Peran Guru Dalam Mengajarkan Sifat Empati Kepada Siswa – Bagian 2

Kamis, 30 Juni 2016 00:18 WIB | dibaca : 3362 | dibagikan :

Sikap empati yang baik bisa menumbuhkan hubungan sosial yang harmonis. Alangkah bahagianya orang tua yang memiliki banyak teman dan jarang bermasalah dengan temannya. Maka sifat empati ini sangat penting diajarkan kepada anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pendidik, kita bisa mengajarkannya di lingkungan sekolah. Berikut ini peran guru dalam mengajarkan sifat empat kepada siswa (bagian 2) menurut Kak Zepe:

  1. Mengajarkan anak mandiri dalam menyelesaikan konflik

Ada kalanya kita membantu anak yang sedang berkonflik dengan temannya. Namun ada kalanya juga kita membiarkan mereka untuk bisa mandiri dalam menyelesaikan konflik mereka. Dalam hal ini, kita bisa bertanya dengan kata yang lembut pada anak didik kita yang sedang bermasalah pada temannya, “Mau dibantu atau menyelesaikannya sendiri?” Bila mereka memilih untuk menyelesaikannya sendiri, kita bisa mengingatkan mereka agar menggunakan kata-kata yang baik dan sopan. (baca juga: Cara Menasihati Anak Usia Dini)

  1. Membiasakan anak bersikap sopan

Biasakan anak untuk saling memberi salam bila berpapasan, mengatakan permisi dan mengetuk pintu saat masuk ke ruang kelas yang tertutup, mengatakan permisi saat lewat diantara teman-temannya yang sedang duduk di lantai adalah contoh-contoh dari sikap sopan.

  1. Mengajarkan anak untuk berteman tanpa membeda-bedakan

Ajarkan pada anak didik tentang pentingnya berteman dengan tanpa memilih-milih. Pertemanan yang baik tidak memandang apakah dia kaya atau miskin, seorang pejabat atau orang biasa, dan tidak memandang apa agamanya atau sukunya.

  1. Aktivitas berkelompok

Aktivitas berkelompok bisa dilakukan bersama 3 siswa atau lebih, dan bisa juga dilakukan secara berpasangan. Aktivitas berkelompok bisa membuat anak mampu untuk mendengarkan orang lain, pentingnya bekerjasama, dan berani mengungkapkan pendapat demi kebaikan bersama. Ada kalanya anak-anak didik akan mengalami perbedaan pendapat di dalam kelompok, namun dari pengalaman itulah mereka juga akan belajar tentang pentingnya kerukunan.

  1. Menonton film tentang kepedulian pada sesama
Baca Juga:   Aneka Kreasi Dengan Pola Lingkaran Karya Kak Azure

Media youtube sering menjadi ajang para pendidik dalam menemukan video yang menyentuh. Dengan media film yang diiringi dengan musik yang indah, anak-anak akan menjadi mudah tersentuh saat menonton video itu, dan tentunya bisa menginspirasi anak untuk lebih peduli dan berempati pada sesamanya.

  1. Menjadi teladan yang baik dalam hal kepedulian pada sesama

Sosok guru adalah sosok yang hebat di mata anak-anak. Karena dari gurulah anak-anak mendapatkan banyak ilmu dan ajaran kebaikan. Akan lebih baik pula kita sebagai guru juga selalu menampakkan sifat empati kepada anak-anak didik dan sesama guru, dengan cara berperilaku yang baik, hati-hati dalam berkata-kata, dan selalu menunjukkan sifat “welas asih” kepada semua orang, mau mendengarkan segala keluhan anak didiknya, dan siap membantu siapa pun yang membutuhkan bantuan.

Indahnya dunia ini bila kita semua saling mengasihi. Damainya bumi ini bila kita saling peduli. Tiada yang berkekurangan, semua orang berkecukupan. Ubahlah dunia, mulai dari diri kita dan anak-anak didik kita. Mereka adalah penerus bangsa dan penerus cita-cita kita. Dunia yang penuh cinta. Semoga suatu saat menjadi nyata.

Sifat emapti anak perlu diajarkan sejak usia dini. Anda bisa mengajarkannya dengan media dongeng dan lagu anak. Silakan download GRATIS aplikasi edukatif di bawah ini untuk mendapatkannya:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayamBaca juga
Peran Guru Dalam Mengajarkan Sifat Empati Kepada Siswa– Bagian 1

sumber gambar: insananandabangil.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...