Belajar adab untuk anak

Pentingnya Belajar Adab Untuk Anak

Sabtu, 11 April 2020 09:00 WIB | dibaca : 74 | dibagikan :

Mengajarkan adab kepada anak sejak dini adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Namun, mendidik anak dengan adab dan akhlak yang baik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh para orang tua. Sebab, lingkungan bergaul anak juga akan mempengaruhi adab kesehariannya meskipun telah diajarkan adab yang baik kepada anak tersebut. Belajar adab untuk anak juga penting karena hal tersebut akan memperbaiki akhlak anak.

Banyak ulama telah membahas makna adab dalam pandangan Islam. Penanaman adab dan sopan-santun pada anak merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam karena merupakan bagian dari hukum syara.  Adab dan sopan-santun merupakan bagian dari akhlak Islam yang diperintahkan Rasulullah saw.

Rasululah s.a.w bersabda :

 (مانحلوالدولدهأفضلمنأدبحسن  ( رواهالتؤمذي 

 “ Tidak ada pemberian orang tua kepada anak yang lebih baik dari memberi adab yang baik.” ( HR. Tirmidzi )

Mengajarkan adab juga merupakan perintah langsung dari Nabi Saw. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Rasululah s.a.w bersabda :

 أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ

” Hormatilah anak-anak kalian dan perbaikilah adab-adab mereka. ” ( HR. Ibnu Majah )

Jadi setiap Muslim wajib menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia, baik dalam beribadah, bermuamalah dengan orang lain maupun dalam perilaku yang sifatnya pribadi sekalipun. Sebaliknya, syariah telah melarang kaum Muslim memiliki akhlak tercela. Maka dari itu, agar anak memiliki akhlak yang baik penting bagi orang tua untuk mengajarkan adab-adab kepada anak sejak dini. Berikut adalah cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan adab kepada anaknya, yaitu :

Belajar adab untuk anak
Love photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Belajar Adab Untuk Anak dengan Cara dari Orang Tua

 1. Belajar Adab untuk Anak dengan Orang Tua Sebagai Teladan

Orang tua adalah panutan dan teladan bagi setiap anaknya. Maka dari itu, penting untuk orang tua agar selalu menjaga adab yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Dan pastikan untuk selalu mengajarkan hal-hal baik yang tidak menyimpang dari agama Allah. Dengan demikian anak akan terbiasa dengan adab yang baik dan juga anak akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya pula.

Dan pastikan orang tua tanamkan akidah yang kuat pada anak sedini mungkin. Karena dengan akidah yang kokoh akan menanamkan keyakinan kepada anak, bahwa sebagai hamba Allah kita wajib tunduk dan patuh pada ketetapan-Nya.  Hanya Allah Yang patut diimani dan ditaati. Melalui pendekatan ini, akan tertanam sikap keikhlasan dalam diri anak untuk berlaku sopan dan menghiasi diri dengan adab yang baik semata-mata karena Allah SWT. Sikap ini juga akan memberi  pijakan dasar pada anak, jikalau anak terancam oleh lingkungan yang kurang baik.

Baca Juga:   Kreasi Boneka Wanita Dari Kertas Origami

2. Mulailah Dari Hal Sederhana

Untuk mengajarkan adab kepada anak sejak dini, sebaiknya orang tua bisa memulainya dengan hal yang sederhana yang selalu dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya hal yang paling sederhana, yaitu ajarkan anak untuk membiasakan makan menggunakan tangan kanan membaca doa sebelum dan sesudah makan, selalu harus bersikap jujur, memulai sesuatu dengan membaca bismillah dan lain sebagainya.

 3. Belajar Adab untuk Anak dengan Ikut Sertakan Anak Saat Beribadah

Pastikan untuk selalu mengajak anak disaat sedang melaksanakan ibadah. Contohnya disaat orang tua hendak ingin menunaikan shalat, ajak serta anak di tiap tahapnya diawali dengan berwudhu, melaksanakan shalat dengan berjamaah, atau bahkan sang ayah bisa ajak serta anak untuk shalat jamaah di masjid.

Dengan membiasakan anak untuk ikut serta orang tuanya dalam beribadah. Akan memudahkan anak untuk menanamkan nilai adab dalam dirinya, dan juga memudahkan anak untuk mengamalkan dan belajar agama.

 4. Ceritakan Kisah Rasulullah Saw

Cara yang mudah dan menyenangkan untuk mengajarkan adab kepada anak yaitu salah satunya dengan cara mengenalkan kepribadian dan sosok Rasulullah saw. Orang tua dapat ajarkan keteladanan Rasulullah kepada anak, supaya anak mengenal bagaimana sikap yang harus diteladani. Anak pun akan memiliki standar yang jelas terkait adab yang harus diikuti. Lebih dari itu akan lahir kecintaan anak kepada keagungan sosok Rasulullah Saw. Maka dengan begitu anak akan menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladannya dalam kehidupan.

Untuk mengenalkan sosok Rasulullah Saw, orang tua dapat menceritakan kepada anak melalui buku cerita atau dongeng bahkan juga dapat mengutip dari ayat yang ada dalam Alquran, atau aplikasi kisah para Nabi.

 5. Istiqomah

Untuk mengajarkan adab yang  baik untuk anak memang sangat dibutuhkan adanya sikap istiqomah dan konsisten dalam menjalankannya. Dengan orang tua yang juga selalu menjaga sikap istiqomah dalam beribadah dan sertakan anak juga. Maka akan dengan mudah sang anak mengerti tentang adab yang baik dan juga anak juga akan menerapkan hal serupa dalam kehidupan sehari-harinya.


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.