Rekomendasi platform belajar online

Rekomendasi Platform Belajar Online Untuk Anak

Kamis, 19 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 166 | dibagikan :

Karena sedang maraknya wabah covid-19 atau yang sering disebut dengan virus corona yang juga melanda di indonesia. Sehingga pemerintah setempat mencoba untuk melakukan tindakan berupa social distancing untuk peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan covid-19. Belajar di rumah menjadi salah satu pilihan yang bisa diterapkan saat ini. Berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendasi platform belajar online untuk anak yang dapat diakses dengan mudah.

Dengan adanya social distancing ini beberapa kegiatan belajar para siswa dirumahkan. Mulai dari pendidikan usia dini TK, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi negeri maupun swasta sampai waktu yang telah ditentukan. Dengan kegiatan sekolah yang diliburkan tersebut, bukan berarti para siswa dibebaskan begitu saja. Para siswa tetap dihimbau untuk belajar mandiri dirumah masing – masing.

Nah, untuk para moms dan orang tua lainnya yang mengkhawatirkan bagai mana jika anak akan tertinggal materi pembelajarannya. Bahkan apakah anak akan bisa belajar mandiri dirumah. Maka dari itu penting bagi para moms dan orang tua lainnya untuk mengenal apa itu E-Learning sebagai media tambahan pembelajaran untuk anak secara mandiri yang dengan mudah diakses melalui internet dan juga dari gadget.

Apa Itu E-Learning ?

Electronic Learning atau yang sering disebut dengan , E-Learning yaitu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan suatu teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Mengutip dari wikipedia E-Learning juga dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan dalam bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja. Lalu, apa sih manfaatnya E-Learning untuk anak. Berikut adalah manfaat dari E-Learning beserta dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya, yaitu :

Manfaat  Dari E-Learning

  • Memberikan fleksibilitas dalam pemilihan waktu dan tempat untuk mengakses.
  • Memberi kesempatan bagi pembelajar untuk belajar secara mandiri dan memegang kendali atas keberhasilan belajar.
  • Dapat meningkatkan partisipasi aktif dari pembelajar.
  • Dapat meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dan perangkat teknologi informasi. Dimana dengan perangkat biasa sulit untuk dilakukan.

Kelebihan Dari E-Learning

  • Lebih mudah untuk diserap karena penggunaan fasilitas multimedia ini berupa gambar, teks, animasi, suara dan juga video.
  • Untuk biayanya lebih efektif, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja dan kapan saja.
  • Pembelajaran akan jauh lebih ringkas, tidak memerlukan formalitas kelas. Langsung pada pokok pembahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
  • Tersedia dalam jangka waktu panjang yaitu, dapat diakses selama 24 jam disetiap harinya. Artinya penguasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap pembelajar yang bisa dimonitor dan diuji dengan adanya e-test.
Baca Juga:   Belajar Materi PAUD Lengkap Dengan Marbel Preschool

Kekurangan Dari E-Learning

  • Kurang adanya interaksi antara pengajar dan pembelajar, atau bahkan antar sesama pelajar itu sendiri.
  • Kecenderungan mengabaikan aspek akademik maupun sosial. Sehingga menimbulkan adanya aspek bisnis atau komersial.
  • Dalam proses pembelajaran akan cenderung kearah pelatihan ketimbang pendidikan.
  • Kurangnya akses internet ditempat yang tidak memiliki akses internet seperti daerah yang terpencil.
Rekomendasi platform belajar online
People photo created by freepik – www.freepik.com

Rekomendasi Platform Belajar Online Untuk Anak

Nah, untuk moms kini tak perlu khawatir lagi bagai mana anak bisa menggunakan E-Learning dalam pembelajaran tambahan untuk anak. Berikut adalah beberapa rekomendasi platform belajar online untuk anak agar memudahkan anak belajar meski berada dirumah.

1. Game Lab Indonesia

Game Lab Indonesia Merupakan Sebuah Platform yang memungkinkan  untuk mendapatkan berbagai informasi terkait pada peningkatan skill pengembangan game. Game Lab Indonesia Sendiri didukung penuh oleh Educa Studio yang merupakan sebuah Studio Game yang berada di Salatiga. Game Lab Indonesia merupakan salah satu platfrom yang memiliki fitur paling lengkap. Selain itu Game Lab Indonesia juga menyediakan magang secara online. Juga tidak membatasi siapapun untuk magang di tempat tersebut baik itu dosen, mahasiswa, pelajar bahkan umum.

2. Ruangguru

Ruangguru kini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

 3. Quipper

Quipper merupakan salah satu aplikasi belajar online Android yang berbayar. Kamu dapat mempelajari berbagai mata pelajaran secara online maupun offline dengan aplikasi ini. Fitur yang diberikan oleh Quipper terbilang cukup lengkap. Materi yang tersedia disesuaikan dengan kurikulum yang sedang diterapkan oleh pemerintah.

 4.Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.