Peran Guru Dalam Mengajarkan Sifat Empati Kepada Siswa – Bagian 1

Rabu, 29 Juni 2016 23:51 WIB | dibaca : 3751 | dibagikan :

Rasa empati berhubungan dengan perasaan saat berada di posisi orang lain. Dengan rasa empati, seseorang akan lebih bisa bersikap halus pada sesama, peka pada perasaan sesama, dan peduli pada keadaan sesama. Rasa empati adalah bagian dari kecerdasan emosional, dan tentu saja kecerdasan ini akan menentukan kesuksesan anak dalam bersosialisasi dan dalam meraih prestasi.

Sebagai pendidik, tugas kita tidak hanya mengajar materi pelajaran kepada anak. Namun kita juga wajib membangun karakter anak. Membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang berempati adalah salah satu tugas guru. Inilah beberapa cara menumbuhkan sifat empati pada anak didik dari Kak Zepe:

  1. Mengajak siswa untuk melakukan kegiatan sosial

Kita bisa mengajak siswa mengunjungi panti jompo, panti asuhan, rumah singgah, dan lembaga sosial lainnya, atau kita bisa mengajaknya menjenguk teman yang sedang sakit. Kegiatan ini bisa menumbuhkan sifat anak agar peduli pada sesamanya, terutama mereka yang lemah dan membutuhkan perhatian. Saat di panti asuhan, berikan kesempatan kepada anak untuk memberikan barang-barang yang akan disumbangkan kepada anak-anak di panti asuhan. Ini akan menjadi suatu pengalaman yang luar biasa bagi mereka.

  1. Membiasakan anak untuk mengucapkan 3 kata ajaib dalam pergaulan

Apa saja 3 kata ajaib itu? Ada kata “maaf”, bila berbuat salah, ada kata “tolong”, saat membutuhkan bantuan, dan ada kata “terima kasih”, saat menerima bantuan. Mengajarkan anak untuk mengucapkan tiga kata itu dalam pergaulan sehari-hari, akan membentuk pribadi anak menjadi pribadi yang semakin berempati.

  1. Membacakan cerita moral

Pesan-pesan moral yang terkandung di dalam sebuah cerita bisa membangun rasa empati anak. Maka seorang guru harus memiliki perbendaharaan cerita yang banyak. Akan lebih baik bila cerita-cerita tersebut merupakan kisah nyata yang menceritakan seorang tokoh nyata tentang kepedulian-nya pada sesama, sehingga anak-anak akan semakin termotivasi untuk meneladaninya. (Download gratis cerita moral anak di PORTAL INI )

  1. Mengajak anak mengunjungi tempat wisata alam dan kebun binatang.
Baca Juga:   Tips Membangun Kedekatan Emosi Dengan Anak Usia Dini

Rasa empati tidak hanya ditujukan pada sesama manusia, namun juga seluruh ciptaan Tuhan, termasuk hewan dan tumbuhan. Untuk menumbuhkan rasa cinta pada alam semesta, kita bisa mengajak anak didik untuk mengunjungi tempat wisata alam atau kebun binatang. Ajarkan kepada anak-anak didik bahwa dengan merawat alam semesta, kita juga menunjukkan rasa cinta kita pada Sang Pencipta dan seluruh ciptaannya, terutama manusia. Bila manusia tidak menjaga alam semesta, bisa menimbulkan bencana alam yang nantinya juga merugikan manusia.

  1. Memberikan anak tugas piket

Memberikan anak tugas piket juga penting untuk menumbuhkan empati. Karena dengan membersihkan kelas, menghapus papan tulis, merapikan dekorasi kelas, secara tidak langsung kita mengajak anak untuk membuat suasana kelas lebih nyaman bagi diri sendiri dan teman-teman lainnya saat belajar di kelas.

Selain mengajarkan karakter berempati, tentu anak-anak juga perlu paham aneka karakter yang perlu mereka miliki. Apa saja itu? silakan baca:Karakter-karakter Yang Perlu Dimiliki Anak Usia Dini”

Bersambung ke : Peran Guru Dalam Mengajarkan Sifat Empati Kepada Siswa – Bagian 2

sumber gambar: insananandabangil.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...