Sudah Aman dan Sehatkah Toilet Sekolah Anak Anda?

Kamis, 1 September 2016 19:16 WIB | dibaca : 396 | dibagikan :

Anak-anak sangat rentan diserang oleh bibit penyakit. Dan biasanya bibit penyakit bisa tumbuh subur di tempat-tempat yang kotor. Salah satu ruangan yang memungkinkan bibit kuman bisa tumbuh dengan subur adalah toilet. Sebagai orang tua, anda perlu mengecek toilet tempat buah hati anda bersekolah. Bagaimana pun, buah hati anda mau tidak mau akan memakai toilet tersebut.  Toilet tidak saja perlu diperhatikan dari segi kebersihan dan kesehatannya saja, namun juga dari segi keamanan. Sudah aman dan sehatkah toilet sekolah buah hati anda? Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan kebersihan dan keamanan sebuah toilet sekolah.

  1. Petugas kebersihan

Keberadaan petugas kebersihan yang secara rutin membersihkan toilet sangatlah penting. Tidak jarang anak-anak kurang bisa melakukan pembuangan air dengan baik, sehingga bisa meluber kemana-mana. Kehadiran petugas kebersihan akan membantu menjaga kebersihan toilet dan bila ada siswa yang mengalami kesulitan, misalnya air macet, kehabisan tisu, akan cepat diatasi.

  1. Posisi dan tata ruang toilet

Toilet anak-anak dan toilet dewasa haruslah terpisah atau sendiri-sendiri. Pintu toilet anak pun tidak perlu terlalu tinggi, cukup setengah badan orang dewasa. Hal ini sangat penting agar keberadaan anak di sebuah toilet akan mudah diawasi oleh guru. Keberadaan toilet pun tidak perlu dipertimbangkan, yaitu tidak boleh terlalu jauh dari pengawasan. Toilet anak-anak harus berada di tempat yang sering dilewati orang, sehingga bila terjadi sesuatu, akan cepat dilakukan pertolongan.

  1. Sarana pembersih

Sarana pembersih (misalnya sabun cari) dan tisu perlu ada di dalam toilet. Sehingga anak-anak tidak terbiasa mengeringkan tangan dengan celana atau baju mereka. Bila anak-anak sedang ingusan, mereka pun bisa membersihkan ingus mereka secara mandiri dan mencuci tangan mereka sendiri. Tidak lupa juga perlu disediakan tempat sampah, agar anak-anak bisa membuang sampah atau tisu bekas pada tempatnya, sehingga ruangan akan tetap bersih.

  1. Sistem Pencahayaan yang baik
Baca Juga:   Melatih Anak Berwirausaha Sejak Dini

Sistem pencahayaan yang baik akan membuat ruangan menjadi mudah kering dan tidak lembab. Karena bila ruangan menjadi lembab, maka akan mempercepat tumbuhnya lumut dan jamur. Selain itu, pencahayaan yang baik juga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Bila ada bau tak sedap, maka bau itu pun akan cepat hilang.

  1. Perhatian guru

Untuk usia PAUD, anak-anak didiknya terkadang masih mengalami kesulitan dalam membuka celana atau membuka kancing. Guru yang perhatian dan siap membantu sangat dibutuhkan agar anak-anak dapat mendapatkan pertolongan dengan cepat.

Demikian tips dari Kak Zepe, tentang panduan memilih sekolah dengan toilet yang sehat. Semoga berguna agar orang tua merasa lebih nyaman saat menitipkan anak-anaknya menuntut ilmu di PAUD. Agar anak-anak semakin mengenal kebersihan, kita bisa mengajak anak membuat “Kreasi Berbentuk Alat Kebersihan”

sumber gambar: reference.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...