Ragam Acara Edukatif di “Hari Anak Nasional” – Bagian 1

Rabu, 20 Juli 2016 12:02 WIB | dibaca : 2004 | dibagikan :

Hari Anak Nasional akan diperingati tanggal 23 Agustus nanti. Pastinya sekolah-sekolah dan instansi pendidikan, khususnya yang mendidik anak-anak bangsa, sudah mempersiapkan berbagai acara yang menarik. Kalau sekolah anda belum ada ide, silakan pilih ragam kegiatan edukatif di bawah ini.

  • Jalan gembira

Di dalam acara ini, siswa diajak untuk mengenakan berbagai macam kostum bertema pekerjaan. Selama kegiatan, siswa akan didampingi oleh orang tua. Dengan adanya orang tua, maka orang tua bisa membantu bila ada permasalahan pada kostum yang dikenakan anak. Selain itu, orang tua juga akan diajak untuk lebih akrab dengan guru, karena dalam acara ini siswa akan berpartner dengan guru dalam menjaga keamanan dan ketertiban siswa. Jelaskan kepada siswa akan manfaat kegiatan ini dengan menjelaskan pentingnya jalan-jalan di pagi hari serta manfaatnya bagi lingkungan sekitar. Kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan peragaan busana. Dalam peragaan busana, saat siswa tampil di panggung guru akan menjelaskan tentang berbagai macam profesi sesuai dengan yang dikenakan oleh siswa. Siswa akan diajak untuk semakin mengenal berbagai macam profesi.

  • Pelatihan tentang menjaga kebersihan diri sendiri

Pelatihan ini bisa diadakan di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini bisa diawali dengan menonton film tentang pentingnya menggosok gigi, manfaat mandi, dan manfaat cuci tangan sebelum makan. Dengan menonton film, anak-anak akan tau gambaran mengenai bahaya kuman dan bibit penyakit yang disebabkan karena kurang peduli pada kesehatan diri, misalnya akibat malas sikat gigi, akibat malas mandi, dan akibat malas cuci tangan. Setelah itu, kegiatan bisa dilanjutkan dengan cara memperagakan cara mandi, sikat gigi, dan cuci tangan yang baik. Karena terkadang anak-anak masih belum tau cara melakukannya dengan baik, sehingga masih ada kotoran atau kuman yang tersisa di bagian tubuh tertentu. Setelah itu, guru memberikan soal tanya jawab interaktif mengenai manfaat sikat gigi, akibat malas sikat gigi, atau berapa kali kita harus melakukan sikat gigi. Sediakan hadiah-hadiah menarik agar siswa bisa terlibat lebih aktif.

  • Gerakan cinta lingkungan alam
Baca Juga:   Akses Internet Untuk Pembelajaran di Kelas, Penting!

Aktivitas ini dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta anak pada alam sekitar atau cara memelihara keindahan lingkungan. Tempat yang dipilih adalah daerah-daerah alami. Guru perlu menyiapkan berbagai macam bibit tanaman atau pohon cilik. Jangan lupa untuk meminta izin kepada pemerintah daerah setempat, supaya beliau bisa mengarahkan daerah mana yang membutuhkan penghijauan.  Anak-anak akan diajak untuk menikmati keindahan alam dan menghijaukan hutan atau daerah alami yang menjadi tempat melakukan aktivitas ini.

  • Lomba Peragaan Busana dari Bahan Bekas

Pertama-tama, guru memberikan surat kepada orang tua agar orang tua membuatkan pakaian dari barang bekas. Barang bekas yang dipakai sebagai pembuatan baju bisa berupa bungkus mie instant, bungkus permen, bungkus cokelat, dan lainnya. Orang tua membuatkan pakaian itu di rumah, sehingga mereka bisa berkreasi untuk menghasilkan karya yang terbaik. Pakaian yang dibuat bisa terbuat dari 100 persen bahan bekas atau bahan bekasnya hanya dipakai sebagai bahan dekorasi baju pakaian yang sudah jadi. Setelah itu, pada puncak acara anak-anak akan melakukan peragaan busana dengan mengenakan pakaian yang dibuat oleh orang tua mereka. Acara ini bermanfaat untuk menumbuhkan kecintaan anak pada alam sekitar dan memahami cara menggunakan barang bekas sebagai barang lainnya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. (baca Juga: Kumpulan Lomba Anak dan Manfaat Edukatifnya)

Baca juga artikel selengkapnya dengan klik:
Ragam Acara Edukatif di “Hari Anak Nasional ” – Bagian 2

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...