Pentingnya Lagu Anak di Tingkat TK dan PAUD – #SaveLaguAnak

Kamis, 21 September 2017 09:18 WIB | dibaca : 2355 | dibagikan :

Lagu anak-anak memang kaya akan manfaat. Tidak hanya berguna  untuk menghibur anak-anak, namun lagu anak-anak sudah menjadi bagian dari pendidikan anak usia dini di Negara kita. Coba bayangkan, bila di dalam dunia pendidikan anak usia dini dan Taman kanak-kanak tidak ada lagu anak-anak. Hmmm… Pasti suasana belajar menjadi kering. Lagu anak-anak memang sangat efektif dalam membangkitkan mood anak-anak dalam belajar dan bermain.

Saking bermanfaatnya lagu anak-anak dalam dunia pendidikan anak  usia dini,  banyak guru-guru yang menggubah lagu-lagu lain dan menjadikannya lagu yang memiliki unsur pendidikan. Seperti diungkapkan oleh Bunda Nonik, seorang pendidik PAUD,  PAUD tempat  beliau berkarya sangat  mengandalkan lagu-lagu anak sebagai media pengajaran. Bunda Nonik mengungkapkan bahwa lagu anak-anak di tempat beliau  berkarya tidak hanya dinyanyikan sebelum pelajaran dimulai, namun juga sebelum dimulainya sebuah kegiatan keagamaan. Lagu –lagu anak yang dinyanyikan tersebut menyesuaikan kegiatan keagamaan yang hendak dilakukan. Misalnya sebelum mengajar nama-nama Nabi, mengajar nama-nama  malaikat, selalu dimulai dengan menyanyikan lagu anak-anak yang sesuai dengan tema. Lalu sebelum melakukan kegiatan-kegiatan tertentu pun, selalu dimulai atau diakhiri  dengan lagu anak-anak. Misalnya sebelum dan sesudah makan siang,  gosok gigi, bermain, dan lain-lain. Bunda Nonik mengungkapkan  kalau  lagu anak-anak sangat efektif menarik minat anak-anak untuk  mau  belajar dan melakukan sesuatu.


baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”

3. Tips Memperagakan Gerak dan Lagu di PAUD


Namun dibalik semua  keunggulan lagu-lagu anak di dunia pendidikan anak  usia dini, ada beberapa orang tua yang tidak menyukai buah   hatinya terlalu  banyak bernyanyi di sekolah. Jadi buat para pendidik PAUD, bila anda merasa di sekolah anda terlalu banyak memberikan kegiatan bernyanyi, alangkah  lebih baik bila anda bisa memberikan  sesuai porsinya. Pendapat  Bunda Nonik perlu diperhatikan. Karena Bunda Nonik memang banyak menggunakan lagu-lagu anak dalam mengajar  anak didiknya, namun beliau  lebih melihat pada manfaatnya, tidak hanya memberikan lagu anak-anak sesuai kesenangan hatinya dan hanya bertujuan menyenangkan anak-anak. Bagaimana  pun kewajiban seorang  pendidik TK dan PAUD tidak hanya mengajar bernyanyi, namun mentransfer ilmu kepada anak didiknya, dan lagu  anak-anak adalah salah satu sarananya.

Baca Juga:   Mengenal Profesi Petani dan Aneka Tanaman Dengan Lagu Anak, "Petani"

Lalu yang tidak boleh dilupakan lagi, saat ini memang banyak pendidik PAUD menggunakan lagu-lagu  anak sebagai media pendidikan. Banyak pendidik PAUD menggunakan lagu-lagu anak terbaru dalam mengajar  anak didiknya. Tidak jarang  mereka menggunakan nada dari lagu-lagu  lain untuk diubah menjadi lagu yang  bermanfaat. Bila anda salah satunya, alangkah  lebih bijaksana buat anda untuk meminta izin terlebih dahulu pada penciptanya. Bila  tidak sempat meminta izin pada penciptanya, alangkah lebih bijaksananya kalau anda memperkenalkan pencipta lagu asli pada anak-anak didik anda. Mengapa? Supaya anda tidak dituduh (meski secara tidak langsung) mengajarkan penjiplakan atau  pelanggaran hak cipta lagu.

Namun daripada harus menggunakan lagu zaman dahulu atau plesetannya sebagai media pengajaran, lebih baik Anda mengajar dengan media lagu anak yang terbaru. Ada banyak kok koleksi lagu anak karya Kak Zepe yang bisa diunduh secara gratis melalui media aplikasi. Silakan download GRATIS aplikasi lagu anak karya Kak Zepe di bawah ini. Dijamin, semua tema pendidikan ada di dalam album lagu anak di bawah ini!

Beberapa lagu di atas bisa didapatkan dalam album lagu anak karya Kak Zepe di bawah ini. Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS. Untuk mendownloadnya silakan klik gambarnya:


Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – Karya Kak Zepebanner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paudKolak Kak Zepe Vol 2banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2Kolak Kak Zepe Vol 1banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1sumber gambar: kalamkudus.sch.id

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...