Fenomen Alam

Mengapa Anak Perlu Belajar Tentang Fenomena Alam?

Jumat, 1 Juli 2016, 06:32 WIB | dibaca 2062 kali | dibagikan kali

Fenomena alam ada bermacam-macam, yaitu terjadinya siang dan malam, proses terjadinya hujan, proses terjadinya gempa bumi, proses meletusnya gunung berapi, dan lain-lain. Anak-anak usia dini perlu mempelajari fenomena atau gejala alam. Sebagai pendidik, kita perlu memahami akan pentingnya mengajarkan materi ini.

– Mengenal berbagai macam kosa kata baru bertema alam

Saat anak-anak belajar tentang proses terjadinya pelangi, anak-anak juga akan diajak untuk semakin mengenal matahari, air, udara, laut, bumi, dan berbagai macam ciptaan Tuhan lainnya. Secara tidak langsung, anak-anak didik akan belajar banyak kosa kata baru yang nantinya akan berguna bagi masa depan mereka. Anda bisa memperkaya kosa kata anak dengan tema alam dengan applikasi Marbel Flora” dan Marbel Hewan”. (GRATIS) “MARBEL BELAJAR FLORA / TANAMAN”.
marbel-flora
MARBEL DUNIA HEWAN
banner-marbel-dunia-hewan-v3
– Mengajarkan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Proses terjadinya siang dan malam adalah suatu yang ajaib. Kita bisa mengajarkan kepada anak-anak didik tentang betapa agungnya Tuhan, yang telah menciptakan bumi, matahari, dan bulan. Bagaimana bumi bisa berputar pada porosnya sembari berputar mengelilingi matahari. Anak-anak pasti akan kagum dan heran, bumi berputar namun mengapa kita tidak jatuh ya? Itulah kebesaran Tuhan yang telah menciptakan gaya tarik bumi, sehingga manusia bisa tetap berdiri di atas bumi dan tidak terlempar ke angkasa. Selesai mengajarkan materi tentang fenomena alam ini, kita bisa mengajak anak-anak didik untuk berdoa dan bersyukur karena telah menciptakan alam yang indah ini. Hal ini akan menambah kedekatan anak-anak didik dengan Sang Pencipta.

– Menambah pengetahuan tentang sebab, akibat, dan manfaat dari fenomena alam

Apa yang menyebabkan terjadinya gunung meletus? Apa akibatnya bagi manusia? Apa manfaatnya? Dengan semakin memahami ketiga hal tersebut, maka anak-anak pun akan semakin memahami akan manfaat dan maksud dari terjadinya setiap fenomena alam. Anak-anak akan memandang setiap fenomena alam tidak hanya dari sudut pandang negatifnya saja, namun dari sisi positifnya. Gunung meletus memberikan dampak bagi kesuburan tanah dan meningkatnya material-material vulkanik yang bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah. (baca juga: Fenomena Alam Yang Perlu dipahami Anak Usia Dini )

Menambah pengetahuan tentang tema pembelajaran yang lain

Saat anak belajar tentang proses terjadinya pelangi, anak-anak juga akan belajar tentang berbagai macam benda langit. Saat anak-anak belajar tentang gunung meletus, anak-anak juga akan belajar tentang peran penjaga hutan, peran badan meteorologi dan geofisika, dan peran lembaga sosial. Saat anak belajar tentang terjadinya siang dan malam, anak-anak juga akan belajar tentang hewan-hewan yang mencari makan di malam hari dan yang mencari makan di siang hari. Tema alam ini memang sangat flexibel. Bisa dihubungkan dengan tema yang lainnya, baik sebagai pengenalan tema yang akan dipelajari atau pun sebagai pengulangan tema yang telah dipelajari.

Menstimulasi kecerdasan bahasa anak

Setelah pelajaran usai, kita bisa memberikan tugas kepada anak didik untuk menceritakan fenomena alam seturut dengan apa yang mereka tau dan seturut dengan kemampuan bercerita mereka. Hal ini akan menstimulasi kecerdasan bahasa anak. Karena dengan menceritakan ulang maka mereka akan “dipaksa” untuk menggunakan kosa kata baru yang telah diajarkan serta memahami artinya. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan bahasa anak adalah dengan membuat anak cinta membaca, DI SINI caranya.

Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas anak

Setelah mengajarkan tentang fenomena alam, pasti anak-anak ingin sekali mengungkapkan daya imajinasi mereka dalam bentuk karya. Kita bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk membuat suatu karya yang berhubungan dengan materi yang baru saja dipelajari. Misalnya, menggambar gunung meletus, membuat kerajinan tangan bertema pelangi, dan karya lainnya.

Meningkatkan kewaspadaan anak bila terjadi suatu fenomena alam yang berbahaya

Apa yang akan kalian lakukan bila terjadi gempa? Apa yang kalian lakukan bila rumah kalian berada di dekat gunung berapi, dan sudah mendapatkan peringatan dari pemerintah agar mengungsi? Hal-hal seperti itu bisa kita ajarkan kepada anak-anak didik, supaya mereka bisa menjadi anak yang waspada bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga mengurangi kepanikan bila terjadi suatu bencana alam, karena mereka telah belajar di sekolah. (Kak Zepe)

Sumber gambar: www.parentmap.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...