Tips anak gemar membaca

Tips Anak Gemar Membaca Tanpa Disuruh

Selasa, 10 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 76 | dibagikan :

Seperti yang sudah diketahui para moms diluar sana, bahwa membaca adalah jendela dunia dan pembuka wawasan. Namun, masih banyak diluar sana para moms yang mengkhawatirkan buah hatinya yang minat membacanya sedikit. Sudah menjadi pemandangan yang umum kan moms, bahwa anak-anak jaman sekarang lebih memilih gadget-nya dari pada memilih untuk membaca buku. Namun tidak perlu khawatir moms dapat mengikuti tips agar anak gemar membaca yang akan kita bahas pada artikel ini.

Tips Agar Anak Gemar Membaca

 1. Beri Contoh

Sejatinya anak cenderung sering menirukan apa yang dilakukan orang disekitarnya, terutama orang tua yang lebih dekat dengan kehidupan buah hati. Dengan orang tua memberikan contoh gemar membaca dirumah, maka secara otomatis anak akan melihatnya dan akan menirukan orang tuanya yang gemar membaca di rumah.

Untuk tahap awal moms bisa memberikannya buku yang bergambar dan warna-warni agar anak mulai tertarik. Dan moms bisa membacakan buku dongeng secara bertahap kepada anak setiap harinya. Usahakan mulai dari anak usia dini ya moms agar anak semakin terbiasa.

 2. Perkenalkan Berbagai Macam Jenis Buku

Setelah anak sudah terbiasa dengan buku awalnya yang bergambar dan berwarna-warni. Nah, moms bisa mulai memperkenalkan jenis buku lainnya kepada anak. Agar anak tahu bahwa ada banyak jenis buku yang lebih menarik yang bisa anak baca.

Moms bisa ajak buah hati untuk pergi ke perpustakaan daerah maupun toko buku setempat. Kenalkan dan arahkan anak pada berbagai macam jenis buku, dan biarkan anak memilih sendiri buku mana yang ingin dibacanya.

 3. Kelilingi Dengan Buku

Nah, jika tak memungkinkan untuk moms membuat perpustakaan mini dirumah. Moms bisa ajak anak mengunjungi perpustakaan maupun toko buku. Dan moms bisa memberikan anak hadiah berupa buku dan pastikan menyimpan buku-buku tersebut di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau sang anak agar anak mulai terbiasa dengan buku.

 4. Buat Kegiatan Membaca Lebih Kreatif

Untuk anak – anak kegiatan membaca harus semenarik mungkin agar anak selalu antusias saat membacanya. Moms bisa minta anak untuk menuliskan atau menceritakan kembali apa yang sudah dibaca sang anak. Dan jangan lupa untuk memberinya pujian dengan apa yang sudah dicapainya.

 5. Manfaatkan Aplikasi Pada Gadget

Nah, agar kegiatan membaca tidak membosankan, moms bisa manfaatkan gadget untuk mengunduh berbagai macam aplikasi bacaan untuk anak. Karena umumnya anak lebih suka bermain game di gadget dan menonton video. Dengan moms mengunduh aplikasi bacaan maka anak tak melulu menggunakan gadget-nya hanya sekedar untuk bermain, dan moms juga dapat memantau apa yang di baca anak.

Baca Juga:   8 Aktivitas Untuk Memdekatkan Hubungan Batin Anak dan Orang Tua

 6. Dorong Anak Membaca Melalui Apa Yang Dilihatnya

Pastikan moms disini berperan aktif ya, moms bisa meminta anak untuk membaca apa yang ada disekitarnya. Seperti membaca menu saat mengajak anak makan diluar, membaca judul film yang ditonton bersama keluarga, membaca petunjuk pada mainan miliknya, atau yang lainnya. Dan usahakan saat anak ada waktu luang berikan anak bacaan agar minatnya tak memudar untuk membaca.

Tips anak gemar membaca
Baby photo created by freepik – www.freepik.com

 7. Biarkan Anak Memilih Apa Yang Ingin Dibacanya

Dengan membiarkan anak memilih buku bacaannya sendiri, maka anak akan lebih percaya diri akan kemampuan membacanya. Dengan begitu minat anak untuk membaca semakin meningkat setiap harinya. Namun, moms tetap harus bijak dalam memilah buku mana yang layak dibaca untuk anak atau tidak, dan berikan pengertian yang mudah untuk dipahami anak jika memang buku itu tak sesuai dengan umurnya.

Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Dan Tumbuh Kembang Anak

Selain dengan menambahnya wawasan dan pengetahuan. Membaca juga banyak manfaatnya loh moms bagi kesehatan dan juga tumbuh kembang anak diantaranya :

  • Memberikan ketenangan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi kognitif otak
  • Bertambahnya IQ
  • Menambah kosakata
  • Kurangi Stress
  • Mengasah empati
  • Hubungan orang tua dan anak semakin akrab
  • Mengurangi resiko adanya demensia dan juga alzheimer
  • Membuat bahagia

Nah, dengan manfaat membaca yang begitu banyak. Pasti para moms menginginkan untuk anaknya gemar membaca. Apa lagi melihat anak mau membaca tanpa disuruh adalah hal yang diimpikan para moms dan orang tua lainnya, bukan. Agar moms tidak khawatir lagi dengan memikirkan bagaimana caranya agar anak memiliki minat baca.

Nah, bagaimana moms. Sekarang sudah tidak dilema lagi, bukan. Untuk meningkatkan minat baca pada anak moms bisa mencoba tips yang sudah dijabarkan. Selamat mencoba moms.

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.