sulap-lilin-menyala-dan-air-4

Tutup Lilin Di Atas Air Dengan Gelas, Lalu Lihat Apa Yang Terjadi?

Kamis, 11 Mei 2017, 14:15 WIB | dibaca 3156 kali | dibagikan kali

Mengenal alam semesta tidak harus membawa anak pergi ke luar di tempat-tempat yang alami. Kita bisa mengajak anak melakukan percobaan maupun membuat aneka kreasi bertema alam. Segala pembelajaran bertema alam, bisa Anda temukan di SINI.

Mematikan lilin tanpa ditiup? Mungkinkah? Melalui eksperimen ini, kita akan belajar tentang sebuah sulap yang sangat menarik, yaitu bagaimana cara mematikan lilin tanpa meniupnya. Lalu bagai mana caranya? Berikut ini adalah sebuah percobaan yang pernah dipraktekkan oleh Kak Sri Rezeki, dan telah dibagikan di FORUM TK DAN PAUD.

1. Ayo siapkan dulu Alat dan bahannya:
– Lilin
–  Korek api
– Piring kecil
– Air (Secukupnya)
– Gelas
– Pewarna


2. Cara kerjanya adalah:
– Siapkan piring berisi air

sulap-lilin-menyala-dan-air
– Letakkan lilin di atas piring.
– Nyalakan lilin.
.

sulap-lilin-menyala-dan-air-3

– Letakkan di atas piring kecil yang berisi air.
– Ambil gelas kemudian tutup lilin dengan gelas, maka lilin akan padam.


sulap-lilin-menyala-dan-air-4
.
– Dan…..air akan tersedot ke dalam gelas.
.
sulap-lilin-menyala-dan-air-5

3. Mengapa hal ini bisa terjadi??
Lilin semakin lama semakin redup karena dalam proses pembakaran dibutuhkan oksigen, namun dalam ruangan tertutup oksigen yang dibutuhkan terbatas. Sehingga beberapa saat setelah lilin di tutup dengan gelas, api pada lilin semakin lama semakin redup hingga akhirnya mati karena kadar oksigen yang di perlukan untuk proses pembakaran tidak mencukupi. Molekul oksigen yang hilang karena proses pembakaran, menyebabkan tekanan udara di dalam gelas lebih kecil di bandingkan dengan tekanan udara di luar gelas. Hal ini sesuai dengan hukum Boyle bahwa volume sebanding dengan tekanan, jadi pada saat volume oksigen habis di dalam gelas maka tekanan juga akan semakin kecil. Selanjutnya tekanan mengalir dari luar ke dalam karena terkena di luar lebih besar dari dalam gelas, sehingga menyebabkan air yang ada di sekitar gelas terhisap masuk ke dalam gelas.

Anak-anak sangat gemar segala aktivitas bertema pengenalan alam. Tidak hanya sifat api, anak-anak juga perlu mengenal aneka hewan, tumbuhan, musim, dan lainnya. Silakan download Gratis aplikasi di bawah ini, agar anak-anak semakin mengenal alam.
1. Marbel Mengenal Flora atau Tumbuhanmarbel-floreaaaa-tanaman-bunga2. Marbel Dunia Hewanbanner-marbel-dunia-hewan-v33. Marbel Mengenal Musimbanner-marbel-calender-seasons

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...