Tips bekerja produktif di rumah

Tips Bekerja Produktif di Rumah Saat WFH

Senin, 23 Maret 2020 14:00 WIB | dibaca : 360 | dibagikan :

Dengan sedang diterapkannya social distancing saat maraknya wabah covid-19 atau virus corona yang melanda Indonesia. Sehingga beberapa perusahaan maupun perkantoran mulai ada yang menerapkan WFH ( Work From Home ). Demi menekan penyebaran virus corona agar tak memakan banyak korban lagi yang terjangkit covid-19. Agar bekerja di rumah tetap[ produktif, berikut ini kami akan membahas 6 Tips bekerja produktif dari rumah yang dapat moms terapkan.

Namun, bagi sebagian orang dan juga parents tentunya yang sedang menjalankan WFH ini, mungkin merasakan dilema bagaimana bisa bekerja dirumah. Belum lagi, sekolah anak juga sedang masa libur untuk belajar mandiri dirumah. Apa memungkinkan untuk bekerja dari rumah? Nah, berikut adalah tips agar tetap produktif semasa WFH yang juga bisa diterapkan para moms dan dads yang menjalankannya.

Tips Bekerja Produktif di Rumah Saat Work From Home

 1. Pemilihan Tempat

Agar tetap produktif meskipun harus bekerja dirumah, pemilihan tempat ini juga penting. Untuk yang sudah memiliki ruang khusus untuk bekerja saat dirumah tidak perlu mengkhawatirkan lagi dimana harus bekerja. Nah, untuk yang belum memiliki ruang kerjanya sendiri dirumah. Selama WFH disarankan untuk memilih tempat dengan pencahayaan yang tepat dengan temperatur udara yang sejuk.

Hindari untuk bekerja ditempat tidur karena hanya akan membuat penurunan produktifitas untuk bekerja dan menimbulkan rasa malas.

 2. Atur Waktu Bekerja

Untuk bekerja dirumah memang sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Saat bekerja di kantor untuk fokus kepada pekerjaan memang cenderung mudah, karena suasana di kantor memang sangat konduktif untuk bekerja.

Untuk yang bekerja dirumah cobalah untuk membuat jadwal yang sesuai dengan keadaan masing – masing setiap orangnya. Misalnya jika biasa bekerja mulai dari jam 8 pagi, untuk menerapkan waktu yang sama saat bekerja juga adalah salah satu solusinya agar tetap produktif selama bekerja dirumah. Atau membuat to-do-list  guna membantu memberikan kemudahan selama sedang menjalani WFH. Terkadang banyaknya gangguan dan keinginan untuk bersantai saat bekerja di rumah membuat beberapa kewajiban justru tidak terselesaikan.

3. Saat Bekerja Dengan Anak

Bekerja dirumah dengan adanya anak memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi yang memiliki anak usia dini. Saat moms sedang WFH pastikan buatlah jadwal atau kegiatan yang lebih agar moms juga bisa bekerja. Moms bisa sediakan buku mewarnai, buku bacaan yang menarik untuk anak – anak maupun sediakan mainan yang aman untuk anak.

Baca Juga:   Ngabuburit Ramadhan Menyenangkan Bersama Anak

Jika ingin memberikan gadget kepada anak, ada yang benar-benar harus diperhatikan ya moms. Pastikan anak sudah mengerti dengan komitmen yang sudah disepakati kepada anak dalam penggunaannya. Pastikan untuk moms juga tetap mengawasi apa yang dilihat anak dengan gadget-nya. Dan moms juga bisa mendisiplinkan waktu penggunaan gadget pada anak agar tak ketergantungan.

Tips bekerja produktif di rumah
Business photo created by freepik – www.freepik.com

4. Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Meskipun bekerja dirumah, komunikasi dengan rekan juga harus selalu dikondisikan ya. Karena kunci utama untuk bekerja jarak jauh atau pun WFH ini adalah lancarnya dalam berkomukasi dengan rekan kerja. Selama masa social distancing ini komunikasi tak harus dilakukan dengan membuat janji dan bertemu diluar ya. Agar terhindar dari kemungkinan terkena covid-19, komunikasi bisa dilakukan dengan mengirim e-mail maupun aplikasi chatting yang biasanya digunakan dengan rekan kerja.

Selama WFH dan masih berada di jam kerja, ada baiknya untuk tetap memberikan respons demi kelancaran dalam hal berkomunikasi. Ketika memberikan respons yang cepat, tentu akan lebih baik.

5. Atur Waktu Istirahat

Pastikan saat sedang WFH untuk tetap luangkan waktu untuk beristirahat, namun jangan berlebihan juga ya. Biasanya waktu akan terasa lebih cepat saat sedang melakukan kegiatan atau pun bekerja dirumah. Pastikan juga untuk mengatur waktu untuk makan siang maupun istirahat sebentar dari pandangan laptop maupun gadget.

 6. Jaga Kesehatan

Meskipun sibuk mengurus pekerjaan yang dilakukan di rumah, belum lagi ditambah dengan mengasuh anak. Pastikan untuk tetap jaga kesehatan ya. Disela – sela pekerjaan bisa luangkan waktu sebentar untuk olahraga ringan. Jaga juga asupan makanan untuk tetap memakan makanan yang sehat hindari junk food dan penuhi cairan tubuh dengan minum air putih secara teratur. Minum suplemen kesehatan dan juga vitamin untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah lelah.

 

Sumber referensi :


Marbel Belajar Jam & Waktu
Marbel Belajar Jam & Waktu
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.