Whatsapp dark mode

Whatsapp Dark Mode Pada Handphone, Perlukah?

Minggu, 8 Maret 2020 12:00 WIB | dibaca : 20 | dibagikan :

Aplikasi milik Jan Koum yang berupa Whatsapp, akhir-akhir ini tengah menjadi perbincangan hangat bagi masyarakat pengguna smartphone. Pasalnya, Whatsapp telah merilis fitur baru berupa Dark Mode. Fitur tersebut dapat digunakan bagi pengguna Android versi 2.20.69 dan iOS  versi 2.20.30. Menyusul aplikasi lain seperti Twitter dan Instagram, Whatsapp pun akhirnya merilis fitur tersebut.

Para pengguna Whatsapp pun sebenarnya telah lama menanti fitur tersebut, namun baru-baru ini Whatsapp baru benar-benar merilis fitur tersebut. Dark Mode atau mode gelap, adalah fitur layanan yang membuat tampilan pada Whatsapp berwarna gelap.

Tampilan Dark Mode pada Whatsapp, hampir tak jauh beda dengan tampilan Instagram. Sehingga membuat tampilan Whatsapp di dominasi warna hitam. Tampilannya pun di sesuaikan dengan aplikasi Whatsapp, yang dipadukan dengan warna hijau yang menjadi ciri khas Whatsapp di bagian ikon “chat”. Sedangkan dalam ruang obrolan, pada kolom teks, tetap berwarna hijau tetapi warnanya lebih terang. Sementara itu, pada kolom teks pesan berwarna gelap. Karena tampilannya di dominasi dengan warna gelap, maka tulisan pun berwarna putih.

Fitur Dark Mode atau mode gelap Dirancang untuk menekan sekresi melatonin, berupa hormon yang dibutuhkan saat tidur. Kinerja otak akan terganggu, jika kita terlalu lama bermain smartphone. Sehingga dengan adanya Dark Mode, diharapkan dapat meredam paparan cahaya yang masuk, ke dalam mata. Google pun sudah mengkonfirmasi, bahwa dengan adanya fitur Dark Mode, dapat menghemat baterai pada saat pengoperasian smartphone.

Cara Aktifkan Fitur Whatsapp Dark Mode

Setelah Fitur Dark Mode diluncurkan, para pengguna smartphone pun beramai-ramai mencari info tentang bagaimana cara mengaktifkannya. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Bagi pengguna yang ingin mengaktifkan Dark Mode pada Whatsapp, pastikan bahwa aplikasi tersebut sudah menggunakan versi terbaru. Untuk versi iOS menggunakan 2.20.30., sementara di Android 2.20.69
  • Setelah kamu update ke versi terbaru, lalu pilih tiga titik di pojok kanan atas.
  • Setelah menekan tiga titik di pojok kanan atas, pilihlah setelan atau setting.
  • kemudian pilih Theme.
  • Dan aktifkan Mode gelap atau Dark Mode.
Baca Juga:   Dampak Virus Corona bagi Dunia Pendidikan
Whatsapp dark mode
Photo by tekno.kompas.com

Kekurangan dan kelebihan Fitur Dark Mode

  • Kekurangan : Fitur Dark Mode yang sekarang tengah viral, nyatanya juga mempunyai beberapa kekurangan. Fitur Dark Mode tak melulu membuat ketegangan pada mata. Tapi pada kondisi tertentu, teks jadi terlihat pudar, dan menyebabkan mata jadi cepat lelah. Beberapa tampilan seperti konten atau artikel pun terkadang sulit dan tidak enak untuk dibaca. Kemungkinan bagi orang yang mengalami buta warna, akan kesulitan ketika menggunakan Dark Mode.
  • Keuntungan : Tentu saja, Dark mode di sebut-sebut dapat menurunkan ketegangan mata ketika terlalu banyak melihat smartphone. Dapat menghemat baterai. Apalagi jika smartphone yang anda gunakan menggunakan layar AMOLED atau OLED, warna gelap akan lebih menonjol dibandingkan warna cerah. Dan jika para pengguna smartphone mengalami migrain, dapat sedikit meringankan beban cahaya yang masuk ke dalam mata, dan membuat tidur jadi lebih baik.

 

Sumber referensi :


Marbel Belajar Jam & Waktu
Marbel Belajar Jam & Waktu
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.