tips puasa

Tips Puasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadan

Minggu, 3 Mei 2020 08:00 WIB | dibaca : 18 | dibagikan :

Menjalankan ibadah puasa apabila diterapkan dengan cara yang benar, maka akan membuat dampak positif bagi kesehatan. Namun, masih banyak di jumpai beberapa orang yang menjalankan puasa tetapi tubuh serasa lemas dan letih. Karena tidak adanya asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh saat puasa sebelum menjelang berbuka. Bahkan, yang paling menyebalkan apabila rasa kantuk selalu menghampiri kala itu. Agar tetap sehat menjalankan puasa, memang harus dilakukan dengan cara yang benar. Apa sajakah itu ? Berikut adalah tips puasa sehat selama bulan suci Ramadan.

Tips Puasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadan

 1. Jangan Tinggalkan Sahur

Santap sahur menjadi poin yang paling penting. Selama seharian berpuasa tubuh memerlukan energi yang didapat dari apa yang di konsumsi. Sahur juga merupakan waktu yang sama pentingnya dengan sarapan. Apabila melewatkan waktu sahur maka kemungkinan besar tubuh akan terasa lemas ketika menjalankan puasa. Dan pastikan memilih makanan yang kaya akan nutrisi untuk menu sahur.

2. Tidak Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Saat sudah memasuki waktu untuk berbuka puasa, bukan berarti setelah seharian berpuasa anda dapat balas dendam dalam konsumsi makanan. Makan dan minum berlebihan pada saat berbuka puasa nyatanya tidak baik untuk kesehatan. Jika itu terus dilakukan maka akan mengganggu kesehatan, bahkan berat badan juga akan meningkat dengan cepat. Terlebih lagi jika menu yang disantap merupakan menu yang tidak sehat, seperti makanan yang mengandung lemak berlebih seperti gorengan maupun fast food.

tips puasa
Food photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

3. Saat Berbuka Puasa Awali Dengan Yang Manis

Berbuka puasa dengan yang manis bisa didapatkan dari buah-buahan ya, misalnya kurma. Jadi usahakan untuk hindari makanan yang mengandung cukup tinggi gula maupun pemanis buatan. Tubuh mudah menyerap gula alami yang ada di dalam buah kurma. Ini juga bisa mengembalikan semangat, dan melatih indra pengecap sebelum akhirnya menyantap makanan lainnya.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Hidrasi adalah hal terpenting yang harus diatasi dalam puasa Ramadhan. Saat sahur dan berbuka puasa, ingatlah untuk meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh minimal adalah 1,5 liter per hari yang tidak dapat ditawar. Agar memudahkan bisa juga di ikuti dengan cara minum air putih 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas air saat malam hari, dan 2 gelas air saat sahur.

Baca Juga:   Faktor Penentu Perkembangan Karakter Anak Yang Perlu Anda Tahu

5. Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Sebaiknya, berbukalah dengan meminum air putih, konsumsi makanan yang rendah lemak, dan makanan yang mengandung gula alami. Guna memberi energi pada tubuh. Misalnya seperti jus dan smoothies tanpa pemanis tambahan, kurma, buah, atau sup.

Setelah berbuka puasa, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang. Yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat. Makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga tubuh tetap bugar saat selama puasa, terutama pada pandemi COVID-19 yang di alami saat ini.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Saat berpuasa tentu saja tetap bisa untuk melakukan olahraga, namun sebaiknya porsi berolahraga sebaiknya sedikit di kurangi atau pilih jenis olahraga yang ringan. Pilihlah olahraga yang efektif untuk melancarkan sirkulasi darah dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh Anda, sehingga makanan dapat dicerna secara sempurna dan tidak menimbulkan timbunan lemak. Untuk contohnya anda bisa lakukan jalan kaki selama 30 menit pada malam hari, namun sebelumnya beri jeda waktu 1-2 jam sesudah makan.

7. Istirahat Yang Cukup

Seperti yang sudah diketahui, memang saat bulan puasa kita akan bangun jauh lebih awal dari hari-hari biasa karena harus sahur. Tips sehat menjalankan bulan puasa selanjutnya adalah tidur yang cukup. Jika kita kurang tidur, tubuh kita tentunya akan terasa lebih lemas dan bisa menyebabkan sakit. Cobalah untuk mengatur pola tidur lebih baik lagi saat bulan puasa.

8. Konsumsi Tambahan Vitamin

Jika perlu agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, bisa di tambah dengan mengkonsumsi vitamin. Namun, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anda. Guna menentukan jenis vitamin yang boleh di konsumsi maupun tidak selama menjalankan ibadah puasa.


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.