Anak dan mainannya

Tips Memilih Mainan Yang Aman Untuk Anak-Anak

Rabu, 23 Januari 2019 22:28 WIB | dibaca : 84 | dibagikan :

Moms, membiarkan anak bermain memang penting untuk perkembangannya kognitifnya. Namun kita wajib mengawasi mereka  saat bermain. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mainan yang mereka gunakan saat bermain. Kita wajib memperhatikan keamanan mainan yang mereka mainkan. Jadi seperti apa mainan yang aman untuk dimainkan oleh anak-anak kita Moms? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Pilihlah mainan yang merangsang perkembangan anak

Salah satu yang terpenting saat kita memberikan mainan untuk anak kita adalah mainan tersebut dapat merangsang perkembangan anak. Saat ini banyak mainan yang memang khusus digunakan untuk merangsang perkembangan sensorik maupun motorik anak. Mainan tersebut dapat berupa mainan balok susun, puzzle angka, dan lego. Mainan-maina tersebut dapat membantu perkembangan otak anak, serta membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Sumber : https://www.cisemozkan.com/nondirektifoyun.html
Sumber : https://www.cisemozkan.com/nondirektifoyun.html

Pilih mainan dengan ukuran yang sesuai dengan anak

Saat memilihkan mainan untuk anak pastikan mainan tersebut tidak berukuran kecil. Mainan yang berukuran kecil sangat rawan tertelan atau masuk kedalam tubuh anak. Hal itu bisa sangat berbahaya bagi anak, hingga bisa menyebabkan kematian jika sampai terlambat ditangani. Maka pilihkan mainan dengan ukuran yang besar namun jangan terlalu besar, sehingga anak akan sulit memainkannya. Pilih ukuran mainan yang sesuai dengan tubuh anak, sehingga anak akan nyaman saat memainkannya.

Perhatikan bahan mainan

Moms, kalian pernah dengar mainan dengan bahan berbahaya yang beredar di toko-toko. Mainan-mainan tersebut mengandung senyawa kimia yang tidak ramah untuk anak-anak malah berbahaya untuk anak-anak. Untuk itu pilihlah mainan dengan bahan yang aman untuk anak-anak ya Moms. Pastikan mainan yang Mommy beli untuk si kecil sudah berlabel SNI ya. Hal itu untuk mengurangi dampak buruk dari bahan mainan yang berbahaya, Tidak mau kan, saat anak kita yang seharusnya senang bermain dengan mainannya malah harus jadi korban dari mainan tersebut.

Sumber : http://www.pasafekids.org/
Sumber : http://www.pasafekids.org/

Hindari mainan yang memiliki sisi tajam

Selain dari bahan pembuatnya yang tidak mengandung bahan berbahaya Mommy juga harus memperhatikan bentuk mainan tersebut ya. Hindari mainan dengan sisi-sisi yang tajam. Sisi-sisi mainan dapat membahayakan tubuh si kecil. Bisa saja saat memainkannya si kecil melukai dirinya karena memegang sisi tajam dari mainan tersebut. Jadi hindari mainan dengan sisi tajam dan berikan mainan dengan sisi yang tumpul dan dengan bahan yang halus agar tidak melukai si kecil.

Pilih mainan yang bisa dicuci

Memberi mainan yang banyak memang tidak masalah, namun perlu di perhatikan lagi kebersihan mainan tersebut ya Moms. Pilih mainan  yang bisa dicuci atau mudah dibersihkan dengan air. Karena kita tidak tahu jumlah bakteri yang menempel pada mainan tersebut, untuk menghindari hal tersebut kita bisa mengurangi dampaknya dengan menjaga kebersihan mainan-mainan tersebut yaitu dengan mencucinya. Tidak mau kan anak kita sakit karena terkena bakteri pada mainannya.

Jadi Mommy bisa terapkan hal-hal diatas untuk memilih mainan yang aman untuk anak-anak. Pilihlah mainan yang aman untuk anak-anak ya Moms, agar anak-anak kita bermain dengan nyaman dan tumbuh kembangnya dapat terjaga dengan baik.

 Baca artikel menarik lainnya:

 

Tagged: