tanda anak cerdas

Tanda Anak Cerdas Yang Perlu Diketahui Orangtua

Sabtu, 2 Mei 2020 08:00 WIB | dibaca : 42 | dibagikan :

Memiliki anak yang cerdas di atas rata-rata adalah impian setiap orangtua. Namun, perlu di ingat lagi bahwa tingkat kecerdasan setiap anak sangatlah berbeda. Jangan pernah sesekali untuk membanding-bandingan sang anak degan anak yang lain yang lebih cerdas. Sebab itu akan menjadikannya anak yang kurang percaya diri. Anak yang cerdas biasanya sudah menunjukan tandanya bahwa ia cerdas sejak usia dini, dan hal itu perlu diketahui oleh orangtua agar dapat menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak sesuai minatnya. Apa sajakah tandanya ? Berikut adalah tanda anak cerdas yang perlu diketahui orangtua.

Tanda Anak Cerdas

Biasanya anak dapat dikatakan cerdas ketika ia telah memasuki usia sekolah. Meskipun demikian, ada beberapa tanda yang dapat orangtua ketahui, apakah anak moms termasuk anak yang cerdas ?

 1. Anak Melewati Tahap Tumbuh Kembang Lebih Cepat

Anak yang cerdas akan menunjukan tandanya sejak dini, bahkan saat ia masih bayi. Untuk anak yang cerdas biasaya akan melewati tahapan tumbuh kembang yang lebih cepat, di bandingkan anak yang seumuran dengannya.

Moms pasti tahu bahwa milestone bayi adalah cara yang signifikan untuk mengatakan jika bayi berada di jalur dengan pertumbuhan fisik, kognitif dan emosional mereka. Namun, jika bayi Mama mencapai tonggak ini lebih awal dari teman sebayanya, maka ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa ia adalah anak yang cerdas.

2. Anak Memiliki Daya Ingat Yang Kuat

Anak yang cerdas biasanya cenderung memiliki ingatan yang kuat terhadap berbagai macam informasi yang pernah dilihat maupun didengarnya. Dengan daya ingat yang baik ini nantinya akan membantu anak untuk lebih mudah memahami dan menangkap pelajaran saat di sekolah. Selain itu daya ingat juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian anak.

3. Anak Memiliki Kosakata Tinggi

Jika moms dan orangtua lainnya mendapati sang anak dapat berkomunikasi dengan pilihan kosakata yang banyak bahkan teratur, itu adalah pertanda bahwa anak tergolong anak yang cerdas bahkan bisa termasuk memiliki IQ yang tinggi.

Baca Juga:   Perhatikan Hal-hal Ini Bila Anda Adalah Orang Tua Yang Sibuk Bekerja
tanda anak cerdas
School photo created by nensuria – www.freepik.com

4. Anak Cenderung Banyak Bicara Dan Suka Mengoceh

Anak yang suka berbicara bahkan suka mengoceh sejak usia dini, dapat menjadi tanda bahwa anak lebih unggul dalam hal kecerdasan. Karena penggunaan bahasa yang produktif sejak usia dini, hanya terjadi kepada anak-anak yang istimewa dengan kecerdasan di atas rata-rata menurut Davidson Institute.

5. Anak Lebih Kreatif Dan Memiliki Imajinasi Yang Tinggi

Salah satu tanda bahwa anak cerdas yaitu dengan anak sangat kreatif dan memiliki daya imajinasinya yang berbeda dibandingkan anak lainnya. Imajinasinya tersebut biasanya tertuang dalam bentuk kreasi, seperti gambar, tulisan atau susunan balok. Setiap kreasi yang diciptakannya memiliki makna dan anak pintar biasanya dapat menerjemahkan imajinasinya tersebut melalui rangkaian kata dan bahasa tubuh.

6. Anak Sangat Aktif

Anak yang cerdas biasanya sangat aktif, seperti tidak ada lelahnya. Anak yang aktif memiliki fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik. Dan itu berbeda dengan anak yang hiperaktif. Karena anak hiperaktif biasanya tidak fokus, tidak bisa diam, tidak sabar, dan cenderung agresif.

7. Anak Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Anak yang cerdas umumnya memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar dibanding dengan anak lainnya. Maka jangan heran ya moms jika mendapati anak sering bertanya. Dan anak bahkan kemungkinan akan lebih sering untuk membongkar mainan atau membuat rumah berantakan. Karena tingkah lakunya tersebut dilakukan untuk mencari jawaban atas rasa penasarannya.

8. Anak Akan Berpikir Cepat

Anak cerdas akan memahami penjelasan yang diberikan tentu saja menjadi tanda yang paling mudah di deteksi untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Anak cerdas memiliki kemampuan berpikir yang cepat, dan kemampuan menganalisa suatu kasus dengan baik dan tentu saja daya ingat yang tinggi.


Sumber referensi :

Marbel Belajar Profesi
Marbel Belajar Profesi
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.