gejala dan pencegahan virus corona

Gejala dan Pencegahan Virus Corona

Jumat, 24 Januari 2020 15:10 WIB | dibaca : 320 | dibagikan :

Virus Corona hingga saat ini sudah menginfeksi lebih dari 571 orang dan menyebabkan 17 kematian. Penting sekali kita mengenali gejala dan pencegahan virus corona tersebut.

Moms, baru-baru ini kita mendapatkan kabar kurang baik dari bagian kesehatan. Dalam beberapa hari terakhir dikabarkan bahwa ada sebuah wabah atau virus yang baru-baru ini mulai menyerang beberapa daerah di Asia, tepatnya di wilayah Asia Timur dan sudah mulai menyebar ke wilayah Asia Tenggara.

Virus yang menyebabkan masalah paru-paru atau pneumia ini mulai menyebar dari wilayah Wuhan, China sejak Desember 2019 lalu. Peneliti mengindikasi virus tersebut sebagai virus Corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan julukan pada virus itu Novel Coronavirus atau 2019-nCoV.

Dikutip dari Channelnewsasia, Kamis (23/1/2020), Virus Corona hingga saat ini sudah menginfeksi lebih dari 571 orang dan menyebabkan 17 kematian. Hingga saat ini, virus ini diperkirakan sudah menyebar hingga Jepang, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan. Beberapa berita juga menyebutkan virus ini sudah sampai di Singapura.

Bahaya Virus Corona

Virus Corona pada dasarnya dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Namun untuk virus Corona yang menyerang Wuhan, China ini merupakan sebuah virus corona baru yang bahkan dapat menular dari manusia ke manusia lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan virus ini menyebabkan masalah pada paru-paru atau pneumia. Virus Corona yang dapat menginfeksi manusia seperti biasanya dapat menimbulkan penyakit saluran pernafasan bagian atas, dari ringan hingga sedang. Penyakit ini biasanya berlangsung singkat dan tidak menimbulkan efek yang parah. Namun Virus Corona juga dapat menimbulkan masalah saluran pernapasan bawah seperti pneumia atau bronkritis.

Dilansir dari situ sresmi WHO, virus corona ini juga dapat menyebabkan penyakit yang parah seperti MERS dan SARS. Tentunya dari kedua penyakit tersebut sudah membawa dampak buruk pada beberapa waktu silam, seperti wabah SARS pada tahun 2002 dan wabah MERS di tahun 2012.

Penyebab Virus Corona

Pada kasus virus Corona di Wuhan ini hingga saat ini belum ditemukan penyebab pastinya. Namun sudah terdapat beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak pemerintahan China untuk mengusut asal muasal virus ini.

Virus jenis Corona biasanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, khusus kasus ini, penularan terjadi dari manusia ke manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada beberapa virus Corona yang diketahui beredar pada hewan dan belum ditularkan ke manusia.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa virus Corona berasal dari kelelawar buah. Namun analisa lain menyebutkan bahwa virus ini lebih dekat dengan ular.

Baca Juga:   Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Hingga akhirnya memunculkan sebuah hipotesis dai para peneliti bahwa ular yang terkena virus tersebut tertular dari kelelawar saat mengkonsumsi hewan tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa daerah pertama yang menjadi pusat penyebaran wabah ini merupakan sebuah pasar yang mana menjual kedua daging hewan tersebut untuk dijadikan konsumsi oleh manusia.

Ilustrasi : Gejala dan Pencegahan Virus Corona
Sumber : BBC – Gejala dan Pencegahan Virus Corona

Gejala Virus Corona

Gejala pada orang yang terserang penyakit ini memang tidak berbeda jauh dari penderita sakit saluran pernapasan pada umumnya. Untuk itu perlu adanya penanganan khusus dan pencegahan sebelum wabah ini mulai meluas.

Beberapa gejala umum yang dijumpai dari serangan Virus Corona pada korbannya diantaranya demam, batuk, dan nyeri pada tenggorokan. Gejala yang demikian memang tidak berbeda dengan gejala sakit saluran pernapasan pada umumnya.

Hanya saja coba perhatikan apakah kita atau kolega kita telah berpergian ke negara terjangkit dalam kurun waktu 14 hari sebelum gejala tersebut dimulai. Jika pada saat itu terdapat kegiatan mengunjungi negara terjangkit tersebut sebelum 14 hari gejala muncul maka perlu di waspadai dan sesegera mungkin pergi ke rumah sakit.

Pencegahan dan Antisipasi Penularan 

Upaya pencegahan sudah dilakukan oleh pihak pemerintah China dengan menutup penerbangan keluar atau pun masuk Kota Wuhan maupun keluar masuk dari negara China. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran wabah yang semakin meluas.

Meskipun hingga saat ini virus Corona belum terdengar sampai di Indonesia, ada baiknya kita melakukan pencegahan untuk menghindari hal yang terburuk. Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah penularan dari virus ini:

  • Waspadai gejala demam, batuk, sesak napas, dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit untuk segera berobat ke rumah sakit terdekat.
  • Jika terkena batuk / pilek, tutuplah mulut / hidung saat bersin atau batuk dengan tisu.
  • Gunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas dan segera bawa ke dokter
  • Seringlah mencuci tangan dengan air mengalir, terlebih saat sedang mengalami sakit batuk atau pilek
  • Jika badan sedang tidak fit, kurangilah kegiatan diluar rumah dan beristirahatlah dengan cukup dan batasi kontak dengan orang lain.

Moms, mari cegah virus ini menyebar dengan memberikan perhatian khusus pada keluarga kita. Segera bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat jika keluarga kita memiliki beberapa gejala di atas. Semoga artikel tentang gejala dan pencegahan virus corona ini bisa bermanfaat!

Sumber :
http://www.who.int

Marbel Krankenhaus - Mein Arzt
Marbel Krankenhaus - Mein Arzt

Tagged:

Penulis: Febriani Sari

Chief of Marketing di Educa Group. Pegiat teknologi pendidikan dan berbagai hal berbau seni. Editor senior dia duniabelajaranak.id