Tips Ajak Anak Berlibur dan Manfaatnya

Senin, 9 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 21 | dibagikan :

Siapa yang tidak menyukai berlibur? Berlibur bersama dengan keluarga adalah salah satu cara menghabiskan waktu yang paling baik untuk kemajuan pertumbuhan anak dan jiwa sosial anak. Moms perlu ketahui tips ajak anak berlibur yang menyenangkan agar liburan tidak terasa membosankan.

Berlibur bersama anggota keluarga juga memiliki banyak manfaatnya, loh moms. Seperti menghilangkan stres dan penat karena rutinitas sehari-hari, kedekatan keluarga semakin erat, baik bagi kesehatan hati, dan yang pasti membuat semakin bahagia dan lain sebagainya.

Namun, kerap kali menjadi dilema bagi para orang tua untuk mengajak anak untuk berlibur bersama. Terutama untuk para orang tua yang memiliki anak kisaran umur balita sampai 10 tahun.

Manfaat Mengajak Anak Berlibur

Mengajak anak berlibur tak selalu menjadi hal yang merepotkan. Justru dengan mengajak anak berlibur memiliki banyak manfaat, yaitu :

  • Menghilangkan Stres pada anak
  • Menjadi sarana yang menyenangkan untuk anak belajar
  • Membangun rasa cinta yang lebih kepada keluarga
  • Melatih anak untuk bersosialisasi terhadap lingkungan dan orang lain yang ditemui
  • Melatih kreativitas dan imajinasi anak agar menjadikan anak semakin luas dalam berpikir
  • Membuat kenangan baik yang tak terlupakan pada anak

Jika Moms dan para orang tua lainnya beranggapan mengajak anak untuk berlibur adalah hal yang merepotkan. Mungkin moms harus mencoba beberapa tips ini untuk mengajak anak berlibur dan menjadikan liburan semakin berkesan dan menyenangkan.

Tips ajak anak berlibur
People photo created by senivpetro – www.freepik.com

Tips Ajak Anak Berlibur

 1. Ajak Serta Anak Untuk Berdiskusi

Saat hendak ingin menjadwalkan berlibur bersama keluarga. Lebih baiknya ajak juga anak untuk ikut serta memilih tempat destinasi untuk berlibur. Pastikan moms dan para orang tua sudah memiliki beberapa rencana tempat destinasi, lebih baik jika tempat itu aman dan nyaman untuk anak-anak. Jika anak ikut serta dalam memilih tempat destinasi saat berlibur memungkinkan anak tidak akan merasa bosan saat ada di tempat berlibur dan anak akan sangat antusias saat menanti waktu berlibur datang sehingga mood anak akan baik.

Sebisa mungkin, pastikan memilih destinasi wisata yang memiliki nilai edukasi yang baik untuk anak.

 2. Jaga Kondisi Kesehatan Anak

Menjaga kondisi kesehatan anak tidak hanya harus dilakukan saat ingin berlibur saja, ya moms. Menjaga kesehatan anak adalah hal yang harus dilakukan setiap hari agar tumbuh kembang anak menjadi maksimal. Namun, saat merencanakan berlibur bersama anak pastikan kondisi anak benar-benar fit. Dan alangkah baiknya jika sebelum melakukan perjalanan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak, ya moms. Dan pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi

Baca Juga:   Lagu Dolanan, Pilihan Alternatif Lagu Anak Yang Edukatif Bagi Anak PAUD

3. Persiapkan Waktu Keberangkatan

Saat ingin berlibur pasti tak ada yang ingin di ganggu waktunya untuk hal lain, seperti masalah pekerjaan. Pastikan untuk para orang tua sebisa mungkin merencanakan untuk mengambil cuti dari pekerjaan sejauh mungkin sebelum waktu keberangkatan untuk berlibur. Jika tak memungkinkan untuk cuti, para orang tua bisa mengajak anak berlibur saat akhir pekan.

Pastikan sebisa mungkin untuk berangkat pagi buta atau larut malam saat menuju ke tempat liburan. Walaupun anak merasa sedikit terganggu karena pada saat itu adalah waktu mereka tidur. Namun memungkinkan tidak akan rewel saat di perjalanan karena tertidur, dan saat sudah sampai tempat tujuan anak akan lebih fresh dan antusias saat sudah sampai tempat tujuan berlibur.

4. Pilih Pakaian Yang Nyaman

Pilihan pakaian yang nyaman juga sangat penting untuk anak dan orang tua yang berlibur membawa anaknya. Agar anak dapat bergerak dengan bebas pastikan pakaian yang digunakan anak benar-benar nyaman, yang mudah menyerap keringat karena dipastikan anak lebih aktif saat sedang berlibur.

Pastikan untuk membawa baju ganti yang nyaman secukupnya, ya moms.

5. Bawakan Barang Kesukaan Anak

Membawa barang kesukaan atau pun kesayangan anak adalah hal yang tak boleh terlupakan. Bawa mainan anak yang setidaknya tidak merepotkan, karena saat anak tiba-tiba rewel dalam perjalanan. Moms bisa memberinya mainan kesukaan sang anak, atau juga moms bisa menyiapkan tontonan yang menarik untuk anak agar anak nyaman saat perjalanan panjang.

 6. Membawa Stroller Jika Memungkinkan

Agar moms dan para orang tua lainnya tidak ingin merasa repot saat anak tiba-tiba rewel karena kelelahan saat berada di tempat wisata. Maka di anjurkan untuk membawa stroller. Dengan adanya stroller anak akan merasa lebih nyaman untuk duduk dibanding harus digendong kemana-mana dan untuk orang tua mendorong stroller bukan hal yang merepotkan daripada harus menggendong anak.

 

Sumber referensi :


Marbel Holiday Adventure
Marbel Holiday Adventure
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.