Tingkatkan imunitas ibu hamil

Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil, Cegah Covid-19

Senin, 23 Maret 2020 18:00 WIB | dibaca : 288 | dibagikan :

Ibu hamil dan juga menyusui termasuk dalam kategori yang orang yang rentan terkena virus. Tak terkecuali dengan covid-19 atau virus corona. Tingkatkan imunitas ibu hamil untuk penularan virus corona pada ibu hamil. Karena perubahan hormonal pada ibu hamil dan juga menyusui yang mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh sehingga rentan terkena penyakit. Selain itu, mengutip dari alodokter.com demam tinggi yang terjadi akibat COVID-19 di trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir pada anak.

Maka dari itu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh pada masa kehamilan sangat perlu diperhatikan lagi. Selain agar tak mudah terkena virus maupun penyakit lainnya. Menjaga imunitas saat kehamilan juga cara untuk mempersiapkan kondisi moms saat melahirkan nanti dan juga kondisi janin agar tetap terjaga kesehatannya.

Namun, dengan semakin meningkatnya jumlah yang terjangkit covid-19 terutama di indonesia. Membuat semua orang khawatir tak terkecuali dengan ibu hamil. Nah, untuk mengurangi rasa kekhawatiran tersebut. Berikut adalah cara pencegah dari covid-19 atau virus corona untuk ibu hamil dan juga tips untuk tingkatkan imunitas dimasa kehamilan.

Cara Cegah Covid-19 dengan Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil

 1. Rutin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar adalah salah satu langkah untuk mencegah penularan covid-19. Cucilah tangan dengan air dan gunakan sabun terbukti lebih efektif untuk mencegah berbagai penyakit yang hendak bersarang didalam tubuh.

 2. Gunakan Masker Saat Bepergian

Untuk ibu hamil sangat disarankan menggunakan masker disaat bepergian dan juga jika dekat dengan orang yang sedang sakit. Ibu hamil juga disarankan untuk menjaga jarak 1-2 meter dengan orang yang sedang batuk maupun bersin.

3. Hindari Kawasan Ramai

Demi mencegah tertularnya covid-19 yang saat ini belum saja mereda. Sebaiknya untuk ibu hamil tidak terlebih dahulu mengunjungi tempat – tempat yang ramai. Jika memang harus bepergian sebaiknya gunakan masker.

4. Jaga Daya Tahan Tubuh

Infeksi covid-19 dapat dicegah oleh ibu hamil dengan meningkatkan daya tahan tubuh agar tak  mudah tertular. Agar daya tahan tubuh selalu terjaga untuk ibu hamil banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti menjaga asupan yang bergizi, perbanyak minum air putih, olahraga yang aman untuk ibu hamil dan masih banyak lainnya. Berikut adalah tips untuk tingkatkan imunitas dan menjaga daya tahan tubuh pada ibu hamil.

Baca Juga:   Hindari Perilaku Ini Agar Anak Selalu Dekat Di Hati
Tingkatkan imunitas ibu hamil
Photo by Freepik.com

Tips Tingkatkan Imunitas Dan Jaga Daya Tahan Tubuh Untuk Ibu Hamil

 1. Banyak Minum Air Putih

Untuk ibu hamil dia anjurkan untuk tetap menjaga kadar air yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama disaat sedang terkena flu tubuh lebih banyak membutuhkan cairan sebagai pengganti dari keringat dan cairan tubuh lainnya yang keluar dari tubuh. Untuk ibu hamil dianjurkan untuk meminum 3 liter air per harinya untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat.

 2. Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat yaitu bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan yang bergizi. Terutama untuk ibu hamil perlu konsumsi jenis makanan yang mengandung banyak gizi demi kesehatan janin yang ada didalam kandungan.

Moms bisa konsumsi banyak sayuran hijau yang mengandung micronutrient atau zat gizi yang diperlukan tubuh saat sedang hamil. Buah – buahan segar yang kaya akan vitamin, daging merah untuk asupan protein, dan ikan untuk omega 3 dan gizi lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Pastikan untuk tidak konsumsi makan junk foods ya moms.

3. Olahraga Dan Pijat

Olahraga juga bisa dilakukan untuk ibu hamil, namun lebih baik untuk memilih olahraga yang ringan. Seperti yoga khusus ibu hamil atau berenang. Dengan olahraga juga dapat menstabilkan berat badan, mengurangi resiko terkenannya diabetes dan juga menjaga tekanan darah agar stabil. Untuk pijat juga akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Pijat sederhana bisa dimulai dengan meminta bantuan suami untuk memijat.

 4. Vaksinasi Ibu Hamil

Vaksin untuk ibu hamil pasti selalu dianjurkan oleh dokter saat sedang memeriksakan kandungan. Vaksin untuk ibu hamil ini sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 5. Tidak Stres

Pastikan saat sedang hamil untuk tidak terlalu stres ya moms. Usahakan untuk jaga pola tidur, luangkan waktu untuk istirahat dan untuk menyenangkan diri sendiri, dan selalu berfikir positif ya moms.

 

Sumber referensi :


Marbel Bagian Tubuh - Belajar
Marbel Bagian Tubuh - Belajar

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.