teknologi-yuk-mengenal-serunya-teknologi-augment-reality

Yuk, Mengenal Serunya Teknologi Augmented Reality

Selasa, 9 Januari 2018 06:44 WIB | dibaca : 311 | dibagikan :

Augmented Reality atau sering disebut AR adalah teknologi yang menggabungkan antara objek virtual atau maya yang bersifat 2 dimensi atau 3 dimensi dengan dunia nyata menggunakan alat tertentu. Pada teknologi ini, kita tidak akan diberikan tampilan berupa dunia maya atau juga bisa disebut dengan dunia virtual, namun hanya ada objek virtual yang ditambahkan dalam lingkup dunia nyata (dikutip dari maxtips18.net). Berikut ini adalah salah satu contoh tampilan flash card yang bisa dilihat dalam bentuk 3 dimensi dengan menggunakan teknologi AR ini.

gambar AR

Dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi berbasis AR dan kamera HP, kita bisa melihat penampakan wujud asli (dalam bentuk animasi 3D) dari suatu hewan, tanaman, dan benda lainnya.

Keunggulan teknologi Augmented Reality

Anak-anak akan lebih mampu mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lebih lama bila ia secara langsung melihat dan mengamati objek yang nyata. Sebagai contoh, saat anak-anak belajar pengenalan hewan. Di sekolah, para pendidik biasanya menggunakan suatu gambar dalam bentuk buku atau flash card. Agar anak-anak bisa lebih mengenal aneka hewan dalam dunia nyata, anak-anak akan diajak untuk mengunjungi kebun binatang. Hal ini sangat bermanfaat agar anak-anak bisa semakin mengenal bentuk hewan secara nyata setelah mereka belajar aneka teori yang telah dipelajari di sekolah.



marbel-junior-store-bukalapak


Dengan teknologi AR, anak-anak bisa mengamati bentuk hewan secara nyata. Karena gambar yang ditampakkan dengan teknologi ini adalah bentuk hewan yang nyata atau berwujud 3D. Kualitas gambar yang ditampakkan pun tentunya akan semakin baik, seperti kualitas gambar film kartun zaman dahulu dan sekarang, tentu kualitas animasinya sangat berbeda.

Variasi bentuk media pembelajaran

Ada banyak variasi bentuk media pembelajaran berbasis AR, misalnya dalam bentuk:

1. Flash Card
Flash card tidak hanya menampakkan gambar 2 dimensi lagi. Gambar yang tercetak di flash card bisa tampak dalam bentuk 3 dimensi (mendekati wujud aslinya), dan bahkan gambar 3D yang tampak bisa bergerak.

2. Papan belajar
Selain dalam bentuk kartu, kini teknologi AR juga hadir dalam bentuk papan belajar. Dengan sebuah papan bertema kebun binatang, anak-anak bisa melihat aneka macam hewan bermunculan di atas papan.

3. Game edukatif
Anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan teknologi ini. Anak-anak akan semakin bersemangat dalam belajar bila mereka melakukannya dengan aneka permainan apalagi dengan animasi yang keren serta menyerupai bentuk aslinya.

Adanya perkembangan teknologi AR dapat membantu anak mempelajari sesuatu.  Beberapa manfaat edukatif dari teknologi ini adalah dapat meningkatkan kreatifitas anak, menambah wawasan anak, serta keinginan anak untuk mau belajar. Jadi dengan adanya teknologi AR, belajar kini jauh lebih menyenangkan dan lebih efektif.

Ayo ajak anak bermain sambil belajar dengan media kartu kilas atau flash card. Dapatkan produk Marbel Junior ini dengan klik di SINI.

marbel-junior-store-tokopedia

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...