Pemanfaatan Lagu Anak Berjudul “Main Musik”, Sebagai Sarana Gerak dan Lagu Interaktif

Sabtu, 9 September 2017 11:30 WIB | dibaca : 2692 | dibagikan :

Anak-anak adalah pribadi yang enerjik. Mereka masih suka berbicara dan bergerak, jauh lebih aktif daripada orang dewasa. Itulah mengapa gerak dan lagu biasanya menjadi favorit anak-anak saat mereka diajak untuk bernyanyi. Kehadiran gerak dan lagu saat kegiatan belajar sangat dinanti oleh anak-anak untuk memecah keheningan dan melenyapkan kebosanan. Lagu ini secara khusus diciptakan oleh Kak Zepe sebagai media gerak dan lagu. Lagu ini berjudul “ALAT MUSIK”.
Melalui lagu ini, anak-anak tidak hanya diajak untuk bergerak sambil bernyanyi, namun mereka juga diajak untuk semakin mengenal berbagai macam alat musik dan bunyinya.

Berikut ini adalah lirik lagu anakALAT MUSIK”:

Kumainkan gitar, Jreng jreng jreng
Kumainkan bas, pau pau pau
Kumainkan piano, tong ting tong
kumainkan drum, dung tek dung
Mari main musik bersama
dan bernyanyi lagu yang ceria
mari main musik bersama
dan bernyanyi lagu-lagu anak

Menarik bukan lirik lagu ini? Saya biasa memodifikasi lagu ini dari cara menyanyikannya. Saya akan membuatnya menjadi sebuah lagu yang interaktif yaitu dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi secara bersahutan.


baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”


Cara mengajarkan kepada anak adalah demikian:

1.    Metode gerak dan lagu
Ajaklah anak-anak bernyanyi lagu ini dengan gerakan. Gerakan dilakukan saat anak menyanyikan suara alat musiknya, ada “jreng, jreng, jreng”, “pau, pau, pau”, dan lainnya. Anak-anak pasti akan bernyanyi dengan lebih semangat dan ceria.

2.    Metode tanya jawab
Guru bernyanyi sendiri lirik lagu bagian ini: “Kumainkan gitar, ….”, lalu anak-anak saya minta menjawab “jreng-jreng jreng…”. Begitu dan seterusnya, saat guru menyanyikan lirik yang berisi alat musiknya, siswa akan menjawab dengan menyanyikan suara alat musiknya.

Baca Juga:   Kompilasi Lagu Anak Mengenal Benda Langit - Karya Kak Zepe

3.    Metode bernyanyi secara acak
Metode ini dilakukan dengan cara menyanyikan lirik lagu yang berisi nama-nama alat musik secara acak atau tidak sesuai dengan lirik lagu aslinya.  Selain agar anak-anak semakin baik dalam mengingat macam alat musik dan suaranya, secara tidak langsung saya juga melatih kemampuan fokus anak.

Silakan mempraktekkan kepada buah hati Anda. Anak-anak pasti akan menyukainya. Selain memiliki manfaat edukatif, lagu ini juga memiliki pesan agar anak-anak Indonesia menyanyikan lagu-lagu anak, bukan lagu dewasa. Karena seperti kita tahu, selera musik anak Indonesia di zaman ini sedang mengalami pergeseran. Banyak anak-anak lebih menyukai lagu-lagu dewasa. Ayo ajak anak bernyanyi dan mencintai lagu anak. Lagu Anak berjudul “MAIN MUSIK” bisa didownload GRATIS di aplikasi KOLAK – LAGU ANAK INDONESIA KAK ZEPE Vol 2, dengan klik di LINK INI. banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2Mau lagu anak karya Kak Zepe lainnya?
Silakan download GRATIS lagu anak karya Kak Zepe yang sudah disusun secara tematik dengan klik:
LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAPbanner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...