Semangati Anak Saat Belajar Di Sekolah Dengan Lagu Anak

Kamis, 28 September 2017 07:25 WIB | dibaca : 6202 | dibagikan :

Sebagai guru, saya sering menjumpai anak-anak didik saya terlihat kurang bersemangat. Apalagi kalau saya mengajar pada jam pertama, apalagi kalau hari itu adalah hari Senin. Hari di mana anak-anak biasanya pada hari Minggu menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada yang terlihat malas, ada yang terlihat ngantuk, ada yang terlihat capek, ada yang terlihat masih ingin bermain, dan masih banyak lagi perasaan-perasaan bawaan dari rumah tiap siswa. Di sinilah lagu anak bisa menjadi solusi.

Sebagai orang dewasa, kita sendiri tentu akan menjadi lebih semangat saat mendengarkan musik ber-beat cepat kan? Secara tidak sadar kita akan ikut bernyanyi atau bersenandung, mengangguk-anggukan kepala, dan menggoyangkan anggota tubuh kita lainnya. Begitu pula dengan anak-anak. Dengan lagu anak, kita bisa mengubah “mood” anak.

Dengan memberikan lagu anak yang ber-beat cepat, kita bisa membuat anak menjadi semakin bersemangat. Akan lebih baik lagi kalau lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan menggunakan gerakan. Dan akan lebih baik lagi juga, kalau kita memberikan mereka lagu yang bertemakan materi yang akan kita ajarkan. Karena dengan lagu anak, anak-anak bisa memahami materi apa yang akan mereka terima hari itu dengan lebih cepat dan lebih mudah. Luar biasa bukan? Lagu Anak memang keren! Membuat suasana belajar mengajar, jadi lebih hidup.

Lagu-lagu anak yang bertempo cepat, berlirik tema kebahagiaan, plus disertai dengan tepuk tangan, dan gerakan, biasanya sangat cocok untuk membangkitkan semangat anak. Lagu-lagu berciri-ciri tersebut biasa juga saya gunakan sebagai sarana pengakraban di saat saya mengajar anak-anak didik yang baru. Lagu-lagu tersebut biasa disebut sebagai lagu “coffee break“.

Pokoknya lagu anak itu keren dan kaya akan manfaat deh. Bila anda orang tua yang baik, saya sarankan untuk menyekolahkan buah hati anda yang menggunakan lagu anak sebagai media pengajaran. Karena anak-anak akan merasa nyaman dan bahagia dengan lagu anak. Kalau mereka sudah nyaman dan bahagia di dalam kelas, maka materi pelajaran yang diajarkan pun akan lebih mudah terserap di otak anak-anak.


baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”

3. Tips Memperagakan Gerak dan Lagu PAUD


Memotivasi anak dengan lagu anak tidak hanya dilakukan dengan cara memperdengarkan anak dengan lagu ber-beat cepat. Makna lirik yang terdapat di dalam lagu anak juga sangat bermanfaat. Lirik lagu yang edukatif atau yang sarat akan pesan-pesan moral akan sangat berguna dalam memberikan “gizi” bagi rohani anak. Itulah kenapa, kita harus memilihkan anak lagu-lagu yang memiliki pesan yang positif, atau bukan yang menggambarkan kesedihan, keputusasaan, apalagi patah hati (kalau yang ini pasti bukan lagu anak), namun lagu-lagu yang memberikan pesan semangat untuk belajar, tidak mudah menyerah, dan kebahagiaan.

Sebagai orang dewasa pun, saya masih sering mendengarkan lagu anak. Banyak lagu-lagu anak yang memberikan pesan positif, yaitu tentang kebaikan, cinta alam, persahabatan, dan tema-tema lainnya. Sebagai guru, lagu-lagu tersebut biasanya juga saya jadikan perbendaharaan lagu saya sebagai media di saat mengajar anak-anak didik saya. Selain itu, lagu-lagu anak juga sangat cepat membangkitkan semangat saya, terutama di pagi hari. Setiap pagi, apalagi bila saya lagi males-malesnya, saya akan memutarkan lagu anak buat saya sendiri. Biasanya setelah mendengarkan 2-3 lagu, apalagi sambil menari-nari, saya menjadi lebih bersemangat. Sebagai seorang calon ayah dari anak saya pun, lagu anak sangat penting bagi saya. Yaitu supaya saya bisa menjadi teladan pencinta lagu anak bagi buah hati saya kelak.

Anak-anak adalah peniru ulung. Bila saat di rumah anak-anak lebih sering disuguhi lagu-lagu dewasa, tentu saja mereka akan sulit menyukai lagu anak. Sebagai orang dewasa, apalagi orang tua dan pendidik, kita harus peduli akan perkembangan anak. Putar lagu anak saat ada di rumah. Bila sulit menemukan acara yang menyuguhkan lagu anak, Anda bisa mendownload secara gratis lagu anak produksi Educa Studio yang dimotori oleh Kak Andi Taru. Kak Andi Taru berkolaburasi dengan Kak Zepe, sebagai pencipta lagu anak, telah merilis 3 album lagu anak yang memiliki muatan edukatif. Silakan download GRATIS 3 Album lagu ini melalui Google Playstore:

Dijamin, semua tema pendidikan ada di dalam album lagu anak di bawah ini!

Silakan download dengan klik “LAGU ANAK TK DAN PAUD – LENGKAP” atau klik gambar di bawah ini:banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Album Kak Zepe lainnya bisa di download dengan klik gambar di bawah ini:
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 1

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 2

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2sumber gambar: youtube.com

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...