sasasew

Tangram, Permainan Edukatif Penunjang Kecerdasan Majemuk Anak

Jumat, 17 November 2017, 10:15 WIB | dibaca 303 kali | dibagikan kali

Di bidang Matematika, dikenal sebuah permainan lama dan cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas. Permainan ini bernama Tangram. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram, yang artinya tujuh keping ajaib. Di dunia modern, permainan ini dikenal dengan istilah puzzle China.  Berikut ini adalah beberapa model tangram yang sudah banyak beredar di toko-toko yang menjual alat peraga edukatif.

tangram

Permainan tangram terdiri dari aneka bentuk geometri, misalnya bujur sangkar, persegi panjang, segi tiga, bujur sangkar, dan aneka bentuk geometri lainnya. Biasanya bentuk-bentuk benda dalam permainan ini terdiri atas beraneka ragam warna. Apa saja manfaat permainan ini bagi perkembangan anak?

Aspek kognitif

Bila ditinjau dari segi kognitif, permainan ini berguna sebagai media belajar pengenalan bentuk benda, warna benda, dan pengenalan benda-benda di sekitar. Tangram memang harus terdiri dari beraneka warna dan  bentuk, agar manfaatnya bisa maksimal bila dimainkan oleh anak-anak usia dini. Selain itu, anak-anak bisa membentuk beraneka benda dengan permainan ini. Hal ini bisa membantu anak dalam menghafalkan aneka benda di sekitar.

Aspek Bahasa

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, aneka bentuk geometri dalam permainan tangram bisa dirangkai sehingga membentuk suatu benda. Melalui aktivitas ini, tangram berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak. Agar manfaat ini bisa benar-benar bisa maksimal, tangram harus dimainkan bersama orang tua, guru, atau orang yang bisa membimbing anak. Karena dengan merangkai aneka bentuk geometri menjadi benda yang lain, anak-anak bisa menebak bentuk benda yang telah dirangkai, misalnya bentuk katak, ikan, rumah, dan lainnya. Dengan menebak aneka bentuk benda tersebut, anak-anak belajar tentang aneka kosakata yang baru. Bila anak-anak tidak paham tentang bentuk benda yang dibentuk, orang tua atau pendidik bisa menjelaskan  bentuk tersebut, sehingga anak-anak akan mendapatkan aneka kosakata dan pengetahuan yang baru.

Aspek karakter

Tidak seperti permainan bola basket. Dalam permainan bola basket, anak-anak harus memaksimalkan semua tenaga. Tangram tidak membutuhkan banyak energi. Yang dibutuhkan oleh pemain tangram adalah kecerdasan dalam mengontrol energi. Karena bila terlalu banyak bergerak, maka anak akan lebih sulit menyelesaikan permainan ini. Anak-anak juga membutuhkan fokus yang tinggi agar bisa memainkan permainan ini. Jadi karakter yang terbentuk pada diri anak-anak saat memainkan permainan ini adalah ketelitian, kesabaran, dan sikap pantang menyerah.

Aspek motorik

Saat memainkan permainan ini, jemari anak akan lebih banyak bekerja secara halus. Permainan ini juga membutuhkan tingkat kesabaran dan ketelitian yang tinggi, maka permainan ini bisa digolongkan sebagai permainan yang berguna untuk mengembangkan motorik halus anak.

Daya imajinasi

Beberapa permainan tangram mengajak anak untuk membuat suatu benda dengan cara merangkai kepingan-kepingan balok berbentuk lingkaran, segi panjang, persegi dan lainnya. Misalnya anak-anak bisa membuat seekor ikan dengan cara merangkai  1 buah persegi, 2 segitiga kecil, dan lainnya. Kemampuan imajinasi anak akan sangat berguna dalam membayangakn aneka benda yang bisa dibentuk dengan kepingan-kepingan berbentuk geometri tersebut. Perkembangan daya imajinasi anak juga bisa meningkatkan kreatifitas anak.

Baca juga: “Aneka Teknik Seni Rupa Stimulan Daya Imajinasi Anak PAUD”

Aspek sosial

Karena permainan ini bisa dimainkan oleh beberapa pemain, maka permainan ini sangat berguna untuk mengembangkan ketrampilan anak dalam berteman, bergaul, dan lainnya. Aspek sosial anak bisa terlatih dengan cara memainkan permainan ini dengan cara bermain bersama dengan teman-teman di sekitar rumah maupun di sekolah.

Aspek fisik

Aktivitas ini juga merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan, karena anak-anak akan aktif bergerak saat memainkan permainan ini. Tangram bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang tua dan guru untuk diberikan kepada anak-anak agar mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Bagaimana pun, permainan ini bisa menjadi permainan yang baik bagi perkembangan kecerdasan majemuk anak. Permainan ini wajib disediakan bagi anak-anak, khususnya sebagai media bermain di rumah dan di sekolah.

Ayo download MARBEL TANGRAM yang telah dirilis oleh Educa Studio

banner-marbel-tangram-puzzle-asah-otak

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...