Olahraga saat social distancing

Olahraga Saat Social Distancing yang Menyenangkan

Kamis, 26 Maret 2020 12:00 WIB | dibaca : 198 | dibagikan :

Social Distancing atau menjaga jarak sosial saat ini adalah cara yang dianggap paling ampuh menekan penyebaran covid-19 atau virus corona. Saat kini sudah semakin banyak yang terjangkit dengan virus corona ini tak terkecuali di Indonesia. Selain dengan menerapkan social distancing, menjaga kebersihan diri dan jaga daya tahan tubuh sama pentingnya agar tubuh tetap sehat. Olahraga saat social distancing justru sangat penting dilakukan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh agar terhindar dari serangan virus.

Menjaga kesehatan tubuh tak hanya dengan menjaga asupan yang dimakan saja. Dengan olahraga yang teratur juga dapat membantu tubuh agar tetap fit dan bugar, sehingga tak mudah terserang virus maupun penyakit. Namun, saat sedang menerapkan social distancing bukan berarti kita tidak bisa menjaga kebugaran tubuh, ya moms. Sebenarnya banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah namun.

Jenis Olahraga Saat Social Distancing Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Agar moms tidak merasa bosan dengan kegiatan olahraga yang biasa-biasa saja. Moms bisa mencoba beberapa jenis olahraga yang menyenangkan yang dapat dilakukan didalam rumah, yaitu :

 1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan didalam rumah. Moms bisa lakukan gerakan yoga yang simpel untuk meminimalisir adanya cedera. Moms bisa terapkan gerakan  seperti tree posemountain pose, dan cat-cow, pranayama atau teknik pernapasan yang simpel. Yoga dipercaya dapat meregangkan otot dan membakar kalori dalam tubuh agar tetap sehat.

Olahraga saat social distancing
People photo created by freepik – www.freepik.com

 2. HIIT Cardio

Olahraga HIIT ( High Intensity Interval Training ) yaitu merupakan latihan cardio dengan intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi yang singkat, mulai dari 5-20 menit. Sebelum  melakukan HIIT moms bisa melihat dahulu video di berbagai media sosial yang dimiliki moms seperti Youtube. Dan pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar tak mengalami cedera pada otot.

 3. Figurerobics

Berasal dari kata figure dan aerobic, olahraga yang satu ini sangat bagus untuk membentuk tubuh, loh moms. Selain tentunya dapat menurunkan berat badan, figurerobics mampu membentuk titik-titik tertentu dari bagian tubuh yang moms inginkan. Moms bisa mengunduh videonya di Youtube, ya moms agar mudah mempelajarinya.

 4. Zumba Dan Senam Aerobic

Pasti moms sudah banyak yang mengenal jenis olahraga ini. Namun, biasanya zumba maupun senam aerobik memang paling seru dilakukan beramai-ramai bersama ibu-ibu komplek lainnya, kan  moms. Namun, kali ini moms bisa mencobanya sendiri dirumah, moms juga bisa ajak anak bahkan pasangan agar semakin menyenangkan. Moms bisa putar videonya di rumah atau moms bisa putar lagu kesukaan agar semakin bersemangat.

Baca Juga:   6 Aktivitas dan Permainan Terbaik Untuk Melatih Kekompakan Ibu dan Anak
Olahraga saat social distancing
People photo created by freepik – www.freepik.com

 5. Body Combat

Olahraga yang memadukan beberapa gerakan bela diri yang diiringi musik upbeat menjadi ciri khas dari body combat. Biasanya gerakan yang digunakan pada body combat yaitu seperti muay thai, karate, taekwondo, boxing dan capoira. Body combat ini sangat cocok bagi moms yang ingin fat loss. Karena dari kaki, perut, tangan, kepala semua bergerak alias body movement. Tubuh tidak statis, tapi aktif bergerak. Jadi banyak otot yang bekerja dan membakar lemak jahat pada tubuh.

Olahraga saat social distancing

People photo created by master1305 – www.freepik.com

 6. Hula Hoop

Olahraga maupun bermain dengan hula hoop sangat efektif dalam membakar kalori di dalam tubuh, terutama merampingkan perut. Meskipun olahraga ini terbilang sangat sederhana dan menyenangkan, namun untuk memainkannya memang diperlukan latihan berulang kali apalagi untuk pemula.  Hula hoop juga bisa dimainkan bersama anak dirumah, kan moms. Agar anak juga ikut merasakan manfaatnya.

 7. Jamping Jack

Mungkin moms masih asing dengan olah raga jamping jack ini. Jamping Jack ini biasanya diterapkan didalam salah satu gerakan senam kebugaran tubuh. Namun, jumping jack ini bisa moms lakukan di rumah, karena gerakannya yang mudah dan tidak memakan banyak tempat. Untuk melakukan jumping jump, pertama kali moms harus lakukan dengan memposisikan badan dengan berdiri tegak. Kemudian melompat dengan kedua tangan keatas dan di iringi dengan posisi melebar.

 8. Senam Lantai

Gerakan senam lantai memerlukan keseimbangan dan konsentrasi karena dalam melakukan gerakan senam lantai semua bagian tubuh melakukan gerakan, seperti berjalan, melompat, jongkok, memutar, berguling dan lain sebagainya. Sehingga dalam gerakan ini selain konsentrasi dan keseimbangan tubuh, juga dibutuhkan ketangkasan, keluwesan dan kelenturan tubuh. Untuk melakukan gerakan ini moms dapat menggunakan matras  sebagai alas untuk melakukan senam lantai. Namun, jika moms belum terbiasa dengan senam lantai alangkah baiknya dilakukan bersama ahlinya, ya moms.

Olahraga saat social distancing
People photo created by prostooleh – www.freepik.com

 

Sumber referensi :


Marbel Sports
Marbel Sports
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.