anak tidak bosan belajar dirumah

Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah

Minggu, 12 April 2020 09:00 WIB | dibaca : 137 | dibagikan :

Dengan adanya pandemi covid-19 dan sebagai penekanan untuk memutus rantai virus agar tak semakin meluas. Meliburkan kegiatan sekolah dan menggantinya dengan belajar dirumah. Dengan begitu, tak sedikit orang tua yang mengeluh karena anaknya yang mulai merengek karena bosan untuk belajar dirumah. Untuk itu orang tua harus tahu cara agar anak tidak bosan belajar dirumah.

Namun, seperti yang sudah diketahui di beberapa daerah yang berada di zona merah bahkan di seluruh daerah indonesia dan semakin menambahnya orang dengan covid-19, kegiatan belajar dirumah masih diperpanjang sampai waktu yang belum ditentukan. Nah, agar orang tua tidak mengkhawatirkan lagi anaknya yang mulai bosan belajar di rumah. Berikut adalah tips untuk orang tua agar anak tak lagi mengeluh karena bosan selama belajar di rumah.

Cara Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah

 1. Terapkan Jadwal Rutinitas

Selama anak belajar di rumah, sebaiknya orang tua untuk membuat jadwal rutinitas untuk anak selama belajar dirumah. Orang tua bisa menerapkan pembelajaran anak sesuai jam sang anak belajar di sekolah. Tetap bangun pagi dan lakukan kegiatan seperti biasanya namun tetap dilakukan di dalam rumah. Selain itu moms juga bisa sisipi kegiatan belajar anak dengan sedikit waktu bermain dan waktu istirahat sang anak agar anak tak merasa bosan.

Saat membuat jadwal rutinitas, usahakan untuk ajak serta anak dalam membuatnya dan orang tua juga bisa menambahkan konsekuensi jika anak sewaktu-waktu melanggar jadwal yang sudah dibuat bersama.

 2. Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah Ciptakan Ruang Belajar Yang Kondusif

Menyediakan ruangan khusus yang kondusif dengan sirkulasi udara yang bagus penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar di rumah. Agar fokus pada anak tidak mudah teralihkan sehingga belajarnya menjadi maksimal. Nah, saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk istirahat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa disukainya. Dengan begitu orang tua tau bagaimana harus bertindak.

 3. Belajar Interaksi Lewat Gawai

Selama belajar dirumah, orang tua juga bisa selingi kegiatan belajar anak dengan penggunaan gawai atau gadget. Banyak aplikasi yang menyediakan kegiatan belajar anak secara maksimal, mulai dari materi pembelajaran yang lengkap dan juga penjelasan yang rinci dan mudah dipahami sang anak.

Pastikan untuk tetap temani anak dalam proses pembelajarannya. Apabila orang tua merasa kesulitan, orang tua juga bisa menanyakan kepada guru dari sang anak di sekolah. Tanyakan bagaimana metode pembelajaran yang efektif untuk anak, dan orang tua bisa menerapkannya ketika dirasa sudah kesulitan.

Baca Juga:   Tips Persiapkan Anak Sebelum Memasuki Sekolah

 4. Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah, Selingi Belajar Anak Dengan Kegiatan Kreatif

Untuk meningkatkan kreatifitas pada anak, orang tua bisa selingi kegiatan belajar anak dengan melakukan kreatifitas yang menyenangkan. Bisa dengan membuat kerajinan tangan yang disukai anak misalnya seperti melukis, membuat hiasan yang bisa di pajang di kamar sang anak atau sudut bagian rumah lainnya, ajak anak membuat kreasi masakan, bahkan dengan mengajaknya menyanyi sambil menari atau buat game yang mengasah kreatifitas pada anak.

Orang tua bisa juga ajak anak untuk membuat percobaan sains, namun tetap harus aman ya, jika ingin membuat percobaan sains. Orang tua bisa mencari kegiatan-kegiatan tersebut dengan mengaksesnya di media sosial seperti youtube dan lain sebagainya.

anak tidak bosan belajar dirumah
School photo created by freepik – www.freepik.com

 5. Orang Tua Sebagai Guru Yang Menyenangkan

Dengan belajar di rumah, orang tua juga harus siap berperan menjadi guru pengganti untuk anaknya di rumah. Selain itu, orang tua jua harus siapkan fasilitas untuk bisa daring secara lancar untuk menunjang kegiatan belajar di rumah. Orang tua juga diharapkan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan, tapi merasa senang dan betah untuk belajar sendiri didampingi orang tuanya.

 6. Sempatkan Waktu Untuk Olahraga Bersama

Jika bisanya di sekolah anak ada pembelajaran olahraga yang dilakukan di luar ruang bersama teman sekelasnya. Kali ini orang tua bisa ajak anak untuk olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah atau hanya sekedar di halaman rumah. Dengan adanya olahraga, anak dipastikan bergerak dan juga tidak merasa bosan karena bisa melakukannya bersama dengan keluarga dirumah.

 7. Siapkan Makanan dan Cemilan Sehat

Upaya agar anak tak merasa bosan saat sedang belajar dirumah. Orang tua bisa menyiapkan kreasi makan  dan juga berikan cemilan yang sehat pada anak agar anak merasa senang dan tak lagi merasa bosan. Moms bisa sajikan kreasi makanan kesukaan anak atau buat cemilan yang mudah namun sehat untuk anak ya moms.


Sumber referensi :

Marbel Kids Learn To Count
Marbel Kids Learn To Count
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.