Menstimulasi Kecerdasan Berbahasa Anak Dengan Cara Kreatif dan Menyenangkan

Jumat, 28 April 2017 20:25 WIB | dibaca : 1257 | dibagikan :

Kecerdasan berbahasa anak adalah hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Dengan ketrampilannya dalam menggunakan bahasa atau berkata-kata, anak-anak akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Dengan banyaknya berkomunikasi dengan orang lain, maka anak-anak pun akan semakin banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru. Bagaimana cara menstimulasi kecerdasan bahasa anak dengan cara yang kreatif dan menyenangkan?

1. Dengan bernyanyi, banyak hal dipelajari

Lirik lagu anak yang sederhana bisa dipakai sebagai media dalam mengembangkan kecerdasan ini. Anak-anak biasanya akan lebih suka dan mudah menguasai lagu yang memiliki lirik sederhana. Dengan bernyanyi lagu anak, kosakata yang dipelajari anak akan semakin bertambah. Anak-anak pun akan semakin mampu mengucapkan variasi bunyi secara tepat. Keuntungan lain metode bernyanyi adalah anak-anak bisa menyanyikan lagu di mana saja dan kapan saja. Bila anak memiliki kesulitan dalam bernyanyi, Anda bisa memutar lagu anak di rumah, sehingga anak terbiasa mendengarkan lagu anak, terutama lirik yang terdapat di dalam lagu anak. Semakin sering Anda memutar lagu anak, anak akan semakin mudah dalam menghafalkan liriknya.

Anak-anak butuh lagu anak yang sesuai dengan usianya. Kak Andi Taru, CEO dari Educa Studio berkolaburasi dengan Kak Zepe, pencipta lagu anak, membuat sebuah aplikasi yang berkonten lagu-lagu anak edukatif dan disusun secara tematik. Lagu-lagu di dalam aplikasi ini akan ditambahkan secara rutin, sehingga akan memperkaya kasanah lagu anak di Indonesia. Silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD”

banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Ada juga 2 album yang lain, Album Kolak Kak Zepe 1 dan 2. Semua GRATIS. Silakan klik gambar di bawah ini!

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2

2. Alam sekitar pun bisa menjadi tempat belajar

Saat anak berada di toko swalayan, sang buah hati mungkin akan bertanya banyak hal, terutama nama-nama barang yang dijual di swalayan. Sebagai orang tua, Anda harus menjawab setiap pertanyaan anak. Hal ini akan menambah perbendaharaan kata anak. Semakin banyak perbendaharaan kata anak, maka kecerdasan bahasa anak pun akan semakin berkembang.

3. Dengan menggambar, anak-anak menjadi semakin pintar

Potonglah gambar-gambar dari majalah. Potongan gambar itu bisa menjadi media pembelajaran anak. Anda bisa meminta anak menyebutkan nama-nama benda yang terdapat dalam setiap potongan majalah. Bila anak sudah mampu membuat kalimat dengan sebuah kata, setelah anak menyebutkan nama benda yang terdapat pada gambar, Anda bisa meminta anak untuk membuat kalimat dengan kata tersebut.

Baca Juga:   Serunya Bermain Bersama-sama Keluarga dengan Halma

4. Perhatikan kelengkapan kalimat, agar anak semakin hebat

Dalam percakapan sehari-hari, anak-anak sering menggunakan kalimat pendek, misalnya dengan mengatakan, “Ma…Makan… “. Mintalah anak menggunakan kalimat lengkap dengan mengatakan, “Ma.. Tolong ambilkan saya makan.” Dengan terbiasa menggunakan kalimat lengkap dalam percakapan sehari-hari, Anda telah mengajarkan kepada anak tentang sopan santun dan cara mengembangkan kecerdasan bahasa anak.


Baca juga:
 – Ketrampilan Bertutur Kata Yang Perlu Dimiliki Anak

– Peran Keluarga Dalam Membangun Kecerdasan Sosial dan Bahasa Anak


5. Manfaatkan metode bercerita

Ceritakanlah sebuah dongeng kepada anak dengan media sebuah buku cerita. Pastikan Anda mendongengkan anak dengan kesabaran, sehingga kalimat-kalimat yang Anda katakan pun tidak terlalu cepat sehingga mudah dipahami anak. Setelah itu, mintalah anak menceritakan ulang dongeng yang anda ceritakan. Sebagai variasi aktivitas dan agar anak bisa fokus mendengarkan dongeng yang Anda ceritakan, Anda bisa menawarkan kepada anak, “Kalau kamu bisa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerita, nanti kamu akan mendapat hadiah sebuah stiker.” Dengan begitu, biasanya anak akan lebih tertarik untuk mendengarkan cerita, dengan motivasi akan mendapatkan hadiah bila bisa menjawab pertanyaan.

Agar Anda semakin memiliki banyak perbendaharaan cerita anak, Anda membutuhkan banyak media sebagai sarana belajar. Salah satu media tersebut adalah aplikasi kumpulan dongeng anak. Ada sebuah aplikasi yang menarik dan telah di-download oleh ribuan orang tua dan pendidik di Indonesia. Aplikasi ini berjudul “RIRI – Kumpulan Cerita Anak Negeri”. banner-marbel-dongeng-ririAnak-anak usia dini masih memiliki pikiran yang jernih dan bahkan belum memiliki beban pikiran yang berat, sehingga anak-anak terlihat tidak memiliki masalah. Hal inilah yang menjadi keuntungan dalam mengembangkan kecerdasan bahasa anak, karena anak akan lebih mudah mengingat kosakata baru, apalagi bila diajarkan secara kreatif dan menyenangkan. Bagaimana dengan anda?

sumber gambar: http://www.singandsign.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...