Tips Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penyemangat Belajar Anak PAUD – Bagian 2

Jumat, 31 Maret 2017 09:45 WIB | dibaca : 829 | dibagikan :

Beberapa media pembelajaran di atas hanyalah beberapa dari contoh-contoh aplikasi atau software yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. Agar anak-anak bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif, maka orang tua perlu bersikap bijak, diantaranya dengan melakukan:

  1. Pengenalan komputer

Komputer sangat banyak manfaatnya. Untuk anak-anak usia dini, komputer bisa dikenalkan dengan mengajarkan cara mengetik, memegang mouse, jarak mata ke layar, dan lainnya. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan cara mengoperasikan beberap software dasar diantaranya Ms.Word, Ms. Paint, Ms. Powerpoint, dan lainnya.

Selain menguasai perangkat berteknologi canggih, seorang guru perlu memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik. Ini cara melatih ketrampilan berkomunikasi seorang guru.

  1. Mendampingi Anak

Pendampingan orangtua sangat disarankan saat anak-anak memainkan perangkat teknologi modern. Yang pertama adalah karena alasan keamanan. Beberapa perangkat teknologi modern menggunakan sumber energi listrik, sehingga memiliki resiko sangat tinggi bagi anak bila memainkannya sendirian. Selain itu, anak-anak juga membutuhkan bimbingan agar bisa belajar dengan lebih efektif mengingat anak-anak lebih suka memainkan game daripada media-media pembelajaran.

  1. Ortu memperluas pengetahuan di bidang komputer

Perkembangan teknologi berjalan sangat cepat. Orang tua tidak boleh kalah dari anak-anaknya. Orang tua perlu belajar memperluas pengetahuannya di bidang teknologi. Selain agar bisa mengajari anaknya, orang tua yang menguasai teknologi dengan baik akan lebih mampu memproteksi anaknya dari pengaruh buruk teknologi, misalnya dari konten-konten yang berbau dewasa.

  1. Membuat aturan bersama anak

Duduklah bersama dengan anak untuk berdiskusi mengenai aturan yang harus dipatuhi anak saat memainkan komputer. Misalnya hanya situs-situs tertentu saja yang boleh dikunjungi anak saat menggunakan media internet. Bila ingin mendownload sesuatu harus di bawah pengetahuan orang tua. Dan perlu ditegaskan agar anak mematuhi aturan yang telah disepakati, bila tidak anak akan mendapatkan konsekuensi. (baca juga: Cara Membuat dan Menerapkan Aturan Kepada Anak)

  1. Letakkan komputer di tempat umum
Baca Juga:   Cara Kreatif Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak

Agar orang tua bisa selalu mengawasi anaknya saat memainkan komputer, alangkah lebih baik bila komputer diletakkan di tempat umum. Misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Demikian beberapa media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh buah hati Anda sebagai sarana belajar serta tips-tips agar anak aman dalam memainkan perangkat berbasis teknologi modern. Semoga berguna dalam menambah pengetahuan Anda, sehingga bisa semakin bijak dalam mendampingi dan membimbing buah hati Anda untuk menggunakan teknologi modern.

Ada banyak cara untuk belajar, terutama agar anak-anak didik kita bisa lebih aktif dan suasana kelas menjadi interaktif. Diantaranya adalah dengan media lagu dan dongeng anak. Dongeng dan lagu anak dipercaya bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan di sekolah. Silakan download aplikasi dongeng  dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...