Tips bersihkan rumah

Tips Membersihkan Rumah, Cegah Penyebaran Virus

Sabtu, 21 Maret 2020 12:00 WIB | dibaca : 81 | dibagikan :

Semakin meningkatnya yang terjangkit covid-19 atau virus corona, membuat semua orang lebih ketat dalam menjaga kesehatan dan juga kebersihan diri. Menjaga kesehatan dan kebersihan diri juga harus diimbangi dengan kebersihan lingkungan, terutama di rumah. Dengan rumah yang bersih bukan hanya menjadikannya nyaman, namun juga  menurunkan resiko sakit dan terkenanya virus. Nah, untuk moms yang masih bingung bagaimana cara membersihkan rumah agar tak mudah terpapar virus. Berikut adalah tips membersihkan rumah agar cegah penyebaran virus.

Tips Membersihkan Rumah Guna Cegah Penyebaran Virus

 1. Bersihkan Bagian Rumah Terlebih Dahulu

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan setiap sudut rumah dari debu dan kotoran yang menempel, sebelum menggunakan desinfektan untuk menyempurnakannya. Pastikan setiap sudut dan seluruh ruangan benar-benar bersih, ya moms. Jika sudah moms bisa langsung semprotkan desinfektan yang sudah disiapkan.

Lalu, bagian ruangan mana saja sih yang perlu diperhatikan dalam membersihkan rumah agar maksimal dalam pencegahan virus ?

  •   Toilet (Kamar Mandi)

Toilet adalah tempat sumber bersarangnya kuman dan bakteri disetiap sudutnya. Untuk mengatasinya moms harus sering-sering membersihkan gagang pintu, keran, dan juga lantainya.  Pastikan juga untuk sering mengganti keset yang diletakan didepan pintu, dan juga handuk ya moms. Untuk wastafel, shower, kaca, keran atau yang lainnya moms bisa gunakan cuka jika tidak ada cairan desinfektan.

  • Dapur

Dapur juga salah satu tempat yang sering sekali digunakan. Maka dari itu dapur juga perlu dijaga kebersihannya. Dengan cara bersihkan seluruh bagian sisi dapur dengan menggunakan cairan desinfektan. Sering-sering bersihkan talenan yang digunakan untuk memotong berbagai jenis makanan, ganti sponge pencuci peralatan dapur dengan yang bersih jika sudah terlihat terlalu kotor.

  • Kamar Tidur

Agar kamar terjaga kebersihannya, selain membersihkan lantai kamar dan perabotan lainnya. Dengan sering mengganti sprei kasur agar tetap terjamin kebersihannya. Untuk membersihkan kasur moms bisa gunakan vacum secara rutin guna terhindar dari kutu.

  • Ruang Berkumpul Keluarga
Baca Juga:   Ajari Anak Cara Bergaul Sejak Dini, Ini Tipsnya

Ruang berkumpul keluarga biasanya dipenuhi dengan perabotan. Jadi saat membersihkan perabotan perlu benar-benar teliti ya moms agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Untuk membersihkan sofa yang ada di ruang keluarga moms bisa gunakan vacum agar tetap terjaga kebersihannya. Jika menggunakan karpet pastikan untuk mengganti atau mencucinya seminggu sekali ya moms agar tetap bersih dan terhindar dari kutu. Moms juga  bisa bisa gunakan Dehumidifier dan Air Humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan.

Tips bersihkan rumah
House photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

2. Gunakan Cairan Desinfektan

Setelah memastikan bagian rumah benar-benar sudah bersih, moms bisa lanjutkan dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Yang perlu diperhatikan dari penggunaan desinfektan lebih dianjurkan untuk penggunaan dengan kadar alkohol setidaknya 70%.

Untuk area yang perlu diperhatikan lagi saat pemberian desinfektan yaitu, permukaan yang sering disentuh. Seperti gagang pintu, meja, saklar lampu, bahkan hingga toilet juga. Cara menggunakan desinfektan untuk membersihkan perabotan yaitu dengan cara campurkan 5 sendok makan cairan desinfektan dengan 1 galon air, atau moms bisa gunakan 4 sendok teh cairan desinfektan untuk 1 liter air.

3. Gunakan Sarung Tangan

Saat hendak membersihkan dengan menggunakan cairan desinfektan pastikan untuk menggunakan sarung tangan, ya moms. Penggunaan sarung tangan sekali pakai sangat dianjurkan. Dan saat perhatikan melepaskannya setelah pemakaian untuk tidak terkena kulit.

Tips bersihkan rumah
Water photo created by Racool_studio – www.freepik.com

 4. Bersihkan Juga Peralatan Elektronik

Karena peralatan elektronik seperti HP, laptop, bahkan remote AC maupun TV adalah barang yang sering digunakan setiap harinya.  Membersihkan peralatan elektronik, sangat tidak disarankan untuk menggunakan alkohol, disinfektan atau semprotan dengan kandungan serupa yang bisa merusak lapisan pelindung layar ponsel. Sebaliknya, bersihkan peralatan elektronik dengan kain mikrofiber yang telah dibasahi sedikit dengan sabun dan juga air.

Sumber referensi :


Marbel Kebiasaan Baik
Marbel Kebiasaan Baik
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.