Tips Ajari Menabung Anak Sejak Dini

Tips Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Selasa, 28 April 2020 06:00 WIB | dibaca : 38 | dibagikan :

Salah satu cara untuk melatih anak kelak menjadi pribadi yang mandiri, yaitu dengan ajari anak menabung sejak dini. Dengan begitu, tanpa disadari moms juga sudah mengajarkan tentang kedisiplinan kepada anak. Untuk ajari anak menabung sejak dini, dibutuhkan waktu yang tak sebentar dan juga butuh kesabaran. Lalu bagaimana caranya ? Berikut adalah tips ajari anak menabung sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

Tips Ajari Anak Menabung

 1. Kenalkan Tentang Uang Dan Juga Fungsinya Pada Anak

Mengenalkan fungsi uang pada anak biasanya sangat mudah. Mungkin yang agak sulit adalah nilai dan jumlahnya. Namun itu belum terlalu penting, karena yang utama adalah agar anak mengenal fungsi uang terlebih dahulu. Caranya bisa dengan menyuruhnya memberikan uang saat membeli makanan ataupun membeli mainan kepada kasir saat hendak membayarnya. Dengan begitu moms juga melatih anak untuk lebih percaya diri loh.

 2. Beri Pemahaman Tentang Tujuan Menabung Pada Anak

Nah, ketika anak sudah mengerti tentang uang dan juga fungsinya, barulah berikan pemahaman atau kenalkan tentang tujuan dari menabung. Katakan pada anak bahwa untuk bisa membeli apa yang ia mau, misalnya es krim, maupun mainan yang diinginkan. Dengan cara menabung uang yang ia dapatkan sampai cukup untuk mebeli apa yang diinginkannya.

Moms bisa jelaskan bahwa menabung membantu mewujudkan apa keinginan sang anak. Kuncinya adalah anak harus belajar mengumpulkan dan menyimpan  uang sedikit demi sedikit. Ketika uang sudah cukup terkumpul, barulah keinginannya bisa tercapai. Katakan juga pada anak bahwa ia bisa mendapatkan uang tabungan dari Moms, jangan meminta atau mengambil dari orang lain.

Tips ajari anak menabung sejak dini
Family photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

 3. Hadiahkan Celengan Yang Lucu Untuk Anak

Meski terlihat klasik, celengan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengajari anak-anak Anda pentingnya menabung. Moms bisa hadiahi anak dengan celengan yang lucu atau celengan yang seperti karakter kesukaan anak. Agar anak semangat untuk menabung uang yang ia dapatkan.

Beri tahu anak bahwa tujuannya adalah untuk mengisi celengan dengan uang kertas dan koin, sampai tidak ada ruang. Gambarkan bahwa celengan adalah tempat menyimpan uang untuk masa depannya. Jadi dengan semakin banyak anak menabung, semakin banyak uang yang akan didapatkannya nanti.

4. Berikan Jatah Uang dan Ajarkan Untuk Mencatat Keungannya

Membiasakan anak mengatur dan menyimpan uangnya sendiri adalah cara yang tepat untuk mengajarkan anak untuk mandiri dalam urusan keuangan sejak dini. Hal ini bisa juga dilakukan dengan memberi anak jatah uang harian maupun bulanan. Dengan jumlah uang yang cukup, anak akan belajar untuk mengatur dan menggunakannya dengan sebaik mungkin. Moms juga bisa ajari anak untuk mencatat kegiatan keuangannya atau melaporkannya kepada moms jika anak belum lancar menulis, dan moms bisa sesekali untuk mengkoreksi catatan sang anak.

Baca Juga:   Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini

 5. Latihan Menabung Sambil Bermain

Anak-anak butuh praktik untuk bisa menyimpan uang. Jadi, para orangtua bisa bermain tabung menabung bersama anak. Misalnya, moms dan anak sedang bermain dengan peran penjual dan pembeli di toko mainan dengan menggunakan uang mainan. Ketika anak berperan sebagai pembeli, berikan kembalian uang pada anak.

Nah, katakan padanya kembalian uang dari membeli sesuatu itu harus ditabung. Lakukan 3-4 kali transaksi jual beli dengan kembalian yang harus anak tabung. Setelah uang terkumpul, barulah moms jelaskan bahwa uang tabungan dari hasil membeli bisa ia gunakan untuk keperluan yang lebih penting.

6. Ajak Anak ke Bank Untuk Membuat Akun Tabungannya Sendiri

Setelah celengan milik anak penuh, moms bisa ajak anak  berjalan-jalan ke bank untuk membuka rekening sendiri. Mintalah ia untuk menghitung uang yang ditabungnya untuk kemudian disetorkan. Dengan begitu, akan menjadi motivasinya agar giat menabung, dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Perjalanan menuju bank juga akan menjadi ingatan yang tak terlupakan, loh moms.

7. Berikan Reward Jika Anak Berhasil

Terkadang uang tabungan anak tidak terlalu banyak, dan untuk membeli sesuatu yang diinginkan dengan uang hasil tabungan membutuhkan waktu lama. Untuk menghindari rasa bosan menyimpan uang dan mencegah anak putus asa, moms bisa memberikan hadiah bagi anak di setiap tahapan menabung.

Apabila tabungan anak sudah mencapai 25% dari total yang ia inginkan, Anda bisa memberikan anak reward atau hadiah agar ia tambah semangat mengumpulkan uang tabungan. Ini bisa dilakukan hingga tabungan anak terpenuhi.


Sumber referensi :

Marbel Kids Learn To Count
Marbel Kids Learn To Count
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.