Tips persipakan anak sebelum memasuki sekolah

Tips Persiapkan Anak Sebelum Memasuki Sekolah

Minggu, 29 Maret 2020 09:00 WIB | dibaca : 23 | dibagikan :

Melepaskan anak untuk memulai harinya di sekolah untuk pertama kali, pasti membuat moms merasa sangat cemas dan gelisah. Biasanya para orang tua mencemaskan bagaimana kesiapan anak akan melalui hari pertama masuk sekolah. Entah saat mulai pertama masuk TK maupun SD. Tidak perlu khawatir moms, berikut ini kit aakan berikan tips persiapkan anak sebelum memasuki sekolah, agar anak bisa lebih siap saat di sekolah.

Seperti yang kerap terjadi kepada anak-anak yang hendak memulai hari pertamanya memasuki bangku sekolah. Banyak sekali dijumpai anak-anak yang justru malah menangis dan merengek kepada mom-nya untuk minta pulang, karena anak masih merasa asing dengan sekolah dan juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Nah, untuk terhindar dari banyaknya rasa cemas dan gelisah moms karena anak hendak mulai memasuki bangku sekolah. Berikut adalah tips untuk moms, untuk mempersiapkan anak memasuki bangku sekolah.

Tips Persiapkan Anak Sebelum Memasuki Sekolah Agar Lebih Siap

 1. Perkenalkan Anak Dengan Sekolah

Hal pertama yang harus dilakukan moms, yaitu memperkenalkan dengan instansi sekolah. Usahakan kenalkan sekolah kepada anak jauh-jauh hari sebisa mungkin, sebelum anak mulai masuk sekolah. Moms juga perlu menjelaskan mengapa anak harus sekolah, apa yang akan didapatkan anak ketika berada di sekolah, siapa saja nanti yang akan ditemui anak selama di sekolah, kegiatan apa saja yang akan dilakukan di sekolah dan lain sebagainya.

Selain dengan menjelaskan itu semua, alangkah lebih baiknya lagi jika moms mulai survei tempat sekolah yang menjadi pertimbangan moms dan  dads dalam memilih sekolah untuk anak. Dan usahakan libatkan anak untuk memilih tempat sekolahnya, pastikan moms sudah memberinya beberapa pilihan yang terbaik. Setelah itu, moms juga bisa ajak anak untuk mengunjungi sekolah yang sudah disepakati bersama. Dengan begitu anak juga bisa melihat terlebih dulu seperti apa suasana di sekolah. Dengan begitu moms memiliki gambaran bagaimana jika anaknya sekolah nanti.

Pastikan moms memberi penjelasan kepada anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. Dengan begitu anak  akan antusias dan semangat ketika memulai memasuki sekolah. Namun, jangan hanya menceritakan hal-hal yang menyenangkan saja di masa sekolah. Moms, juga bisa jelaskan bagaimana konsekuensi yang ada di sekolah. Ada beberapa konsekuensi yang bisa moms jelaskan. Diantaranya, tidur lebih awal, bangun pagi lebih awal, mengerjakan tugas dari guru hingga mematuhi peraturan yang ada di sekolah.

Baca Juga:   Antisipasi Saat Gempa Bumi, Agar Tetap Aman

2. Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Untuk mampu bersosialisasi dengan baik, tingkatkan kepercayaan diri anak dengan membiasakan anak bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya. Moms bisa mengajak anak ke tempat yang ramai seperti toko untuk membeli peralatan maupun perlengkapan sekolah dan minta anak untuk menanyakan harga atau model lain yang diinginkan anak kepada petugas toko.

Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada sikap sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.

Tips persipakan anak sebelum memasuki sekolah
School photo created by freepik – www.freepik.com

3. Ajarkan Anak Untuk Bersosialisasi

Jika kepercayaan diri pada anak sudah teratasi, dan anak juga sudah merasa perca diri saat bertemu dengan orang-orang baru. Moms sudah bisa ajarkan anak untuk bersosialisasi, moms bisa jelaskan kepada anak tentang pentingnya memiliki teman yang banyak di lingkungan sekolah.

Moms juga harus ajarkaan kepada anak bagaimana etika yang baik dalam berteman, mulai dari teman sebaya maupun dengan teman yang lebih tua. Ajarkan juga etika ketika bersama guru dan juga stimulasikan anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar anak mampu berkomunikasi dengan baik.

 4. Antar Anak Pada Hari Pertama Masuk Sekolah

Pastikan moms meluangkan waktu di saat anak mulai memasuki hari pertamanya di sekolah. Mengantar anak di hari pertama sekolah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak, loh moms. Jangan lupa juga untuk memeluk atau mencium anak untuk meyakinkan jika sekolah akan membuatnya tenang dan nyaman.

Jika perlu,moms bisa antarkan anak sampai ke ruang kelasnya dan tunggu anak sampai ia mendapatkan tempat duduk. Semangati diri anak agar mampu berkenalan dengan teman barunya. Selain itu, moms juga bisa menyiapkan bekal yang istimewa dan menarik untuk dibawa ke sekolah agar anak semakin bersemangat.

Sumber referensi :

Marbel Aman di Rumah
Marbel Aman di Rumah
Developer: Educa Studio
Price: To be announced

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.