Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Senin, 10 Oktober 2016 23:32 WIB | dibaca : 2265 | dibagikan :

Salam cinta edukasi dan lagu anak….  Banyak orang tua terlalu mempercayakan segala urusan pendidikan pada sekolah atau guru. Mereka biasanya adalah orang tua yang berpikiran bahwa segala urusan pendidikan adalah tugas guru di sekolah. Sedangkan tugas orang tua adalah mencukupi kebutuhan anak secara finansial dan mendidik anak saat  berada di rumah. Melalui artikel ini, Kak Zepe hendak memberikan pandangan  kepada para pendidik di seluruh Indonesia akan pentingnya peran orang tua bagi pendidikan anak dan betapa pentingnya interaksi antara orang tua dan guru demi kesuksesan anak.

  1. Cepat dan tepat dalam menyalurkan bakat dan minat anak

Karena kesibukan yang sangat padat, kadang orang tua tidak begitu tau akan bakat dan minat anak. Melalui aktivitas-aktivitas di sekolah yang bervariasi, seorang guru juga bisa menjadi lebih tau akan bakat serta minat anak secara lebih mendalam. Nah… Bila ada komunikasi yang baik atara guru dan orang tua, orang tua akan semakin cepat mengarahkan anak dengan aktivitas yang bisa membantu perkembangan bakat yang sesuai dengan minatnya. (baca juga “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak” )

  1. Semakin cepat menangani permasalahan anak

Terkadang masalah-masalah yang berat bisa dialami anak. Masalah ini terkadang tidak nampak saat anak berada di rumah. Namun guru terkadang lebih peka akan hal ini. Apalagi bila terjadi perubahan yang signifikan saat anak berada di sekolah. Anak yang biasanya terlihat ceria, menjadi terlihat sedih. Anak yang biasanya sangat percaya diri berubah menjadi pemurung dan pemalu. Bila ada komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, tentu segala permasalahan yang dialami anak bisa cepat ditangani.

  1. Orang tua bisa menjadi media penyalur informasi kepada anak

Ada beberapa hal yang mungkin tidak bisa disampaikan guru secara langsung kepada anak. Apalagi bila hal ini berhubungan dengan dengan sesuatu yang sangat pribadi. Lebih lagi, bila hubungan antara guru dan anak didiknya belum begitu dekat, misalnya disebabkan karena sang anak merupakan siswa baru. Bila orang tua dan guru menjalin komunikasi yang baik, maka orang tua bisa menjadi penyalur informasi kepada sang anak, baik berupa nasihat atau saran yang berhubungan dengan kepribadian anak. Bisa juga seorang guru menitipkan pujian kepada orang tua karena suatu kebaikan yang dilakukan anak saat di sekolah. Dapat pujian di sekolah dan di rumah, pasti akan membuat anak menjadi lebih semangat dan percaya diri.

  1. Terjalin sinkronisasi penanganan kepada anak

Anak-anak masih membutuhkan banyak pengalaman dan pelajaran hidup untuk membentuk kepribadian yang baik. Bila ada jalinan komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, maka penanganan akan kesalahan yang dilakukan anak di sekolah maupun kelemahan yang dimiliki anak akan bisa cepat diatasi. Penanganan yang berkelanjutan dan tidak terputus akan membuat anak akan semakin cepat diubah dan dengan penanganan yang tepat.

Baca Juga:   Menanamkan Sikap Patuh Anak Dengan Kasih Sayang

Agar kedekatan orang tua dan anak terjalin dengan baik, tentu saja dibutuhkan kebersamaan yang intens. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan aktivitas secara bersama. Salah satu aktivitas yang paling menarik di zaman sekarang adalah dengan bermain game bersama. Anda bisa menjadikan game produksi dari Educa Studio sebagai media. Game ini berjudul :
– GAME KELUARGA: ULAR TANGGA
banner-ular-tangga

  1. Orang tua bisa menjadi mitra kerja guru

Namanya juga anak-anak, pasti masih sering lupa. Apalagi bila ada tugas dari sekolah atau pengumuman lainnya. Jangan sampai anak-anak lupa akan sesuatu dan orang tua nya pun tidak sempat mengingatkan. Komunikasi yang baik antara orang tua dan guru bisa mengatasi hal ini. Orang tua bisa bertanya kepada guru tentang  tugas-tugas apa saja yang perlu diselesaikan di rumah atau segala hal yang perlu disiapkan esok hari.

  1. Orang tua paham secara detail akan kesulitan pelajaran yang dialami anak

Materi-materi pelajaran yang baru terkadang membuat anak belum paham sepenuhnya. Dengan adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua, maka guru bisa memberikan penjelasan tentang materi pelajaran apa saja yang masih belum dikuasai anak secara lebih mendetail, sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa bisa cepat diatasi saat mereka di rumah dengan bantuan orang tua atau guru les.

Nah… Bagaimana dengan anda? Sudahkah menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua? Bila sudah, anda adalah guru sejati, yang tidak hanya peduli pada perkembangan inteligensi anak, namun juga perkembangan kepribadian anak didik anda. Kak Zepe berharap setelah membaca artikel ini, semua pendidik Indonesia akan semakin menyadari akan pentingnya hubungan yang baik  antara orang tua dan guru, sehingga anak Indonesia semakin cepat bertumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkarakter.

Orang tua memang sangat besar perannya dalam pendidikan anak di sekolah. Sebagai orang tua, Anda juga perlu mengajarkan anak tentang pendidikan karakter. Jangan hanya menyerahkan pengajaran tentang pendidikan karakter seratus persen pada sekolah. Anda bisa mengajarkan pendidikan karakter melalui media lagu dan dongeng anak.

Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsaSumber gambar: www.sote.qld.edu.au

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...