Syarat kartu prakerja

Syarat Kartu Prakerja Dan Cara Pendaftarannya

Rabu, 15 April 2020 12:00 WIB | dibaca : 212 | dibagikan :

Pemerintah kini telah resmi meluncurkan program “Kartu Prakerja” pada 11 April 2020. Seperti yang sudah diketahui, program kartu pra kerja merupakan salah satu stimulus untuk membantu masyarakat. Dalam menghadapi pandemi virus Corona atau covid-19. Simak apa itu kartu prakerja, syarat kartu prakerja dan cara pendaftarannya pada artikel ini.

Apa itu kartu Prakerja ?

Seperti yang ditulis situs resmi www.prakerja.go.id Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Yang mereka percayai bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Kartu pra kerja didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Pendaftaran kartu pra kerja untuk gelombang pertamanya, akan dibuka saat program pertama kali meluncur hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB. Untuk pengumuman peserta yang ikut program Kartu pra kerja akan diumumkan pada Jumat, 17 April 2020. Total peserta yang akan direkrut 164 ribu peserta. Lalu apa saja persyaratannya untuk mendapatkan kartu prakerja dan bagaimana cara mendaftarnya ? Berikut adalah persyaratan untuk mendapatkan kartu pra kerja dan juga cara mendaftarnya.

Syarat Kartu Prakerja

Syarat peserta Kartu Prakerja adalah WNI usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak. Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja.

Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak covid-19.

Syarat kartu prakerja
Photo by Freepik.com

Cara Daftar dan Program Kartu Prakerja

Langkah 1 ( Pendaftaran )

Langkah pertama untuk mendaftar kartu pra kerja adalah dengan memasuki webset www.prakerja.go.id. Lalu pilih menu daftar sekarang dan daftarkan data diri anda, ikuti petunjuk yang ada. Pastikan juga bahwa anda adalah :

  • WNI
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal.
Baca Juga:   Langkah-langkah Mendamaikan Siswa Yang Berkonflik – Bagian 1

Setelah selesai mengisi data diri, maka data anda akan diverifikasi. Dan anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui sms dan anda sudah bisa mengakses akun milik anda.

Langkah 2 ( Seleksi )

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Dan hasil tes akan dievaluasi oleh Prakerja.

Langkah 3 ( Pilih Pelatihan )

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan. Setelah tes dan data anda dievaluasi. Anda dapat memilih pelatihan yang ingin diikuti. Pastikan anda mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Langkah 4 ( Ikut Pelatihan )

Selesaikan pelatihan online dan dapatkan sertifikat elektronik.

Langkah 5 ( Beri Ulasan dan Rating )

Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang diikuti.

Langkah 6 ( Insentif Pasca Pelatihan )

Dapatkan insentif sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.

Langkah 7 ( Insentif Pasca Kebekerjaan )

Isi 3 survey yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif sebesar Rp 50.000 untuk setiap surveynya.

Manfaat dari Kartu Prakerja

Dilansir situs web Prakerja, manfaat dari Kartu Prakerja yakni setiap peserta akan mendapat uang senilai Rp 3.550.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000
  • Insentif setelah pelatihan sebesar Rp 600.000/bulan (untuk 4 bulan)
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000/survei (3 kali survei) atau total Rp 150.000/peserta.

Bantuan untuk pelatihan akan diberikan secara non-tunai. Sementara itu, insentif akan diberikan dengan cara ditransfer ke rekening bank kamu atau e-wallet. Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank yang telah didaftarkan di akun www.prakerja.go.id.


Sumber referensi :

Marbel Belajar Profesi
Marbel Belajar Profesi
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.