburit ramadhan
Islamic photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

4. Berkreasi Di Dapur Bersama

Masak bersama adalah kegiatan ngabuburit Ramadhan yang sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Moms bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas, lalu ciptakan makanan dengan bahan tersebut. Moms juga mengkreasikan makanan tersebut supaya anak lebih berkesan. Atau moms juga bisa menyediakan makanan lebih untuk di bagi-bagikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Dengan begitu moms juga sekaligus mengajari anak untuk berbagi dan melatih empati pada anak.

Jangan lupa untuk mengajak anak dan Dads juga ya moms. Jadikan kegiatan ini sebagai momen untuk melakukan family time.

5. Mendongeng Bersama

Mendongeng bersama anak juga bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang menyenangkan. Moms bisa mendongeng kepada anak dengan kisah-kisah para Nabi Allah dan juga para Sahabat Nabi. Selain itu, manfaat mendongeng untuk anak dapat membantu tumbuh kembangnya agar anak menjadi lebih cerdas loh moms dan juga sebagai media belajar anak agar mudah belajar membaca.

6. Nonton Film Bersama

Selain dengan membacakan dongeng, moms juga bisa ajak anak dan keluarga untuk menonton film bersama. Moms bisa memilih film yang cocok untuk keluarga atau menonton film animasi yang menceritakan kisah para Nabi atau kartun islami yang moms bisa di cari di youtube. Misalnya seperti Kisah Teladan Nabi ( KABI ) atau cerita kakak beradik islami Nusa dan Rara dimana keduanya bisa di saksikan di Youtube, atau menonton acara realigi di Tv.


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.