tehnik-mewarnai-dengan-pasir

Tehnik (Kolase) Mewarnai dengan Media Pasir

Jumat, 9 Desember 2016 04:31 WIB | dibaca : 9946 | dibagikan :

pasri-warna-lagu-kak-zepe-kreasi-guru-pendidikan-anak-paudAlam menyediakan banyak media yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu karya. Salah satunya adalah media pasir. Pasir tidak hanya bisa digunakan untuk membangun rumah, namun bisa juga digunakan untuk membuat suatu karya seni yang indah. Salah satunya adalah menggunakan pasir sebagai media mewarnai.

Penggunaan pasir sebagai media warna termasuk dalam tehnik kolase. Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, pasir dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan.
Kak Rina Muchtar, seorang pendidik PAUD di kota Nabine, Papua, telah membagikan pengalaman dan ilmunya saat mempraktekkan pembuatan kreasi mewarnai bentuk gajah dengan media pasir. Beliau dengan baik hati memberikan petunjuk kepada pendidik lain yang bertanya tentang proses pembuatan kreasi ini. Kreasi ini pernah dibagikan di FORUM TK DAN PAUD. FORUM TK DAN PAUD adalah sebuah forum pendidikan yang anggotanya adalah para pendidik dari seluruh Indonesia. Anggota dari forum ini sudah mencapai 92.000-an dan terus bertambah setiap harinya. Setiap hari anggota forum ini bertambah lebih dari 50-an anggota, sehingga bisa menjadi sarana yang pas untuk bersilaturahmi.

Oke kita kembali kepada kreasi yang kita bahas…
Coba perhatikan gambar di atas. Selain pasir, kira-kira bahan apa lagi yang diperlukan? Bahan lainnya kertas bergambar dan lem. Lem berfungsi sebagai perekat, supaya pasir yang ditaburkan pada gambar bisa langsung melekat.

Cara kerjanya cukup mudah. Sediakan sebuah gambar hitam putih, seperti gambar gajah di atas. Lalu kita olesi bagian-bagian yang akan diberi warna dengan menggunakan lem. Setelah itu, kita bisa menempeli gambar dengan pasir, sehingga bagian-bagian yang perlu diberi warna terisi penuh dengan warna.

pasri-warna-lagu-kak-zepe-kreasi-guru-pendidikan-anak-2

Sebenarnya kreasi mewarnai dengan bahan pasir bukanlah sesuatu yang asing. Karena banyak produk pasir warna sudah disediakan di toko-toko. Bahkan produk tersebut sudah sepaket dengan gambar dan terkadang sudah disertai dengan cara kerjanya. Namun Kak Zepe dan tim Dunia Belajar Anak tetap berterima kasih kepada Kak Rini, yang telah membagikan karyanya. Karena dengan pengalamannya, beliau bersedia berbagi, sehingga tehnik mewarnai dengan media pasir semakin banyak yang tau dan bisa mempraktekkannya saat mendidik anak usia dini.

pasri-warna-lagu-kak-zepe-kreasi-guru-pendidikan-anak-paud

Apakah Anda berminat untuk membuar pasir warna sendir? Yuk ikuti tutorialnya lewat video di bawah ini:

Agar anak-anak semakin cerdas dalam mengenal aneka warna kita Anda bisa mengajaknya belajar dengan media permainan. Di Era digital, anak-anak gemar bermain dengan perangkat komunikasi gadget. Anda bisa mendownload permainan pengenalan warna di Google Playstore. Silakan download permainan ini secara GRATIS.

Dapatkan aneka tutorial aktivitas anak lainnya di portal ini. Semua sudah dirangkum di dalam “Aneka Aktivitas Menarik Anak Tematik”

Tingkatkan juga daya kreatif dan imajinasi anak dengan game edukatif. Silakan download aplikasi di bawah ini:
– Marbel Pemadam Kebakaranbanner-marbel-firetruck-v2
– Marbel Belajar Profesibanner-marbel-profesi-v3sumber: FORUM TK DAN PAUD

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...