Tingkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Minum Jus

Sabtu, 21 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 131 | dibagikan :

Meningkatkan daya tahan tubuh diri sendiri dan keluarga adalah cara agar tubuh tak mudah terkena virus dan juga penyakit lainnya. Belum lagi, wabah covid-19 atau virus corona yang masih menjadi kekhawatiran semua orang diseluruh dunia. Meningkatkan daya tahan tubuh tentu harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Dengan pola tidur yang teratur, olahraga teratur, dan juga jaga asupan dengan gizi seimbang. Cara lainnya untuk tingkatkan daya tahan tubuh adalah dengan rajin meminum jus.

Nah, salah satu menjaga asupan yang sehat, bisa dengan konsumsi buah dan sayur yang segar. Konsumsi buah dan sayur segar selain rasanya yang masih fresh dan enak. Kandungan seperti vitamin dan mineral yang terdapat didalamnya masih terjaga. Sehingga dapat memenuhi asupan vitamin dan gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahannya. Agar tak mudah terjangkit virus, penyakit lainnya dan tentu tubuh akan menjadi lebih sehat.

Nah, agar tak merasa bosan dengan makan buah dan sayur selain dimasak. Moms juga bisa membuat aneka jus dengan campuran buah yang bervariasi dan juga enak. Berikut adalah ragam macam olahan jus yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tingkatkan daya tahan tubuh
Background photo created by freepik – www.freepik.com

Minum Jus untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 1. Apel, Wortel Dan Jeruk

Paduan buah-buahan ini sangat sempurna karena banyaknya vitamin yang terkandung di masing-masing buah tersebut, sehingga memiliki segudang manfaatnya bagi tubuh. Sebabnya apel, wortel, dan jeruk mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan asam folat. Yang baik untuk kesehatan mata, kulit, dan juga meningkatkan  daya tahan tubuh.

Belum lagi apel yang dikonsumsi bermanfaat untuk mencegah alzheimer, menurunkan kadar kolesterol, mencegah katarak dan lain sebagainya. Konsumsi jeruk juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, vitamin c yang ada dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan konsumsi wortel dapat menjaga kesehatan mata dan kulit, memperkuat fungsi otak dan lain sebagainya.

Untuk membuatnya, moms bisa membuat takaran 1:1:1. Moms juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan rasa manis agar anak suka.

 2. Wheatgrass Dan Lemon

Wheatgrass adalah daun pertama yang baru tumbuh dari tanaman gandum biasa yang dapat digunakan sebagai makanan, minuman, atau suplemen makanan lainnya. Wheatgrass mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Jus rumput gandum kaya akan protein dan mengandung 17 asam amino. Yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lainnya. Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Baca Juga:   Gejala dan Pencegahan Virus Corona

Cara membuatnya moms hanya perlu menghaluskan potong kecil rumput wheatgrass dengan menggunakan blender dengan menambahkan air secukupnya dan air perasaan setengah buah lemon untuk menambahkan rasa sedikit asam.

Tingkatkan daya tahan tubuh
Background photo created by freepik – www.freepik.com

 3. Almond Dan Kurma

Almond dengan rasanya yang enak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi almond dapat membantu menyeimbangkan berat badan, mencerdaskan otak, dan juga anti kanker. Sedangkan nutrisi yang terdapat pada kurma seperti kalori, karbohidrat, serat, gula, kalium, kalsium dan antioksidan . Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, terhindar dari radikal bebas, meningkatkan kesehatan tulang dan masih banyak lagi manfaatnya.

Untuk membuatnya moms hanya perlu gunakan susu almond dan campurkan jus kurma sesuai selera ya.

 4. Tomat, Kale Dan Seledri

Tomat, kale, dan seledri mengandung nutrisi penting, loh moms. Seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, serta zat besi. Kale juga merupakan sayur pembangkit nutrisi yang jika dipadukan dengan tomat dan seledri akan memberimu lebih banyak vitamin A dalam tubuh.

Untuk membuatnya, moms bisa masukkan 1 cangkir kale, 1 buah tomat besar, dan beberapa daun seledri. Lalu blender, moms bisa tambahkan merica untuk meningkatkan rasa yang unik.

 5. Jahe, Bit Dan Wortel

Jahe, bit dan wortel sama-sama memiliki kandungan penting seperti vitamin A C dan E, zat besi dan juga kalsium. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu fit.

Untuk membuatnya, moms hanya perlu blender 1 cangkir buah bit, 1 ruas jahe, dan 1 buah wortel segar. Moms boleh mencampurkan madu untuk menambah rasa manis.

Tingkatkan daya tahan tubuh
Food photo created by freepik – www.freepik.com

 6. Pisang, Yogurt, Dan Madu

Nah, untuk pisang yogurt dan madu memang paling cocok untuk menu diet ya moms. Selain pisang yang mudah memberikan rasa kenyang, yogurt juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan juga baik untuk kesehatan kulit.

Untuk membuatnya, moms perlu blender satu buah pisang, 1 cangkir yogurt, dan , madu untuk menambah rasa manis sebagai pengganti gula.

 

Sumber referensi :


Marbel Belajar Buah
Marbel Belajar Buah
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.